Language :

KAPAL PEMUDA KEPRI (16-21 Mei 2017) JALESVEVA JAYAMAHE JUSTRU DILAUT KITA BERJAYA !!!



KAPAL PEMUDA KEPRI (16-21 Mei 2017) JALESVEVA JAYAMAHE JUSTRU DILAUT KITA BERJAYA !!!

KAPAL PEMUDA KEPRI (16-21 Mei 2017)

JALESVEVA JAYAMAHE

JUSTRU DILAUT KITA BERJAYA !!!

Senin, 05 Juni 2017 – Putri Syuhada (1551006)

 

Sering kali kita mendengar ungkapan yang mengatakan “Pengalaman adalah guru terbaik”, bahkan ungkapan ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Berlayar dengan kapal perang KRI Teluk Ende 517 bersama Pemuda-Pemudi terpilih dari Kepulauan Riau merupakan pengalaman berharga bagi saya. Sangat banyak ilmu yang saya dapatkan mulai dari training, pada saat di Kapal, hingga pulang kembali ke titik awal berkumpulnya seluruh Pemuda-Pemudi Kepulauan Riau.

Menurut Gubernur Kepulauan Riau, kegiatan pelayaran Kapal Pemuda Kepri tahun 2017 merupakan kegiatan untuk mendukung program Pemerintah RI mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia dan sesuai dengan visi pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau
“Terwujudnya Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu yang Sejahtera, Berakhlak Mulia, Ramah lingkungan dan unggul di bidang Maritim” yang didukung oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga. Untuk lingkup Kapal Pemuda pelayaran se-Provinsi, pertama kalinya diadakan di Kepulauan Riau ini.

Berawal dari seleksi Kapal Pemuda Nusantara dan Pertukaran Pemuda Antar Negara oleh Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) yang merupakan organisasi dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), terpilihlah Pemuda-Pemudi terbaik untuk mewakili Kepri mengikuti KPK dari jalur seleksi Dispora Kepri kurang lebih 52 orang. Jalur ini merupakan jalur seleksi Dispora dimana Pemuda-Pemudi tersebut diberikan training sebelum berlayar. Training diadakan didua tempat, yaitu di Batam tepatnya di Dispora Batam selama dua hari, dan di Tanjungpinang selama dua hari.

 

 

Selama training banyak ilmu yang kami dapatkan, seperti menari zapin muda-mudi yang akan ditampilkan saat di Anambas, personal grooming, table manner, etika dan etiket, dinamika kelompok, sudut pandang, PIC program, memimpin ice breaking, dll. Itu semua dilatih oleh para alumni dari PCMI.

Pada saat training di Tanjungpinang, hari kedua kami ke lapangan, yaitu ke pantai trikora Bintan. Kami bersama-sama pergi dengan menggunakan bis, hingga terciptalah kebersamaan seperti keluarga yang kami sebut Mendak Team karena selama latihan tari kami diwajibkan untuk mendak dan senyum. Mendak team merupakan teman kami berkeluh kesah selama program. Walaupun beda kelompok saat program, tetapi mendak tetap solid. Hal inilah yang membedakan kami semua dari jalur yang lain. Disana kami mengulangi kembali latihan tari zapin muda mudi, games dan belajar untuk mencintai tanah air Indonesia, karena semangat sebagai Pemuda tidak boleh luntur dan Pemuda merupakan pelopor bangsa. Seperti kata Ir. Soekarno “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, namun beri aku 10 orang pemuda, maka akan kugoncangkan dunia”. Dari pidato Ir.Soekarno tersebut telah jelas bahwa Pemuda mempunyai semangat tinggi dan peran yang besar untuk Bangsa Indonesia ini.

Tibalah saatnya berlayar yaitu pada tanggal 16-21 Mei 2017, diikuti sebanyak 300 Pemuda Pemudi Kepri terbaik dari jalur seleksi Dispora dan jalur umum (organisasi, pramuka, dll). Titik awal berkumpul yaitu di FASHARKAN (Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal Perang) TNI AL, Tanjunguban. Pagi hingga sore hari kami masih berkumpul di aula fasharkan tersebut sambil menunggu kontingen dari kabupaten lain, kemudian dibagikan kelompok serta diperiksa kesehatan masing-masing individu oleh tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Lantamal IV Tanjungpinang agar pelayaran dapat berjalan lancar dan aman.

Setelah waktu maghrib kami mulai masuk ke KRI Teluk Ende 517 dengan membawa semua barang. Saat sampai di atas kapal, kami diarahkan untuk makan dan ditunjukkan ketua Putri per kelompok yang telah dibagikan pada  siang hari untuk ditunjukkan kamar putra dan putri. Saya menjadi ketua kelompok di kelompok kami. Selain itu, kami Juga dibagikan Attire PDU dan PDH, hingga akhirnya selesai dan semua peserta dapat beristirahat untuk persiapan upacara perlepasan gubernur di pagi hari.

