Language :

Program Kolaborasi Bahasa Antara UIB-Korea Selatan-China



Program Kolaborasi Bahasa Antara UIB-Korea Selatan-China

UIB — (09/01/2018) Pada Senin 22 Januari 2018 bertempat di ruang video conference UIB, diselenggarakan seremonial pembukaan program sekaligus orientasi bagi dua delegasi partner UIB dari Korea Selatan dan China. Adapun tujuan dari kedatangan delegasi dari Korea Selatan yaitu untuk pelaksanaan program pembelajaran bahasa Korea bagi mahasiswa UIB yang disebut TLT Program (Teach and Learn Together 2018 Program) yang dilaksanakan oleh Dong-A University Korea Selatan, sedangkan untuk delegasi dari China mengunjungi UIB untuk mengikuti program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA Program) kerjasama antara Overseas Students Communication Association of Yangjiang (OSCAY) dengan UIB.

Pada kegiatan orientasi yang dilaksanakan pada pukul 10:00 – 12:00 WIB tersebut, turut hadir Wakil Rektor III Dr. Hepy Hefri Ariyanto, Ms. Oh Soo Yeon (Koordinator Program TLT), Mr. Su Nian Ju (Vice President OSCAY), Tony Wibowo selaku kepala International Relations Office (IRO-UIB), Toni Ari Wibowo Kepala Prodi S1 Pariwisata, serta Arapa Efendi selaku Kepala UIB Center for Language and Culture (UCLC-UIB).

Pada sambutannya Dr. Hepy menyampaikan ucapan selamat datang kepada kedua delegasi, dan berharap agar program yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan seluruh rombongan yang datang dapat menikmati masa tinggal mereka selama di Batam dengan penuh suka cita. Selain penyampaian sambutan oleh Wakil Rektor III, kegiatan orientasi juga dilaksankan dengan penjelasan mengenai teknis pelaksanaan program, penjabaran mengenai code of conduct UIB dan diakhir sesi para mahasiswa dari China dan Korea diberikan mini training mengenai cara membuat vlog dan pendokumentasian kegiatan di sosial media oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi.

Pada program TLT 2018, delapan orang mahasiswa dari Dong-A University bersama 16 mahasiswa dari UIB akan melaksanakan kelas pembelajaran intensif bahasa korea selama dua minggu sejak tanggal 22 Januari 2018 – 2 Februari 2018. Sedangkan untuk BIPA Program bagi delegasi dari OSCAY akan dilaksanakan pada 22 Januari 2018 – 5 Februari 2018, kegiatan pembelajaran Bahasa dan Kebudayaan Indonesia melibatkan tutor pengajar BIPA dari UIB.

Tidak hanya terpaku pada kegiatan pembelajaran dikelas saja, baik delegasi dari Dong-A maupun OSCAY juga akan melaksanakan beberapa joint activity seperti Indonesian Culture Exhibition, Community Services, Cooking Class, School Visit, dan Local Tourism Sites Visit selama kunjungannya di UIB. Harapan kedepannya kolaborasi program antar universitas dan instansi dari partner-partner UIB di luar negeri akan terus berkembang dan memberikan dampak positif untuk kedua belah pihak terutama untuk kemajuan pendidikan para mahasiswa di Batam. (iro)