Language :

MULTIMATICS-UIB: Kolaborasi Menciptakan Daya Saing Global



MULTIMATICS-UIB: Kolaborasi Menciptakan Daya Saing Global

Agus Setiawan  (Direktur Multimatics)

 

(UIB/Batam) Multimatics merupakan institusi penyedia layanan konsultasi, pelatihan, dan sertifikasi. Multimatics yang berkantor pusat di Jakarta memfokuskan pada pelatihan di bidang Teknologi Informasi dan Manajemen Bisnis. Layanan yang disediakan oleh Multimatics merupakan layanan yang terintegrasi dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Saat ini, boleh dikata bahwa Multimatics merupakan lembaga konsultasi, pelatihan, dan sertifikasi terbaik dengan satu dekade pengalaman di bidangnya. Agus Setiawan, selaku Direktur  Multimatics menyampaikan bahwa sertifikasi yang disediakan oleh Multimatics diakui di dunia internasional yang mencakup tidak hanya terbatas pada bidang Information Technology namun juga Project Management, Supply Chain Management, dan Financial Planning.

Saat ini Multimatics sudah menjalin bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan papan atas di Indonesia dan sekitar 85 institusi pendidikan yang terse bat di seluruh Indonesia. Direktur Multimatics menegaskan bahwa Multimatics hadir untuk membekali sumber daya manusia yang ada pada perusahaan-perusahaan dan institusi-institusi pendidikan yang di Indonesia dengan keterampilan dan profesionalisme melalui program sertifikasi internasional yang di akui secara internasional.

Multimatics sudah mensertifikasi lebih dari 5.000 kalangan profesional dan 75.000 lulusan dengan sertifikasi yang diakui dunia internasional. Kunci sukses dari Multimatics adalah lembaga pelatihan sekaligus sertifikasi yang diakui internasional, bisa menyediakan pelatihan dan layanan sesuai kebutuhan mitra, sertifikasi yang disediakan diakui oleh dunia industri, paratrainer adalah praktisi dan konsultan, dan tingkat kelulusan yang tinggi. 

Di Provinsi Kepulauan Riau, Multimatics sudah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi pendidikan. Direktur Multimatics menyampaikan bahwa Universitas Internasional Batam (UIB) merupakan pendidikan tinggi pertama di Provinsi Kepulauan Riau bahkan Pulau Sumatera yang berkolaborasi untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Agus Setiawan berkeyakinan bahwa dengan kolaborasi kita bisa membuka potensi Indonesia yang sangat besar. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dr. Meiliana, Wakil Rektor Bidang Akademik bahwa sertifikasi internasional merupakan bentuk perlindungan bagi lulusan terhadap arus masuk sumber daya internasional di era globalisasi khususnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Selain itu, sertifikasi internasional juga merupakan paspor bagi lulusan yang ingin berkompetisi di dunia internasional, imbuh Dr. Meiliana.

Sesuai dengan core business dari Multimatics, UIB berkerja sama dengan institusi ini untuk memberikan pelatihan bukan hanya kepada calon lulusan tetapi juga dosen di UIB di bidang IT dan business management. Program studi yang memanfaatkan kerja sama ini adalah Program Sarjana Sistem Informasi dan Manajemen. Program Sarjana Sistem informasi bekerja sama dengan Multimatics untuk membekali calon lulusan dengan sertifikasi internasional MTCNA dan CNAP CCNA-RS. Tony Wibowo, S.Kom., M.MSi., ACA (Ketua Program Sarjana Sistem Informasi) menyampaikan bahwa MTCNA adalah sertifikasi di bidang jaringan yang wajib dimiliki calon lulusan Program Sarjana Sistem Informasi.Sedangkan bagi calon lulusan Program Sarjana Manajemen, Multimatics membekali dengan sertifikasi CISMA (Certified Internasional Sales Manajemen Associate) yang juga di akui di tingkat internasional. CISMA merupakan sertifikasi keahlian khusus dalam bidang keterampilan penjualan. Keterampilan ini dirancang untuk “Front Line Sales Executive”. Sertifikasi ini dikembangkan berdasarkan kurikulum CISMA dari PASAS Singapore. Dengan adanya Program Sertifikasi CISMA, Mahasiswa Lulusan UIB diharapkan dapat menjadi “Profesional Sales” untuk meningkatkan penjualan di perusahaan tempat mereka bekerja, atau jika mahasiswa tersebut memiliki bisnis sendiri, akan memberikan manfaat tersendiri ungkap Dr. Evi Silvana Muchsinati selaku Ketua Program Sarjana Manajemen UIB.

