Language :

Kuliah Umum “Melestarikan Kerukunan Ajaran Agama dan Warisan Bangsa Indonesia”



Kuliah Umum “Melestarikan Kerukunan Ajaran Agama dan Warisan Bangsa Indonesia”
Mahasiswa sebagai bagian dari warga negara Indonesia, mahasiswa turut mengemban tugas untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang rukun dan damai, oleh karenanya mahasiswa turut berpartisipasi dalam melestarikan kerukunan khususnya di Kota Batam. Guna membekali mahasiswa baru terhadap pentingnya kerukunan ini maka UIB mengadakan kegiatan  Kuliah Umum Keagamaan Mahasiswa Baru dengan tema “Melestarikan Kerukunan Ajaran Agama dan Warisan Bangsa Indonesia”, yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 18 November 2017, dalam tiga kelas paralel bertempat di Kampus UIB, dengan 3 (tiga) narasumber berasal dari pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Batam, yaitu :
  1. Dr. Ir. Chabbullah Wibisono, M.M. (menjabat sebagai Ketua FKUB Kota Batam masa bakti 2017-2022)
  2. Dr. Ampuan Situmeang, S.H., M.H. (menjabat sebagai Wakil Ketua FKUB Kota Batam masa bakti 2017-2022)
  3. Dr. Drs. I Wayan Catra Yasa, M.M. (menjabat sebagai Koordinator Bidang Kerukunan FKUB Kota Batam masa bakti 2017-2022) 
Ketiga narasumber memaparkan tentang perlunya dan bagaimana mewujudkan kerukunan antar umat beragama di Indonesia agar terciptanya satu konsep hidup bernegara yang mengikat semua anggota kelompok sosial yang berbeda agama guna menghindari “ledakan konflik antar umat beragama yang terjadi tiba-tiba”,  dan bagaimana peranan FKUB Kota Batam menurut Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor: 9 Tahun 2006 dan Nomor: 8 Tahun 2006 bahwa FKUB mempunyai 3 bidang utama yaitu: bidang kerukunan, bidang sosialisasi dan bidang rekomendasi rumah ibadat.

“Lautan di Kepri indah dan permai
Bagaikan pelangi seakan digapai
Kerukunan membuat kita damai
Damai membuat cita-cita tercapai”