Language :

40 MENIT MENGAJAR : BPJS KENALI MANFAAT PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN SEJAK DINI PADA MAHASISWA UIB



40 MENIT MENGAJAR : BPJS KENALI MANFAAT PROGRAM BPJS KETENAGAKERJAAN SEJAK DINI PADA MAHASISWA UIB

Yasaruddin, Deputi Direktur Bidang Pelayanan dan Pengembangan Kanal BPJS Ketenagakerjaan, menjelaskan maanfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada mahasiswa.

(UIB-Batam)- Bidik kaum muda yaitu mahasiswa menjadi peserta, Kamis (14/12/2017) BPJS mengadakan seminar dan kuliah umum di Aula B Universitas Internasional Batam. Kegiatan seminar ini dikuti kurang lebih 150 peserta terdiri dari mahasiswa. Hadir sebagai pemateri Yasarudin selaku Deputi Direktur Bidang Pelayanan dan Pengembangan Kanal BPJS Ketenagakerjaan, Widiarto (Asisten Deputi Wilayah Bidang Umum dan SDM,Kantor Wilayah Sumbar Riau), Surya Rizal (Kepala Kantor Cabang Batam Nagoya),

Said Ahmad Fuad (pps Kepala Kantor Cabang Sekupang), Kabid BPU BPJS Ketenagakerjaan Nagoya Rini Suryani, turut hadir juga Dr.Teddy Jurnali (Wakil Rektor II UIB) beserta Dr.Hepy H. Ariyanto  (Wakil Rektor III UIB).

Dalam kuliah umumnya Yasarudin mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan hadir memberikan energi positif meraih masa depan untuk negeri. Untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi ke kampus-kampus berbagai daerah, salah satunya Universitas Internasional Batam (UIB). Kegiatan serupa juga digelar di 49 perguruan tinggi di Indonesia. Pasalnya dalam jangka panjang kedepan para anak muda ini berpotensi menjadi pekerja, bahkan pengusaha sukses.

Selain itu menurut Dr.Teddy Jurnali (Wakil Rektor II) mengatakan banyak perusahaan startup maupun UKM kecil yang lahir dari kampus. Harapannya dengan hadirnya BPJSTK di kampus memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai BPJSTK.

Acara kuliah umum yang dimoderatori oleh Agustinus Setiawan,MM membuat para peserta antuasias, dimana adanya sesi tanya jawab dengan narasumbernya langsung, serta pembagian door prize bagi peserta dengan pertanyaan terbaik.

Selain memaparkan pemahaman pemanfaatan BPJSTK sejak dini, Yasarudin juga menyampaikan Jaminan Sosial di Indonesia diatur dalam UU,  Negara menyelenggarakan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan (UUD 1945, Ps. 34 ayat 2), Sistem Jaminan Sosial Nasional diselenggarakan berdasarkan asas kemanusiaan, asas manfaat dan asas keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia (UU 40 th 2004 tentang SJSN Ps. 2) Jenis program Jaminan Sosial meliputi Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kematian (UU 40 th 2004 tentang SJSN Ps. 18) Berdasarkan Undang-Undang dibentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan (UU 24 th 2011 tentang BPJS Ps. 5).

Hal senada disampaikan Surya Rizal Kepala Cabang Batam Nagoya, dengan adanya kegiatan ini mahasiswa dapat mengenal lebih dini program jaminan sosial dan visi misi BPJS Ketenagakerjaan jelang mahasiswa memasuki dunia kerja. (Humas UIB)



Comments are closed.