Language :

PELEPASAN PESERTA SHORT TERM INTERNATIONAL PROGRAM IN TAIWAN



PELEPASAN PESERTA SHORT TERM INTERNATIONAL PROGRAM IN TAIWAN

Senin,(11/12/2017) Universitas Internasional Batam (UIB) melepas peserta Short Term International Program in Taiwan. Kegiatan ini diikuti oleh 24 peserta yang terdiri dari 20 mahasiswa dan empat siswa sekolah menengah. Peserta mahasiswa berasal dari UIB sendiri, Universitas Podomoro, Jakarta, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, STIKES Fort De Kock Bukittinggi, dan STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang. Sedangkan peserta dari sekolah menengah berasal dari SMAN 1 Tanjungpinang dan Jakarta.

Kegiatan program internasional mahasiswa ini, akan dilaksanakan dari tanggal 12-28 Desember 2017 di beberapa kampus di Taiwan, seperti Yuan Ze University (YZU), Ming Chi University of Technology (MCUT) dan I-Shou University (ISU). Pada kegiatan ini para peserta akan belajar budaya dan bahasa selama satu hari di YZU, tiga hari di MCUT, dan 13 hari di ISU. Selama di Taiwan peserta akan mengunjungi beberapa kota dari wilayah Utara sampai Selatan, seperti Taipei, New Taipei, Taoyuan, dan Kaohsiung.

Dr. Meiliana selaku Wakil Rektor Bidang Akademik menjelasakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk implementasi kerja sama baik dengan universitas di luar negeri maupun universitas di Indonesia. Para peserta merupakan perwakilan dari beberapa pendidikan tinggi di Indonesia (Universitas Sanata Dharma, Universitas Podomoro, STIKES Fort De Kock, STISIPOL Raja Haji, SMAN 1 Tanjungpinang). Sedangkan mitra penyelenggara kegiatan program jangka pendek merupakan mitra UIB di Taiwan (YZU, MCUT, dan ISU).  Harapannya kerja sama yang sudah dijalin tidak hanya sedekar kerja sama semata melainkan dapat ditingkatkan dan berkesinambungan. Dalam mengiplementasikan program internasional UIB selalu berusaha untuk melibatkan perguruan tinggi mitra di Indonesia.  Dengan demikian antara UIB dan perguruan tinggi-perguruan tinggi mitra dapat maju secara bersama-sama.

Kegiatan pelepasan dihadiri oleh rektorat, para pengelola program studi, dan beberapa orang tua peserta,  pada kesempatan sebelumnya Koordinator Koperti X, Prof. Dr. Herri, MBA berkesempatan memberikan motivasi kepada para peserta khususnya peserta dari UIB. Pada kesempatan tersebut Koodinator Kopertis menyampaikan pentingnya mendapatkan pengalaman internasional terutama bagi mahasiswa sekarang karena mahasiswa sekarang adalah calon-calon pemimpin di masa yang akan datang. Di masa depan persaingan tentu saja sudah semakin mengglobal. Oleh karena itu penting bagi mahasiswa untuk melihat jendela dunia internasional.

Dalam waktu dekat, menurut Tony Wibowo selaku Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) beberapa kegiatan internasional yang sudah masuk dalam kalender universitas antara lain, Training Languge Teacher (TLT) dengan Dong A University, Korea Selatan pada (2/01/ –03/02/2018), UIB Island Camp V pada 5-15 Februari 2018, Colaborative Learning dengan Kanagawa Institute of Technology (KAIT) pada  Maret 2018. Kegiatan-kegiatan ini sebenarnya bisa diikuti oleh dosen atau mahasiswa dari perguruan tinggi mitra UIB.

Untuk kegiatan Short Term International Program di Taiwan sendiri, sebenarnya tidak hanya sekedar belajar budaya dan bahasa, tetapi juga ada unsur wisatanya. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah para peserta akan diajak melakukan tur kampus dari setiap kampus yang akan dikunjungi. Pihak kampus juga akan mempresentasikan keunggulan dari setiap kampus dan tidak ketinggalan peluang mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studi lebih lanjut baik ke jenjang magister maupun doktoral. Pelajaran positif lain dari kegiatan ini adalah menumbuhkan jiwa kepemimpinan dan mempererat persahabatan antar mahasiswa (Humas UIB).

 

 



Comments are closed.