Language :

Seminar Guru BK SLTA “Kebutuhan Karir Siswa di Masa Depan”



Seminar Guru BK SLTA “Kebutuhan Karir Siswa di Masa Depan”
IMG_5738

Dr. Hepy H Ariyanto (Wakil Rektor 3 UIB) Memberikan Materi

Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) merupakan institusi pendidikan yang menjadi gerbang bagi siswa dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan di dunia kerja. Sehingga sekolah memiliki peran strategis untuk membantu peserta didik dalam mempersiapkan diri baik dari kemampuan akademis maupun  mental. Guru Bimbingan Konseling (BK) merupakan salah satu guru yang memiliki peran khusus untuk membantu peserta didik dalam menghadapi tantangan ini. Bermula dari mencari tahu minat dan bakat  peserta didik, story kemampuan yang dimiliki hingga memberikan saran mengenai peluang yang ada saat ini.

Untuk mempermudah proses ini semua maka Universitas Internasional Batam (UIB) mencoba untuk memberikan pengetahuan terbaru mengenai peluang karir dimasa depan melalui sebuah seminar bagi Guru BK SLTA dengan judul “Kebutuhan Karir Siswa di Masa Depan”. Seminar yang dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2017 bertempat di Aula B UIB Lantai 1 ini di ikuti oleh Guru BK dan juga Kepala Sekolah dari berbagai daerah seperti Padang, erectile Bangka, Palembang, Selatpanjang, Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, Lampung, Pontianak dan Singkawang.

Dr. Handoko Karjantoro, CPA (Rektor UIB) berfoto bersama Kepala Sekolah SLTA Karimun selepas penandatangan Nota Kesepahaman

Dr. Handoko Karjantoro, CPA (Rektor UIB) berfoto bersama Kepala Sekolah SLTA Karimun selepas penandatangan Nota Kesepahaman

Pemateri yang mengisi seminar ini merupakan akademisi yang ahli dibidangnya seperti Ibu Rina Shahriyani Syahrullah, MCL., PhD selaku Kepala Program Studi (Kaprodi) Magister Ilmu Hukum UIB yang membawakan materi mengenai perbedaan generasi peserta didik. Pada materi ini ibu Rina berbagi pengetahuan melalui bagaimana cara menghadapi peserta didik masa kini baik dalam mengajar maupun bergaul dengan mereka untuk menggali potensi yang mereka miliki. Selain ibu Rina, pemateri ke 2 langsung dibawakan oleh Wakil Rektor 3 (WR 3) UIB bapak Dr. Hepy Hefri Ariyanto. Materi yang dibawakan oleh bapak Hepy merupakan kelanjutan dari materi yang dibawa sebelumnya, yaitu mengenai cara memanfaatkan dan mengarahkan potensi diri peserta didik yang sesuai dengan generasi nya masing – masing. Pak Hepy membawa materi ini dengan contoh – contoh nyata seperti yang terjadi saat ini. Setelah menggali dan mencari tahu potensi dan cara pemanfaatan nya maka materi ke 3 yaitu mengenai peluang kerja saat ini di luar negeri. Materi ini disampaikan langsung oleh Ibu Dr. Agustina Fitrianingrum yang merupakan salah satu dosen UIB yang mengangani mahasiswa asing dari luar negeri.

Selain seminar mengenai karir masa depan, juga dilaksanakan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan sekolah – sekolah mitra yang hadir. Tujuan dari MoU ini adalah untuk memperkuat hubungan silahturahmi UIB dengan mitra dalam rangka melaksanakan program Tridarma Perguruan Tinggi. “Kegiatan ini sangat menarik untuk dilakukan secara berkala, mengingat perkembangan zaman yang semakin cepat” ujar salah satu peserta seminar yang tidak ingin disebutkan namanya. (@robbyrkn)