Bahasa :

CHARITY BERSAMA UKM USA DAN HMPS MANAJEMEN UIB



Batam Sabtu(7/4/2018) HMPS Manajemen Universitas Internasional Batam kembali melaksanakan program Charity yang merupakan program tahunan dari prodi tersebut, kali ini HMPS Manajemen bekerja sama dengan UKM UIB Sosial Activies (USA) dalam pelaksanaannya, yang mengangkat tema “Build Happiness with Teamwork”.

Charity tahun ini mengajak adik-adik dari Panti Viran Sejahtera, Perum Legenda Malaka Blok A8 No 25. Pukul 07.00 WIB, anak-anak bersama dua panitia dari HMPS Manajemen dijemput oleh bus UIB untuk diantarkan menuju kampus UIB. Sementara itu, panitia lainnya bersiap di lapangan untuk menyambut sekaligus mempersiapkan perlengkapan untuk pembukaan.

Pukul 07.30 WIB, bus datang di bundaran UIB. Seluruh panitia antusias menyambut kedatangan adik-adik panti yang seragam memakai kaos berwarna merah cerah. Mereka berbaris rapi memasuki lapangan kampus UIB.

Selanjutnya, acara dibuka dengan pembacaan doa agar seluruh rencana kegiatan akan terlaksana sesuai harapan. Acara selanjutnya adalah senam pagi. Sebagian panitia bersiap merapikan barisan adik-adik dan sebagian lainnya sibuk mempersiapkan lagu maupun speaker untuk mendukung terlaksananya senam dengan baik. Beberapa panitia berada di barisan paling depan untuk memimpin gerakan senam sedangkan lainnya juga antusias mengikuti di sela-sela barisan sehingga terjalin kekompakan antara panitia dengan anak-anak Panti Viran Sejahtera tersebut.

Setelah senam pagi, panitia mengajak adik-adik panti untuk sarapan bersama. Mereka diajak untuk duduk melingkar di tengah lapangan. Sambil menyantap sarapan yang sudah disediakan panitia, beberapa panitia asik mengajak ngobrol mereka secara personal dan tidak lupa untuk saling memperkenalkan diri untuk menjalin keakraban satu sama lainnya.

Acara dilanjutkan dengan hiburan di Discussion Area kampus UIB sambil menunggu panitia mempersiapkan perlengkapan untuk acara inti. Mereka diajak untuk fashion show yang bertujuan untuk mengenalkan betapa pentingnya kepercayaan diri. Melihat antusiasnya respon adik-adik dari Panti Viran Sejahtera, menunjukkan bahwa kepercayaan diri bisa ditularkan dengan cara-cara yang mudah.

Memasuki acara inti, panitia membagi adik-adik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari dua orang. Panitia membagikan botol bekas, gunting, cutter, spidol, kuas dan cat warna kepada masing-masing kelompok. Mereka diminta untuk menyulap botol bekas tersebut menjadi barang-barang cantik dan berguna serta bernilai jual. Tanpa disangka, hasil karya adik-adik Panti Viran Sejahtera ini melampaui ekspetasi panitia. Mereka sangat kreatif! Panitia tidak menyangka bahwa hanya dengan waktu kurang lebih 30 menit, mereka bisa megubah semua botol bekas tadi menjadi barang-barang berguna seperti, gelas, vas bunga, tempat pensil, hiasan dinding, hiasan jam, dan masih banyak lagi. Panitia memutuskan untuk memilih 5 hasil karya terbaik untuk diberikan hadiah penghargaan. Mereka sangat antusias untuk mendapatkannya. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kreativitas serta mengenalkan prinsip ekonomis untuk memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang bernilai jual.

Setelah acara inti selesai, panitia mengajak adik-adik untuk bermain games. Permainan ini berjudul “Get Your Own Chair!”. Adik-adik diminta untuk berjalan melingkari kursi yang diletakkan di tengah lalu berjoget sesuai alunan lagu, ketika lagu berhenti mereka diminta untuk mencari kursi untuk diduduki secara cepat. Bagi yang tidak mendapatkan kursi untuk diduduki, maka ia tereliminasi. Permainan ini melatih fokus mereka sekaligus melatih jiwa berkompetisi dalam diri adik-adik sekalian. Bagi setiap pemenang, panitia menyediakan hadiah sebagai apresiasi.

Jam menunjukkan pukul 11.30 WIB, setelah seluruh kegiatan selesai dilaksanakan, adik-adik Panti Viran Sejahtera diajak untuk istirahat dan menyantap makan siang. Mereka diarahkan untuk duduk rapi di kantin UIB sementara panitia membagi kotak nasi kepada masing-masing meja. Setelah selesai makan, adik-adik Panti Viran Sejahtera berinisiatif untuk mengumpulkan sampah dari setiap meja dalam satu kantong plastik agar tidak mengotori kawasan kantin. Mereka melakukannya tanpa adanya perintah maupun paksaan. Mereka dengan senang hati berkeliling untuk memastikan tidak ada satu pun sampah tertinggal. Seluruh panitia terpaku dan kagum melihat kekompakan adik-adik panti dalam menjaga kebersihan dimana pun mereka berada.

Acara selanjutnya adalah pembagian buku motivasi serta penyerahan sumbangan secara simbolis dari panitia untuk adik-adik Panti Viran Sejahtera. Pukul 13.00 WIB, acara dilanjutkan dengan pengambilan foto bersama sekaligus perpisahan dengan adik-adik Panti Viran Sejahtera. Mereka memasuki bus dan melambaikan tangan kepada seluruh panitia. Acara berlangsung dengan sangat baik berkat kekompakan seluruh pihak. Charity 2018 ini dianggap sukses dan jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Panitia mengucapkan terima kasih.



Comments are closed.