Language :

FAQ


Pertanyaan yang sering ditanyakan atau kendala yang sering dialami oleh calon mahasiswa antara lain:

  1. Dalam ketentuan daftar ulang tertera bahwa batas daftar ulang sudah lewat, apakah saya masih boleh melakukan pendaftaran ulang?

Jawaban: Iya, anda masih boleh melakukan pendaftaran ulang, tapi kami ingatkan kembali untuk melakukannya dalam minggu ini. Kami beri kesempatan sampai dgn tanggal…..

 

  1. Sebelumnya saya mengajukan beasiswa Insan Mandiri (IM), tapi mengapa saya hanya mendapatkan beasiswa prestasi?

Jawaban: Keputusan beasiswa IM berdasarkan persyaratan yang sudah kami tentukan, antara lain nilai ujian saringan masuk, prestasi akademik, prestasi non-akademik, kesediaan untuk masa uji coba 3 bulan, dan kesediaan untuk kontrak magang di UIB selama 3 tahun. Jika salah satu persyaratan yang disebut tidak terpenuhi maka calon mahasiswa tidak dapat diberikan beasiswa IM.

 

  1. Sebelumnya saya mengajukan beasiswa Insan Mandiri (IM), tapi mengapa nama saya tidak muncul di pengumuman?

Jawaban: Untuk beasiswa IM masih dalam proses konfirmasi. Yakni akan dilakukan survey lanjutan ke calon mahasiswa serta konfirmasi kesediaan mengikuti persyaratan UIB (syarat magang). Jika ybs bersedia, maka proses berlanjut. Jika ybs tidak setuju, maka beasiswa akan di downgrade sesuai dengan kualifikasi ybs.

 

  1. Sebelumnya saya mengajukan beasiswa Unggulan (BU), tapi mengapa saya hanya mendapatkan beasiswa prestasi?

Jawaban: Keputusan BU berdasarkan persyaratan yang sudah kami tentukan, antara lain nilai ujian saringan masuk, prestasi akademik atau non-akademik tingkat NASIONAL, kesediaan untuk kontrak magang di UIB selama 3 tahun, dan pertimbangan lainnya. Jika salah satu persyaratan yang disebut tidak terpenuhi maka calon mahasiswa tidak dapat diberikan BU.

Jika ybs ternyata mempunyai prestasi tingkat nasional yang belum dikumpulkan dan prestasi akademik yang bagus, maka ybs dapat melakukan pengajuan ulang dan mengirimkan scanan sertifikat melalui email.

 

  1. Saya sudah menerima LOA dari UIB, namun saya merasa keberatan dengan biaya yang perlu dibayarkan.

Jawaban: Anda dapat mengajukan cicilan selama 10 kali dengan angsuran pertama minimal Rp. 2.500.000,- dan angsuran per bulannya disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Jika ybs masih merasa berat, maka dapat dijelaskan bahwa ybs bisa kuliah sambil bekerja, UMK Batam tergolong tinggi dan gaji yang didapatkan bisa digunakan untuk mencicil biaya kuliah, dan nanti ketika lulus sudah mempunyai pengalaman kerja. Selain itu, UIB juga memberikan potongan kepada mahasiswa aktif mulai semester 3 jika IPK diatas 3,75, potongannya bisa 2 juta. Plus biasanya ada penawaran beasiswa dari berbagai perusahaan seperti ATB dan BCA, kemudian ada beasiswa dari pemerintah seperti beasiswa pemprov dan beasiswa tidak mampu.

 

  1. Jika saya sudah bayar tapi ternyata saya diterima di perguruan tinggi negeri (PTN), apakah uang saya dapat dikembalikan?

Jawaban: Jika anda diterima melalui jalur SNMPTN (jalur undangan tanpa tes) dan SBMPTN (ujian bersama masuk PTN serentak seluruh Indonesia), maka uang bisa dikembalikan kecuali biaya PPL atau admin sebesar Rp. 2.500.000, besaran persentase sudah kami tentukan pada lampiran 1 dalam ketentuan daftar ulang.

Jika calon mahasiswa tidak lulus SLTA, maka uang dapat dikembalikan, kecuali biaya PPL.

