Language :

KULIAH UMUM : PROFIL ANGKATAN BERSENJATA DAN PERAN GENERASI MUDA DALAM SISTEM PERTAHANAN



Batam – Jumat (06/04/2018) Kementrian Pertahanan RI melalui Direktorat Strategi Pertahanan  mengadakan kuliah umum di UIB dengan tema “ Angkatan Bersenjata dan Peran Generasi Muda dalam Sistem Pertahanan” kegiatan ini bertempat di ruang Aula UIB, kuliah umum di ikuti sekitar 150 mahasiswa. Pemateri yaitu Australian Defence Attache Commodore Roberth Plath. Hadir juga 15 orang perwakilan Delegasi Pertahanan dari berbagai negara yakni Amerika, Belarus, Brazil, Brunei, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Itali, Korea Selatan, Laos, Meksiko, dan Myanmar.

Dalam sambutannya Rektor UIB Prof. Handoko Karjantoro, CPA menyampaikan sangat senang dan menjadi suatu kehormatan bagi Universitas Internasional Batam (UIB) yang di tunjuk sebagai tuan rumah dalam ini, Rektor juga menyampaikan kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa untuk belajar pertahanan dari Negara lain khususnya Australia. Mahasiswa bisa belajar terkait bela Negara dan mempertahankan Negara.

Prof.Handoko K,CPA (Rektor UIB) memberikan sambutan

Foto bersama Atase dari beberapa negara perwakilan

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari Kementrian Pertahanan dan akan ditunjuk provinsi yang berbeda-beda tiap tahunnya. Adapun total Atase yang datang ke Batam adalah 29 Atase dari 29 negara. Selain mengunjungi kampus, para Atase ini diperkenalkan dengan budaya wisata Indonesia, mengunjungi industry yang menghasilkan produk-produk pertahanan, khususnya yang ada di sekitar Provinsi Kepulauan Riau. Hal ini ditegaskan oleh Direktur Wilayah Pertahanan yakni Laksmana Pertama Bambang Supriyadi, yang menyatakan kunjungan ini agar terjalin hubungan yang harmonis dengan negara-negara sahabat.

Adapun kuliah umum yang di sampaikan oleh Robert Plath, menekankan sejarah pertahanan negara Australia termasuk kebutuhan militer serta persenjataan negara kangguru tersebut. Dengan adanya kuliah umum ini, para mahasiswa dan dosen lebih mengenal lagi profil angkatan bersenjata Australia dan kalangan civitas bisa turut andil dalam meningkatkan hubungan serta pertahanan kedua belah pihak. (Humas)



Comments are closed.