Language :

ASEAN Social Community Dialogue “MEMBUKA DIALOG INKLUSIF ANTAR MAHASISWA ASEAN”



          BATAM – Sabtu (22/12/2018), International Relation Office (IRO) dan Pusat Studi ASEAN (PSA) Universitas Internasional Batam bekerja sama dengan Musisy UIB, Universitas Teknikal Malaysia (UTEM) Melaka dan Foundation of Islamic Culture for Education and Development (FICED) mengadakan Talkshow dengan tema “ASEAN Social Community Dialogue : The Opportunity for being Moeslem Entrepreneur in ASEAN Community” yang diselenggarakan di Aula B Lantai 1 Universitas Internasional Batam. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan dalam ekspedisi kebudayaan Islam yang diselenggarakan secara kolaboratif antara UIB bersama mitra ASEAN lainnya yaitu Educational and Sosial Expedition for Global Action (EDEXGLA). Adapun mitra tersebut diantaranya FICED (Thailand) dan Universitas Teknikal Malaysia.

                 Talkshow tersebut diisi oleh beberapa pembicara yaitu Dr. Teerawut Muhummud (Thailand), Bapak Robby Kurniawan, S.E., M.M dari Ruang Kreasi Batam, Bapak Pandu Prasodjo, S.Pd., M.Pd, Muhammad Adli Bin Ibrahim (Mahasiswa UTEM), Mr. Wanwazir Maneng (Thailand), Mr. Attharom Majehma Suansunandha (Thailand), Mr. Abdulkhoniyu Sedeh (Thailand), dan Mr. Pachara Chaicharoen (Thailand). Adapun yang bertindak sebagai Pemandu Acara Inti sekaligus Moderator adalah Bapak Mochamad Nuruz Zaman, S.Pd., M.Li. Selain membahas perkembangan kewirausahaan muslim dikawasan, dalam kegiatan tersebut juga ditampilkan berbagai penampilan kesenian muslim khas Indonesia oleh mahasiswa UIB.

Bpk. Dr Hepy Hefri Ariyanto memberikan Kata Sambutan sebagai Pembuka Acara

             Talkshow dibuka oleh Bapak Dr. Hepy Hefri Ariyanto selaku Wakil Rektor 3 Universitas Internasional Batam, yang dihadiri 17 orang rombongan EDEXGLA (Thailand), 10 Mahasiswa Universitas Teknikal Malaysia Melaka, dan 178 Mahasiswa di Kota Batam. Kegiatan ini bertujuan untuk membuka ruang dialog dan kebudayaan antar mahasiswa dari negara komunitas Asean. Selain itu melalui kegiatan bersama FICED tersebut diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang keragaman Islam dan Muslim di negara-negara ASEAN dengan berinteraksi secara langsung bersama  peserta EDEXGLA.

             Setelah berakhirnya acara kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan city tour oleh Musisy dan EDEXGLA dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata di Batam seperti Masjid Agung Batam, Welcome To Batam, Jembatan Barelang, DC Mall, dan Masjid Jabal Arafah. Berdasarkan diskusi yang berlangsung, pelaksanaan EDEXGLA dimasa depan akan dikembangkan menjadi proyek kolaboratif melibatkan anggota komunitas EDEXGLA di Indonesia, Malaysia dan Thailand.

             Berdasarkan diskusi yang berlangsung, pelaksanaan EDEXGLA dimasa depan akan dikembangkan menjadi proyek kolaboratif melibatkan anggota komunitas EDEXGLA di Indonesia, Malaysia dan Thailand.

 



Comments are closed.