 

  1. Saya sudah ikut tes yang diadakan di Sekolah, kenapa saya belum mendapatkan surat hasil juga ?

Jawaba : Pengajuan dengan jalur beasiswa paling lama adalah 2 minggu. Untuk pengumuman surat hasil akan dilakukan dengan mengirimkan ke email ybs, email sekolah dan pengiriman melalui pos ke sekolah jika sekolah berasal dari luar batam. Bagi yang masih merasa belum menerima juga, bisa mengemailkan ke humas (humas.uib@gmail.com) untuk dikirimkan LOA dan Ketentuan Daftar Ulang

 

  1. Saya sudah membayar cicilan perbulan dan mengirimkan bukti ke email humas, tetapi kenapa saya tidak mendapat kwitansi ?

Jawaban : Untuk bukti transfer yang dikirimkan ke humas, akan dibantu oleh staff yang bertanggung jawab untuk dilaporkan ke bagian keuangan agar dilakukan validasi pembayaran. Pihak humas tidak bisa meminta kwitansi dari keuangan kecuali ybs meminta untuk di scan, staf Humas akan meminta pihak keuangan untuk mengirimkan kwitansinya ke ybs.

 

  1. Kak, saat ini sudah gelombang berapa ya kak ? Biaya dan syaratnya apa ya kak ?

Jawaban : Gelombang dan Biaya akan menyesuaikan dengan gelombang yang berlaku. Untuk persyaratan mengumpulkan :

  1. Reguler : Formulir, fc akta, fc kk, fc kartu identitas (KTP/Kartu Pelajar/Passport), foto uk. 2×3 2 lembar, surat ket sekolah (bagi yang masih sekolah), fc ijazah dan SKHU yang dilegalisir masing2 2 lembar (bagi yang sudah lulus)
  2. Beasiswa : Formulir, Form Interview dan Identitas, fc akta, fc kk, fc kartu identitas (KTP/Kartu Pelajar/Passport), fc raport, fc sertifikat, surat keterangan ranking / surat rekomendasi, foto uk. 2×3 2 lembar, surat ket sekolah (bagi yang masih sekolah), fc ijazah dan SKHU yang dilegalisir masing2 2 lembar (bagi yang sudah lulus max 1 tahun dari angkatan pembukaan)
  3. Untuk biaya, disesuaikan dengan gelombang yang berjalan, kira-kira uang masuk UIB diluar beasiswa 15-20 juta.
  1. Kak, di UIB itu jurusannya apa aja sih? Dan akreditasinya kak ?

Jawaban : Di UIB kita ada 8 jurusan. Akuntansi dan Ilmu Hukum yang sudah A. Kemudian ada Manajemen, Sistem Informasi, Teknik Sipil dan Teknik Elektro yang B. Kemudian juga ada jurusan baru S-1 yakni Pariwisata, dan Pendidikan B. Ing yang akreditasinya C karena baru terdaftar.

Selain itu, UIB sedang melakukan pengajuan jurusan baru yakni S-1 Teknik Industri, S-1 Teknik Informatika dan S-1 Arsitektur (kira-kira 2018 sudah keluar ijinnya)

 

  1. Untuk kuliah di UIB, shift kuliahnya gimana ya kak ? Boleh kerja enggak ya ?

Jawaban : Untuk di UIB kita ada 2 shift, yaitu Pagi dan Malam. Untuk shift pagi itu dari jam 9 pagi hingga 3 sore paling telat. Dan untuk shift malam dari jam 6 hingga jam 10 paling telat. 85% mahasiswa UIB kuliah sambil bekerja, bisa kuliah mengambil shift malam dan kerja di pagi hari atau sebaliknya.

 

  1. Kak, klo di UIB itu wajib bisa bahasa inggris ?

Jawaban : UIB memiliki standar kelulusan bahasa Inggris atau bahasa lain, selama kuliah tidak wajib bisa bahasa inggris, tetapi materi/buku, slide presentasi dan ujian memang menggunakan bahasa inggris, bahasa pengantar dalam kelas menggunakan bahasa indonesia (kecuali kelas internasional). Jadi kesimpulannya, selama di UIB, kemampuan bahasa Inggris harus ditingkatkan, bagi yang kurang akan diberikan pelatihan atau preparation setiap hari sabtu.

