Language :

2 Mahasiswa Asal Perancis Melakukan Magang (Internship) di Universitas Internasional Batam (UIB)



2 Mahasiswa Asal Perancis Melakukan Magang (Internship)  di Universitas Internasional Batam (UIB)
Dr. Mulia Pamadi (Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Pembangunan), <a href=

buy more about Berfoto usai makan malam bersama 2 mahasiswa Prancis dan Dosen Teknik Sipil UIB” width=”300″ height=”224″ /> Dr. Mulia Pamadi (Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Pembangunan), Berfoto usai makan malam bersama 2 mahasiswa Prancis dan Dosen Teknik Sipil UIB

Perkembangan globalisasi saat ini semakin cepat dirasakan oleh masyarakat yang ada diseluruh dunia. Tidak terkecuali dengan Indonesia pada umumnya dan Kota Batam pada khususnya. Globalisasi merambah hampir keseluruh lini kehidupan baik itu teknologi, ekonomi, sosial budaya bahkan pendidikan. Batam sebagai gerbang pintu terluar yang berbatasan secara langsung dengan negara asing, membuat iklim global semakin terasa hingga di ranah pendidikan. Menyambut ini semua, Universitas Internasional Batam (UIB) sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Kota Batam dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dengan program unggulan Pendidikan Berbasis Internasional melakukan kerjasama terbaru dengan salah satu negara di Eropa yaitu Perancis.

UIB baru saja bekerjasama dengan Universite Savoie Mont Blanc, France dalam bentuk program praktek lapangan (Internship) bagi mahasiswa yang berkuliah di Prancis ke Kota Batam, Indonesia. Melalui program ini Universite Savoie Mont Blanc, France mengirimkan 2 orang mahasiswa nya ke UIB untuk melakukan magang atau internship selama 2 bulan (16 Mei hingga 14 Juli 2017). Mahasiswa yang dikirim berasal dari jurusan Environment Building Energy (Civil Engineering). Loic Conquet dan Meryl Badin adalah 2 mahasiswa yang dikirim dari Perancis untuk melakukan magang di UIB. Pada program magang ini kedua mahasiswa tersebut mengambil topik mengenai “Green Building Review of UIB Main Building Design According to Criteria of Greenship Rating Tools in Indonesia”. Maksud dari topik ini adalah mereka akan melakukan kajian penilaian (review) terhadap desain Main Building UIB dari aspek konsep Green and Sustainable Building berdasarkan kriteria standar di Indonesia. Adapun yang akan menjadi kajian keduanya adalah mengenai :

  1. Tepat Guna Lahan (Appropriate Site Development –ASD)
  2. Efisiensi dan Konservasi Energi (Energy Efficiency and Conservation – EEC)
  3. Konservasi Air (Water Conservation – WAC)
  4. Sumber dan Siklus Material (Material Resource and Cycle – MRC)
  5. Kualitas Udara dan Kenyamanan Udara Dalam Ruang (Indoor Air Health and Comfort – IHC)
  6. Manajemen Lingkungan Bangunan (Building and Environment Management – BEM)

Program magang ini selain melakukan kajian pada bangunan utama UIB, mereka juga melakukan studi lapangan (site visit) dan diskusi intensif dengan beberapa staf ahli terkait penerapan konsep Green and Sustainable Environment di Kota Batam.

Kunjungan Loic dan Merryl ke SMAN 3 Batam dalam Kegiatan Sosial Mengajarkan Bahasa Prancis.

Kunjungan Loic dan Merryl ke SMAN 3 Batam dalam Kegiatan Sosial Mengajarkan Bahasa Prancis.

Selain melakukan kajian penelitian, Loic dan Merryl memiliki program sosial yaitu mengajarkan bahasa Perancis kepada siswa – siswi SLTA di Kota Batam. Sekolah yang menjadi kunjungan dua mahasiswa Perancis ini adalah SMA Negeri 3 Batam. Kunjungan ini dilakukan oleh kedua mahasiswa pada minggu pertama kedatangan mereka. Mereka berint  eraksi dengan siswa yang ada di SMAN 3 Batam. “Kami senang dengan kedatangan mahasiswa Perancis ke sekolah kami, karena kami bisa belajar untuk berkomunikasi dengan orang Perancis secara langsung. Kami berharap semoga program ini terus berjalan dan dapat berkunjung ke sekolah kami” ujar salah satu siswa SMAN 3 Batam.

Loic dan Merryl Foto bersama dengan Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil UIB (HMPS UIB).

Loic dan Merryl Foto bersama dengan Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil UIB (HMPS UIB).

Program ini dilakukan pada umumnya sebagai kelanjutan dari hubungan kerjasama UIB, khususnya program studi sarjana teknik sipil dengan Universite Savoie Mont Blanc. Selain itu adalah untuk bertukar pengetahuan seputar dunia teknik sipil Indonesia dan Perancis. Secara khusus kedatangan kedua mahasiswa tersebut untuk kali ini melakukan kajian penilaian terhadap gedung baru UIB dan membantu persiapan penilaian dan sertifikasi Green Building di masa yang akan datang.

Hasil yang diharapkan dari kehadiran mahasiswa magang ini adalah agar dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari secara nyata di dunia kerja di Indonesia. Selain itu diharapkan juga dapat memberikan rekomendasi desain sesuai dengan kondisi iklim dan lingkungan Indonesia sehingga menjadi bangunan yang ramah lingkungan. Dan yang terakhir diharapkan dapat membuka peluang kesempatan bagi kedua belah pihak untuk melakukan program internasional lainnya dimasa yang akan datang. (@robbyrkn)

ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInDigg thisPin on PinterestShare on RedditShare on Tumblr