Language :

80 Persen Program Sarjana UIB Akreditasi A



Tribun Batam

Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengumumkan hasil akreditasi untuk Program Sarjana (PS) Akuntansi Universitas Internasional Batam (UIB) pada selasa, 7 Agustus 2018. PS Akuntasi UIB, berdasarkan pengumuman BAN-PT pada aplikasi Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) memperoleh nilai A untuk akreditasi PS.

Dengan demikian PS Akuntansi bisa mempertahankan peringkat akreditasinya. Dengan diumumkannya hasil akreditasi PS Akuntansi ini, maka selesai pula proses reakreditasi keenam PS yang ada di UIB. Keenam program sarjana yang mengajukan reakreditasi tersebut adalah Program Sarjana Sistem Informasi, Ilmu Hukum, Manajemen, Akuntansi, Teknik Sipil dan Teknik Elektro.

Rektor UIB Prof  Dr Handoko Karjantoro, CPA menyampaikan bahwa proses reakreditasi kali ini cukup menggembirakan karena dari enam program sarjana yang melakukan reakreditasi, sebanyak 5 (lima) PS yang diakreditasi A. PS Ilmu Hukum dan Akuntasi mempertahankan tingkat akreditasi A.

Sedangkan 3 (tiga) PS meningkat peringkat akreditasinya (yaitu, Program Sarjana Teknik Sipil, Manajemen dan Sistem Informasi). Teknik Elektro pada proses reakreditasi kali ini juga mempertahankan peringkat akreditasinya, yaitu terakreditasi B.

“Keberhasilan yang diraih oleh 6 (enam) program studi di UIB ini merupakan kerja keras dari semua pihak yang terlibat,” ungkap Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr Meiliana. Peranan Quality Asurance (AQ) Center sebagai satuan penjaminan mutu internal (SPMI) dalam proses reakreditasi ini memegang peranan yang sangat besar.

Seperti diungkapkan oleh Ketua QA Center, Winsherly, SH., MH, bahwa setiap langkah program studi selama proses reakreditasi selalu dikawal oleh pusat penjaminan. Hal ini dilakukan agar hasil reakreditasi sesuai dengan yang diharapkan. QA Center ini berperan dalam me-review, menyelaraskan, dan melakukan audit dokumentasi akreditasi sebelum dan selama assessment lapangan atau dikenal dengan visitasi.

Hasil reakreditasi ini tidak berarti upaya melakukan penjaminan mutu sudah selesai. Tugas besar masih menanti ke depan, dimana program studi yang sudah predikat A secara berturut-turut harus meningkat menjadi terakreditasi internasional.

Program Sarjana Ilmu Hukum dan Akuntansi akan menjadi role model bagi program sarjana di UIB yang akan melakukan akreditasi internasional pada lima tahun mendatang.

Keberhasilan yang diraih oleh Universitas Internasional Batam pada reakreditasi saat ini juga merupakan salah satu keberhasilan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X. Hal ini karena LLDIKTI Wilayah X juga mempunyai akreditasi A.

Dengan kata lain pencapaian UIB juga berperan dalam meningkatkan Key Performance Indicator (KPI) LLDIKTI Wilayah X. Hal ini tentu tidak lepas dari peran LLDIKTI Wilayah X dalam melakukan pembinaan, pengendalian, dan pengawasan terhadap perguruan tinggi – perguruan tinggi diwilayahnya.

Pada kesempatan ini, segenap sivitas akademika UIB mengucapkan terimakasih kepada semua stakeholder (alumni, penggunalulusan) yang telah mendukung proses reakreditasi ini. Ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya juga disampaikan kepada seluruh mahasiswa UIB yang telah memberikan kontribusi dan dukungan baik selama persiapan maupun proses reakreditasi ini.

(Humas)

 



Comments are closed.