Kerja sama yang telah dilakukan oleh Multimatics dan UIB sejak tahun 2015 telah membuahkan hasil.  Pada acara Wisuda XIII UIB pada tanggal (30/11/2017), Program Sarjana Manajemen telah mewisuda 172 wisudawan yang telah mendapatkan sertifikasi internasional CISMA. Dengan demikian ke-172 wisudawan ini berhak menambahkan gelar CISMA di belakang gelar akademik S.E (Sarjana Ekonomi).

Sedangkan Program Sarjana Sistem Informasi telah meluluskan 15 lulusan dengan sertifikasi MTCNA. Seperti halnya lulusan dari Program Sarjana Manajemen, lulusan dari Program Sarjana Sistem Informasi ini juga memperoleh tambahan gelar MTCNA setelah gelar akademik S.Kom (Sarjana Komputer). “Dari banyaknya disiplin ilmu, sistem informasi adalah salah satu program studi yang selalu mengalami perubahan dikarenakan teknologi yang semakin berkembang. Selain itu, banyak hal yang harus dipelajari dalam jurusan ini. Maka dari itu kami berharap mahasiswa kami peduli terhadap keterampilan mereka dalam mengupgrade kemampuan setiap waktu. Sertifikasi MTCNA dan CNAP CCNA-RS akan menjadi pondasi yang cukup baik untuk para lulusan dalam bersaing di dunia kerja. Harapan kami tentunya, lulusan UIB akan menjadi yang terdepan ketika bersaing di pasar kerja terutama pasar kerja internasional.” Ungkap Dr. Hendi Sama, Dekan Fakultas Ilmu Komputer.

Adapun 15 calon wisudawan peraih sertifikasi MTCNA dan CNAP CCNA-RS adalah Rizky Reza Ariditya, S.Kom., dengan IPK 2.90 dan UTEP score 67. Gerald Rosy Pattiasina, S.Kom., dengan IPK 3.07 dan score UTEP 66. Bagus Gilar Aviyogi, S.Kom., dengan IPK 3.26 dan UTEP score 66. Moh. Amirul Fatta, S.Kom., dengan IPK 2.94, dan UTEP score 66. Muhammad Jufri, S.Kom., dengan IPK 3.49 dan UTEP score 68. Deri Lisanto, S.Kom., dengan IPK 3.51 dan TOEIC score 640. Yudi Arianto Manurung, S.Kom., dengan IPK 3.00 dan TOEIC score 725. Gautama Wijaya, S.Kom., dengan IPK 3.46 dan UTEP score 66. Rido Alhafiz, S.Kom., dengan IPK 2.99 dan TOEIC score 600. Ivant Alsano, S.Kom., dengan IPK 3.03 dan UTEP score 66. Indah Pratiwi, S.Kom., dengan IPK 3.50 dan UTEP score 66. Willem Iskandar, S.Kom., dengan IPK 3.48 dan UTEP score 66. Antoni Lim S.Kom., dengan IPK 3.02 dan TOEIC score 500. Heriyanto, S.Kom., dengan IPK 3.14 dan TOEIC score 550. Rockerst, S.Kom., dengan IPK 3.12 dan TOEIC score 615. Pinky Miliasari S.Kom., dengan IPK 3.14 dan UTEP score 66. Bobby Afri Setiawan, S.Kom., dengan IPK 3.11 dan TOEIC score 625. Irvan Kurniawan, S.Kom., dengan IPK 3.35 dan UTEP score 66. (Multimatics/Humas UIB)