 

  1. Kak, kita wajib ikut program internasional juga ya kak ? Lalu bagaimana dengan International Student Group ?

Jawaban : Untuk program internasional hanya bagi mahasiswa yang berminat. Selain itu tidak wajib alias optional. Untuk International Student Group dikhususkan bagi peneirma Prestasi 1, tetapi jika ada yang ingin ikut dalam program ini juga kami ijinkan, dengan mendaftar di Kantor IRO UIB.

Jika ada penawaran beasiswa atau program keluar negeri maka International Student Group ini akan diutamakan dan akan dilakukan seleksi kembali.

 

  1. Kak, saya sudah diterima di Reguler dan saya enggak tau bahwa di UIB ada beasiswa. Saya juara 1 terus dikelas dan saya sering ikut lomba dan selalu juara. Kira2 bisa saya upgrade beasiswa enggak ya ?

Jawaban : Jika kamu mau upgrade, kami bisa bantu untuk pengajuan. Kamu bisa mengumpulkan surat rekomendasi sekolah dan surat keterangan ranking dari sekolah. Melampirkan pula fc sertifikat lomba yang pernah kamu ikut serta surat pengajuan untuk upgrade. Semua requirement di kumpulkan ke humas dan kami akan bantu pengajuan terlebih dahulu dan akan kami beritahukan hasilnya setelah hasil pengajuannya keluar.

 

  1. Saya sudah diterima di MM/MH, apakah boleh saya mengajukan skema pembayaran yang berbeda dari metode cicilan yang diberikan ?

       Jawaban : Untuk pengajuan cicilan selain dari skema yang kami berikan, ada skema 12 bulan untuk total biaya yang harus dibayarkan. Pembayaran pertama harus dimulai dari bulan daftar ulang dan diteruskan tiap bulannya. Syarat untuk mengajukan skema cicilan ini harus membuat surat pengajuan dan melampirkan rincian cicilan untuk pembayaran tiap bulannya.

Pihak humas akan membantu pengajuannya ke admin S2 tetapi kami tidak dapat menjamin akan di terima. Kemungkinan akan ada revisi dsb.

 

  1. Saya dengar UIB di bekukan ya kak ? Trus juga masalah parkir itu gimana ya kak ? Mhs memang tidak boleh membawa kendaraan ya ?

       Jawaban :

1.Mengenai informasi pembekuan itu sepenuhnya  tidak benar, hanya ada 1 prodi saja yang terkena sanksi karena ijin prodi S-1 Pariwisata belum keluar, masalah pembekuan tersebut sudah diselesaikan dengan keluarnya ijin S-1 Pariwisata pada Des 2016.

  1. Untuk masalah parkir, saat ini kami sedang dalam masa pembangunan sehingga sebagian lahan kami gunakan untuk alat konstruksi dan bahan bangunan serta terbatasnya area yang ada. Agar mengantisipasi tidak ada terjadi kerusakan pada kendaraan milik mahasiswa maka kami membatasi dengan adanya aturan parkir. Mahasiswa kelas pagi boleh membawa kendaraan tetapi dibatasi sampai jam 16:00, karena mulai jam itu area parkir diperuntukkan untuk kelas malam.

 

  1. Saya pernah mengikuti Peradi dan PKPA di UIB. Apakah ada potongan biaya untuk masuk UIB Magister ?

       Jawaban : Untuk Peradi dan PKPA akan ada potongan biaya dengan melampirkan fotokopi sertifikat / ijazah dari kelas yang diikuti, Humas akan melakukan pengajuan untuk pemotongan biaya atas total biaya yang harus dibayarkan.

 

  1. Apakah di S2 ada program internasionalnya juga ?

       Jawaban : Untuk S2 ada program internasional berupa Program Study Tour, Exchange dan kemudian program 1+1. Program study tour berupa program mengunjungi kampus partner di negara tujuan dan akan ada serangkaian kegiatan yang harus diikuti seperti seminar umum hingga city tour. Program Exchange masih dalam tahap proses, sedangkan untuk program 1+1 merupakan program 1 tahun di UIB dan 1 tahun di Youngsan University Korea Selatan. Jika mahasiswa sudah selesai menempuh pendidikan akan mendapat 2 gelar, dari UIB dan Youngsan University.