Pada pagi hari tanggal 17 Mei 2017, gubernur Kepulauan Riau Dr. Nurdin Basirun melepas 300 pemuda yang tergabung dalam satgas “KPK-Kapal Pemuda Kepri tahun 2017” menggunakan KRI Teluk Ende-517 Jenis LST Landing Ship Tank yang berlangsung di Dermaga TNI AL Mentigi Tanjunguban Kabupaten Bintan. Upacara pelepasan ini, dihadiri para tamu undangan yang lain.

Kegiatan di kapal sangat bermanfaat. Sangat banyak ilmu yang didapatkan. Beberapa materi yaitu tentang TNI sebagai Garda terdepan pertahanan NKRI, pemetaan Provinsi Kepri sebagai provinsi terdepan Indonesia dengan segala potensi kemaritiman serta ancamannya, narkoba sebagai ancaman serius masa depan pemuda indonesia, serta waspada ancaman radikalisme. Kegiatan rutin yang dilakukan selama di kapal yaitu sholat berjama’ah, apel pagi dan apel malam, serta makan bersama. Uniknya disini kami sudah diarahkan untuk membawa piring, sendok, dan gelas warna biru, sehingga pada saat makan warna peralatan makan menjadi seragam. Setelah selesai makan, setiap kelompok membagi tugas kepada anggota kelompok untuk mencuci piring kelompok masing-masing.

 

 

 

Pada tanggal 18 Mei 2017, kami mendarat di Kabupaten Anambas-Tarempa disambut oleh seluruh masyarakat Anambas. Kami diberi waktu beberapa jam untuk berjalan melihat kepulauan Anambas. Pada jam 11.30, kami berkumpul kembali ditempat diadakannya seminar bahari yaitu di gedung Serbaguna, makan siang, dan diberi waktu untuk sholat. Setelah itu kami kembali mengikuti seminar dengan dihadiri oleh Bapak Bupati Kepulauan Anambas serta tamu undangan lainnya. Sebelum acara seminar dilanjutkan, diadakan pembagian sembako berupa buku-buku ke sekolah yang berada di Anambas, yang disumbangkan dari para peserta KPK. Setelah semua rangkaian acara terlaksana dengan baik, seminar pertama memberikan penjelasan tentang “Pengembangan Sektor Kemaritiman yang Terintegrasi dengan Memaksimalkan Pemberdayaan”.  Selanjutnya terdapat materi tentang Mewujudkan Kepri sebagai Lumbung Perikanan Indonesia yang berdaya saing, Kembalikan Kedaulatan dan Kejayaan Indonesia di Lautan. Materi tersebut diawali dengan kata sambutan terlebih dahulu oleh bupati, lalu disampaikanlah materi tersebut oleh bapak Ka. Dinas Perikanan & Kelautan Provinsi Kepri, Wadansatgas KPK dari TNI AL. Setelah pemateri selesai menyampaikan materinya, terdapat juga sesi tanya jawab.

Setelah seminar bahari tersebut selesai, dilanjutkan dengan gotong royong sekaligus membaur bersama warga disepuluh titik Tarempa tersebut. Tujuannya agar para pemuda tidak hanya menjaga kebersihan laut tetapi juga menjaga lingkungan sekitar.

 

 

Pada malam hari kami dijamu oleh Pemda Kabupaten Anambas dengan jamuan makan malam. Setelah makan malam juga ada kata sambutan dan pentas seni.

Saya dipercayai untuk menampilkan gurindam 12, lalu dilanjutkan dengan menampilkan zapin muda-mudi oleh para peserta dari jalur seleksi dispora Kepri, dan dipenghujung malam dilanjutkan dengan nyanyian orgen tunggal serta tarian massal.

Kegiatan yang paling istimewa yaitu pada tanggal 20 Mei 2017, yaitu Upacara Hari Kebangkitan Nasional diatas KRI Teluk Ende 517 di Laut Natuna diikuti segenap peserta dan akan disiarkan media Cetak dan Elektronik yang mengikuti pelayaran. Sementara yang bertindak sebagai Koordinator Kadispora Kepri adalah Bapak Mafrizon. Setelah selesai upacara dilanjutkan dengan foto bersama, serta foto membentuk huruf KPK. Kami juga sempat melewati pulau bawah Anambas, pulau tropis terbaik Asia versi CNN.Kegiatan dilanjutkan hingga menuju pulang kembali ke tanjunguban tanggal 21 Mei 2017 dan ditutup dengan upacara penutupan di pelabuhan FASHARKAN tersebut. Sungguh pengalaman yang sangat luar biasa dapat mengikuti program ini. Mengelilingi lautan Kepulauan Riau dengan KRI Teluk Ende 517 bersama pemuda pemudi yang sangat hebat. Semoga semakin banyak pemuda pemudi yang termotivasi untuk mengembangkan Kepulauan Riau.

 

Dilaut kita berlayar, Dilaut kita belajar, Dilaut kita bersama

Jalesveva Jayamahe, justru dilaut kita berjaya !!!

1495633092455 IMG-20170429-WA0027 IMG-20170430-WA0034 IMG-20170507-WA0096 IMG-20170516-WA0020 IMG-20170516-WA0021 IMG-20170520-WA0005 IMG-20170520-WA0016