Language :

Seminar Hasil Penelitian “Hibah KEMENRISTEKDIKTI 2017”



Seminar Hasil Penelitian “Hibah KEMENRISTEKDIKTI 2017”

(UIB-Batam)– Kegiatan Seminar Hasil Penelitian “Hibah Kemenristekdikti 2017” dilaksanakan   pada tanggal (14/12/2017). Peserta dalam kegiatan Seminar Hasil ini adalah para dosen dari PTS di Batam yang mendapatkan Hibah dari Kemenristekdikti untuk tahun pelaksanaan 2017. Jumlah peserta dari Universitas Internasional Batam adalah sebanyak 8 (delapan) orang, 5 (lima) orang dari STIKes Mitra Bunda Persada, 9 (sembilan) orang dari Universitas Riau Kepulauan, 11 (sebelas) orang dari Universitas Batam dan panitia internal dari Universitas Internasional sebanyak 3 (tiga) orang, sehingga total berjumlah 36 orang.

Acara Seminar Hasil Penelitian ini terbagi dalam 2 ruangan, ruangan pertama bertempat di Aula B lantai 3 Universitas Internasional Batam dengan Dr. Meiliana dan Dr. Teddy Jurnali bertindak sebagai reviewer, sedangkan ruangan ke-2 bertempat di Ruang B309 dengan Dr. Sabariman dan Rina S. Shahrullah, SH., MCL., Ph.D yang bertindak sebagai reviewer.

Dalam pelaksanaanya, Seminar Hasil dibagi ke dalam 2 (dua) bagian, yaitu pada bagian pertama dosen diminta untuk mempresentasikan secara singkat mengenai judul penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, serta output (luaran) penelitian yang dapat berupa prosiding seminar berISBN, artikel jurnal berISSN maupun bahan ajar. Pada bagian pertama ini, reviewer akan melakukan pengecekan serta penilaian tentang kelengkapan data dari para peserta. Selanjutnya pada bagian kedua, para peserta diminta untuk menunjukkan poster yang sudah mereka cetak yang memaparkan secara singkat mengenai penelitian mereka masing-masing. Di bagian ini, reviewer memberikan penilaian terhadap poster tersebut dari berbagai aspek, antara lain yaitu komposisi warna, kejelasan keterangan, tata letak, kesesuaian penggunaan grafik, dll.

Sebagai penutup, para reviewer menyampaikan beberapa kiat khusus dalam melakukan penelitian dan menitikberatkan pada output (keluaran) yang ada harus sesuai dengan kontrak penelitian serta para reviewer juga menyampaikan arti penting kehadiran Ketua Kelompok Penelitian dalam Seminar Hasil. Selanjutnya, para reviewer berharap agara dosen-dosen yang berada di Batam dapat meningkatkan penelitiannya, baik secara kuantitas maupun kualitas sebagai salah satu upaya dalam membangun daya saing antara para dosen secara khusus di wilayah Kepulauan Riau dan Indonesia secara umumnya.

 



Comments are closed.