Language :

Mandarin Center


ROOT-SEEKING TOUR WINTER CAMP

Penguasaan bahasa asing menjadi hal yang penting di era global ini. Penguasaan bahasa Mandarin dan pengenalan budaya China telah menjadi salah satu sarana memperkaya kemampuan intelektual terutama menyikapi perkembangan pesat ekonomi negara China dan globalisasi. Kemampuan berbahasa asing dijadikan sebagai suatu persiapan demi meningkatkan kompetensi saat memasuki dunia kerja. Kesadaran itu membuat banyak orang Indonesia tertarik kuliah di China, apalagi bahasa Mandarin sekarang telah menjadi bahasa Internasional kedua setelah bahasa Inggris.

 

Hubungan kerjasama kami sebagai panitia di Indonesia dengan pemerintah China memberikan kesempatan bagi kami untuk menyelenggarakan kegiatan Chinese Root-Seeking Winter Camp di China. Kepercayaan yang kembali diberikan oleh pemerintah China kepada kami sebagai salah satu wadah untuk mengadakan mengikuti kegiatan Chinese Root-Seeking Winter Camp di China merupakan prestasi yang cukup membanggakan sehingga kami dapat berkontribusi kepada masyarakat khususnya dalam pengembangan budaya China dan bahasa Mandarin.

Acara Winter Camp diselenggarakan oleh lembaga pemerintah Overseas Chinese Affairs Office State of Council dalam rangka menyebarkan budaya dan sejarah provinsi Heilongjiang kepada para siswa dan pelajar asing dari manca negara.

 

Tujuan diadakan Root-Seeking Tour Summer Winter China adalah:

  1. Sebagai langkah kerja sama dengan pemerintah China dalam hal pengembangan bahasa Mandarin dan budaya China.
  2. Agar murid-murid dapat mengetahui, meningkatkan kemampuan bahasa Mandarin serta pengenalan terhadap budaya China melalui kegiatan Camp di China.
  1. Memacu murid-murid untuk terus belajar dan menambah wawasan Internasional sehingga mampu menjadi bekal memasuki dunia kerja dan global.

 

 

UIB MENYELENGGARAKAN UJIAN INTERNATIONAL BAHASA MANDARIN (HSK & YCT)

 

Batam – Universitas Internasional Batam (UIB) sebagai salah satu Lembaga Pendidikan Pergururan Tinggi yang sedang menawarkan program pelatihan Bahasa Asing terutama Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. Program Bahasa Mandarin yang dicanangkan UIB Language Center (ULC) semakin berkembang. Hal tersebut ditandai dengan adanya kerja sama ULC dengan Konsorsium Kursus Bahasa Mandarin yang memungkinkan UIB sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi yang turut mendukung dan menyelenggarakan Ujian Internasional Bahasa Mandarin untuk wilayah Provinsi Kepri. Adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk membantu masyarakat umum khususnya pelajar yang memiliki pendidikan Bahasa Mandarin untuk mendapatkan sertifikasi penguasaan Bahasa Mandarin secara Internasional.

 

Ujian International Mandarin ini terdiri dari 2 jenis, yaitu: HSK (Han Yu Sui Ping Kao Shi) dan YCT (Youth Chinese Test). Ujian HSK sendiri terdiri dari 6 tingkatan untuk ujian tertulis serta 1 tingkatan ujian lisan. Ujian HSK bersifat umum serta menguji pengetahuan umum termasuk pemahaman peserta akan Bahasa Mandarin. Sedangkan Ujian YCT lebih difokuskan kepada pererta yang masih berstatus Sekolah Dasar dengan 4 tingkatan. Ujian program internasional ini secara mutlak akan mendapatkan sertifikat Bahasa Mandarin yang diakui secara internasional. Uji sertifikasi ini juga merupakan bentuk kerja sama antara Departemen Pendidikan Indonesia dengan Departemen Pendidikan China di Beijing Hanban.