Language :

Fungsi Gugus Keamanan Laut (GUSKAMLA) dalam Penegakan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia



Fungsi Gugus Keamanan Laut (GUSKAMLA) dalam Penegakan Kedaulatan  Negara Kesatuan Republik Indonesia

(13/10- UIB) Batam- “Jalesveva Jayamahe” adalah suatu istilah dalam Bahasa Sansekerta yang merupakan semboyan dari TNI Angkatan Laut Republik Indonesia yang berarti “Di Lautan Kita Jaya” ibaratnya seperti penyemangat bagi kita sebagai Warga Negara Indonesia untuk mengingat kembali proses panjang para tokoh-tokoh pendiri bangsa sehingga Indonesia menjadi sebuah negara kesatuan dari beribu-ribu pulau.

 

Begitulah pesan penting yang dapat disimpulkan dari Laksamana Pertama Bambang Irwanto, M.Tr. (Han) selaku Komandan GUSKAMLABAR dalam Kuliah Umum “Fungsi Gugus Keamanan Laut (GUSKAMLA) dalam Penegakan Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia” pada hari Jumat, 13 Oktober 2017 di Universitas Internasional Batam (UIB).

Lebih lanjut, beliau juga menambahkan bahwa wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan 11 negara, 9 diantaranya berbatasan laut menjadikan letak Indonesia seperti segitiga emas yang merupakan lalu lintas dunia.

Oleh karena itu, Indonesia harus bisa memanfaatkan posisi strategis tersebut yang mana akan sangat berpengaruh terhadap sektor ekonomi dan keamanan. Hal ini senada dengan kebijakan Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Dalam sektor keamanan, ancaman kemaritiman yang dihadapi Indonesia antara lain, yaitu overclaiming, grey area regarding applicable law, dispute area, piracy, environment pollution, terrorism, illegal fishing, dan human trafficking.

Tugas TNI  secara umum, yaitu menegakkan kedaulatan negara, sebagai pertahanan negara baik dengan cara perang/ pertempuran di laut maupun dengan cara diplomasi, dan penegakan hukum. Tugas TNI Angkatan Laut dalam penegakan hukum merupakan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) dari GUSKAMLA, khususnya dalam menghadapi ancaman kemaritiman non tradisional, seperti single/double agency, kebijakan nasional, dan firm of rule of law.

Dalam praktek dan perkembangannya, GUSKAMLA berharap masyarakat, khususnya mahasiswa UIB sebagai generasi penerus bangsa dapat mendukung Tupoksi GUSKAMLA tersebut dengan ikut mensosialisasikan tentang GUSKAMLA kepada lingkungan sekitar dan ikut menjaga persatuan bangsa demi mempertahankan wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.