 

  1. Saya ingin melaksanakan kegiatan di UIB dan menyewa ruangan, itu bagaimana ya prosedurnya?

       Jawaban : Untuk penyewaan ruangan syaratnya membuat surat pengajuan pengadaan acara menggunakan fasilitas UIB yang ditujukan ke  Humas. Mengenai biaya penyewaan, available ruangan yang bisa di gunakan, perlengkapan ruangan dan requirement lain untuk acara yang ingin diadakan akan ditindaklanjuti setelah surat masuk ke Humas.

 

  1. Saya mau pasang brosur lowongan pekerjaan di UIB dan menitip brosur dan spanduk di Humas. Kira2 bisa tidak dan apakah ada biayanya ?

       Jawaban : Pemasangan loker berupa poster/brosur baik itu softcopy dan hardcopy dapat dititipkan di humas, kami akan sampaikan ke bagian BPKA, dan oleh bagian tersebut akan di tempelkan di mading serta diupload di website UIB. Selain itu UIB saat ini memiliki Career Center yakni wadah bagi mahasiswa untuk melihat berbagai lowongan pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan. Sehingga informasi lowongan pekerjaan yang anda juga akan ditampilkan di website khusus Career Center UIB.

Mengenai biaya, untuk pemasangan informasi loker tidak dipungut biaya apapun, sedangkan untuk menitipkan brosur di Humas, per-30 lembar gratis, diatas 30 per lembarnya akan dikenakan biaya Rp 1000,- (seribu rupiah), untuk biaya pemasangan spanduk, perminggunya (senin-minggu) dikenakan biaya Rp 100.000,-

 

  1. Bagaimana ya jika saya ingin melakukan penyewaan stall di kantin ?

       Jawaban : Boleh memasukkan terlebih dahulu proposal untuk kantin yang akan dibuka. Proposal tersebut akan kami sampaikan ke biro BAUK, dan biro tersebut akan melakukan konfirmasi ke anda langsung untuk proses selanjutnya.

 

  1. Saya mau request untuk SKM atau Transkip Nilai, bagaimana caranya?

       Jawaban : Untuk SKM dan Transkip Nilai dapat di request dari baak.uib.ac.id. dalam aplikasi tersebut akan terlihat infomasi mengenai Surat Keterangan apa saja yang ingin direquest.

 

  1. Saya mahasiswa D3. Saya ingin melanjutkan S1 di UIB. Bagaimana ya prosedurnya?

       Jawaban : Untuk mahasiswa transfer boleh dikirimkan terlebih dahulu untuk Transkip Nilai dari kampus sebelumnya dan akan kami setarakan. Bersamaan dikirimkan juga Surat Rekomendasi dari perusahan tempat bekerja untuk melanjutkan pendidikan ke S1. Dan ketika hasil pengajuan sudah keluar akan segera kami kabarkan kembali. Dan jika ingin mendaftar setelah mengetahui hasil konfersi, maka ybs mendaftar seperti mahasiswa baru dan mengikuti skema biaya mahasiswa baru.

 

  1. Saya sudah mendaftar kak. Dan saya ingin mengundurkan diri. Bagaimana ya kak prosedurnya ?

       Jawaban : Untuk pengunduran diri, maka kamu harus membuat dan menyerahkan surat pengajuan pengunduran diri dengan lampiran bukti transfer dari pembayaran yang sudah kamu bayarkan, dan no rekening untuk pengembalian dana. Kami akan ajukan dan kembalian sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Lampiran 1 dari berkas LoA yang kamu terima. Contohnya seperti dibawah ini:

  1. Saya ingin ganti jurusan, gimana ya kak ?

Jawaban :

  • Jika kamu ingin mahasiswa baru, maka kamu dapat datang ke humas atau emailkan ke kami ( uib@gmail.com ) untuk form penggantian jurusannya. Nanti akan ada perbedaan biaya karena setiap jurusan beda biaya sks-nya, lalu kami akan informasikan berapa perbedaan biayanya ketika mengumpulkan form tersebut.
  • Jika kamu mahasiswa aktif maka kamu langsung ke biro BAAK untuk pengisian form undur diri, setelah itu informasikan ke Humas untuk proses selanjutnya.