Language :

MAHASISWA TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM MENGIKUTI BIMTEK DAN SERTIFIKASI CAD SIPIL



Batam— (8/5/2018) Pembukaan kegiatan Bimtek dan Sertifikasi CAD Sipil yang diselenggarakan oleh Disnaker Kota Batam bekerja sama dengan Equalita Learning Centre sebagai penyedia fasilitas Bimtek dan Sertifikasi, 20 orang direkomendasikan oleh perusahaan mereka masing-masing untuk mengikuti kegiatan tersebut, delapan dari 20 peserta merupakan mahasiswa Universitas Internasional Batam Program Sarjana Teknik Sipil.

Pembukaan kegiatan dibuka oleh Abdul Gani (Kabid Disnaker kota Batam), beliau menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek dan sertifikasi ini bertujuan untuk mensertifikasi para pekerja agar dapat bersaing didunia kerja terutama bersaing dengan pekerja asing. Diharapkan dengan hal tersebut angka untuk pekerja asing yang bekerja di Indonesia terutama di kota Batam dapat diminimalisir dan memberi kesempatan kepada pekerja lokal untuk mengambil bagian tersebut. Kegiatan ini ditargetkan diikuti sekitar 1.500 peserta dengan sertifikasi yang berbeda dan dilokasi yang berbeda-berda menggunakan anggara APBD Batam 2018.

Dalam kesempatan lain Hokler Sitohang selaku direksi dari Equalita Learning Center, menyampaikan bahwa Bimtek dan Sertifikasi CAD sipil ini baru pertama kali dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) mereka, karena sebelumnya kegiatan sejenis telah selesai dilaksanakan tapi dengan Uji Kompetensi yang berbeda.

Setelah pembukaan kegiatan Bimtek dan Sertifikasi CAD Sipil, para peserta menuju ke ruang yang telah disiapkan oleh Equalita Learning Center untuk melaksanakan kegiatan Bimtek. Adapun Roni sebagai coaching kegiatan ini, dimulai dengan pengenalan tentang indikator kompetensi yang menjadi penilaian seorang Juru Gambar Cad Sipil, serta dilanjutkan dengan praktek yang telah disesuaikan dengan uji kompetensi juru gambar cad sipil. Para peserta dilatih selama 3 hari, dan diberikan project untuk diselesaikan selama 3 hari yang nantinya di persentasikan pada hari keempat didepan Asessor sertifikasi Juru Gambar CAD Sipil.

Pada hari keempat para peserta harus sudah siap untuk mempersentasikan project yang telah diberikan didepan Asessor. Asessor yang menilai project adalah Al Farica dan Hokler Sitohang yang juga merupakan direksi Equalita Learning Center. Penilaian project disesuaikan dengan Uji Kompetensi yang telah diberikan pada saat Bimtek.

Ujian Bimtek dan Sertifikasi dilakukan dari pagi hingga sore hari, dan pada saat yang sama diumumkan oleh Al Farica hasil dari persentasi project peserta, dan semua peserta dianggap berkompeten pada Bidang Juru Gambar CAD sipil meski beberapa peserta harus mengalami revisi pada saat persentasi project.

Senin (14/5/2018), penutupan Bimtek dan Sertifikasi CAD sipil dilakukan oleh Abdul Gani Kabid Disnaker kota Batam. Beliau menyampaikan selamat atas lulusnya peserta pada kegiatan ini, beliau berharap agar para peserta Bimtek dapat memanfaatkan sebaik mungkin sertifikasi yang telah diberikan, dikesempatan lain bpk. Hokler Sitohang menyampaikan kebahagiaanya atas kepercayaan Disnaker kota Batam atas Equalita Learning Center sebagai tempat Bimtek dan Sertifikasi CAD Sipil, dan mengucapkan selamat atas kelulusan para peserta pada kegiatan ini, belaiu berharap semoga kegiatan serupa dapat diselenggarakan lagi, dengan jumlah peserta yang ditambah.



Comments are closed.