Language :

KEMENLU-UIB SELENGGARAKAN KOLOKIUM NASIONAL MEMBAHAS ISU HUKUM LAUT



KEMENLU-UIB SELENGGARAKAN KOLOKIUM NASIONAL MEMBAHAS ISU HUKUM LAUT

Sebagai Negara Kepulauan, thumb sejatinya kebijakan politik hukum nasional berorientasi untuk memajukan dan mengatasi permasalahan-permasalahan hukum yang timbul dalam sektor kemaritiman. Untuk menjawab tantangan tersebut Kementerian Luar Negeri bersama Universitas Internasional Batam (UIB) menyelenggarakan kolokium dengan membahas isu hukum “Kajian Hukum Terhadap Keselamatan Pelayaran dan Perlindungan Lingkungan Laut di Wilayah Indonesia”.

Dalam pidatonya, find Rektor UIB, decease Prof. Dr. Handoko Karjantoro, CPA menyambut baik terselenggaranya acara tersebut sembari menekankan pentingnya kerjasama lebih lanjut Universitas Internasional Batam (UIB) dan Kementerian Luar Negeri di masa depan. Senada dengan hal tersebut, Sektretaris Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional, Kemlu RI- Dr. jur. Damos Dumoli Agusman, SH., M.A. selaku keynote speaker menekankan pentingnya kolaborasi dunia akademik dan pemerintah. “Dalam menyikapi kebijakan strategis berkenaan dengan isu hukum internasional, kiranya perlu sinergisitas antara Kementerian Luar Negeri dan dunia akademis” ujar Dr. jur. Damos. Dalam pengamatannya, isu-isu kebijakan hukum internasional yang diambil pemerintah selama ini tidaklah mudah untuk dipahami masyarakat awam. Gap komunikasi tersebut perlu diatasi dengan adanya kolaborasi aktif pemerintah dan dunia akademik.

Kolokium dan diskusi publik tersebut dibagi dalam dua sesi dengan dihadiri sejumlah pakar hukum, akademisi, unsur kementerian lintas sektoral serta mahasiswa Fakultas Hukum UIB. Sesi pertama membahas isu keselamatan pelayaran dengan pembicara Drs. Muhammad Ihsan, M.H (Pengajar Hukum Internasional UIB), Haryo Satmiko, ATD, S.Sos, M.Pd (Wakil Ketua KNKT) dan Capt. Andi Aswan (Direktorat Kenavigasian). Sementara pada sesi kedua hadir selaku pembicara, Guru Besar kajian Hukum Laut Prof. Dr. Etty R. Agoes, S.H., LL.M., dari Univeritas Padjajaran dan Nicolas Manoppo dari Direktorat Hukum dan Perjanjian Kewilayahan, Kemlu. Acara kemudian ditutup oleh Dekan Fakultas Hukum UIB Bapak Lu Sudirman, SH, MM, M.Hum disertai foto bersama dan pemberian kenang-kenangan untuk pembicara. (AS)


ShareShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInDigg thisPin on PinterestShare on RedditShare on Tumblr