Language :

Kegiatan Diseminasi Kebijakan Akreditasi dan Pengumpulan Informasi Pelaksanaan Akreditasi antara Majelis Akreditasi BAN-PT dengan Universitas Internasional Batam



Batam – Senin (15/10/2018) Quality Assurance Center (QAC) Universitas Internasional Batam bersama dengan Majelis Akreditasi BAN-PT mengadakan kegiatan Diseminasi Kebijakan Akreditasi dan Pengumpulan Informasi Pelaksanaan Akreditasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Grant Center, Gedung A Universitas Internasional Batam. Kegiatan ini dilaksanakan agar kebijakan-kebijakan yang ditetapkan bias erjalan secara efektif. Selain itu, Majelis Akreditasi BAN-PT melakukan kegiatan di Perguruan Tinggi secara Uji Petik. Mengingat Akreditasi merupakan salah satu bentuk penilaian (evaluasi) mutu dan kelayakan Institusi Perguruan Tinggi atau Program Studi yang dilakukan oleh organisasi atau Badan Mandiri diluar Perguruan Tinggi. Dari kegiatan yang dilakukan ini diharapkan dapat diperoleh gambaran tentang pelaksaan proses akreditasi yang dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi pengembangan sistem Akreditasi kedepan.

Tujuan diadakannya kegiatan Diseminasi Kebijakan Akreditasi dan Pengumpulan Informasi Pelaksanaan Akreditasi ini yaitu untuk membangun pemahaman bersama tentang kebijakan akreditasi terkini dan untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan proses akreditasi dan persoalan-persoalan yang muncul dilapangan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas Universitas Internasional Batam dalam berbagai aspek. Materi Kegiatan Diseminasi Kebijakan Akreditasi dan Pengumpulan Informasi Pelaksanaan Akreditasi meliputi dua hal yaitu: pertama, menyangkut aspek peraturan dan kebijakan sistem akreditasi dilakukan dengan metode ceramah serta tanya jawab (diskusi), dan kedua, melalui survei menggunakan kuesioner dan wawancara untuk mengetahui efektifitas proses akreditasi.

            Kegiatan Diseminasi Kebijakan Akreditasi dan Pengumpulan Informasi Pelaksanaan Akreditasi dilaksanakan oleh 2 orang anggota Majelis Akreditasi yaitu Prof. Bambang Suryoatmono, Ph.D. dan Dr.Drs. Iwan Mulyawan, M.B.A. dan satu orang pendamping dari staf BAN-PT. Adapun peserta yang menghadiri kegiatan ini yaitu terdiri dari Pimpinan Universitas, Dekan, Ka.Biro, dan Ka.Prodi dari Universitas Internasional Batam.

 



Comments are closed.