Language :

TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS CALON WISUDAWAN



TES KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS CALON WISUDAWAN

(TOEIC WISUDAWAN, TOEFL PREDICTION, DAN  U-TEP)

 

Melalui pengumuman ini kami sampaikan bahwa berdasarkan Pasal 2 Peraturan Rektor No: 020/REK/KEP-UIB/IV/2017tentang ”Standar Kompetensi Keterampilan Lulusan Program Diploma dan Sarjana UIB” bahwa Lulusan pendidikan program diploma dan sarjana wajib memenuhi standar kompetensi lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan (baik keterampilan umum maupun keterampilan khusus) yang dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran sebagaimana yang digariskan dalam KKNI program diploma dan SN DIKTI serta sesuai dengan karakteristik rumpun ilmu program studi. Adapun Keterampilan umum sebagaimana yang dimaksud pada Pasal 3 ayat (2) adalah keterampilan dalam menggunakan Bahasa Inggris yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan program diploma dan sarjana ditunjukkan dengan skor Bahasa Inggris (sesuai dengan passing grade yang telah ditentukan).

Pasal 6 menyatakan bahwa pemenuhan keterampilan umum dan khusus merupakan persyaratan untuk mengikuti wisuda dan mendapatkan ijazah. Ketentuan untuk mengikuti tes kemampuan Bahasa Inggris ini berlaku untuk seluruh calon wisudawan (diploma, sarjana dan magister) yang akan wisuda di bulan November tahun 2017.

Seluruh mahasiswa yang namanya tercantum pada lampiran ini, dimohon untuk melihat dengan seksama jadwal tes kemampuan Bahasa Inggris Calon Wisudawan November 2017; jenis tes yang diikuti, ruangan, serta waktu tes.

UCLC mengumumkan beberapa hal terkait dengan program pengayaan (enrichment) di bawah ini:

  1. Tes akan dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 14 Oktober 2017 dari pukul 08.00-10.30 (sesi 1) dan 11.00-13.30 (sesi 2) Mohon untuk melihat kembali waktu, ruangan, serta jenis tes.
  2. Mahasiswa wajib untuk tiba di tempat ujian 30 menit sebelum tes berlangsung, mahasiswa yang terlambat tidak diperkenankan untuk mengikuti tes.
  3. Peserta tes wajib membawa perlengkapan berikut:
    1. Pensil2B
    2. Eraser
    3. Pen
    4. Kartu mahasiswa (S1)- (S2) KTP/Sim
  4. Jika mahasiswa/calon wisudawan berada di luar Batam atau dalam hal tidak dapat mengikuti pogram pengayaan di atas, maka dapat melakukannya di lembaga mana pun dan mengirimkan ke info@uib.ac.id skor slip hasil ujian Bahasa Inggris (TOEIC 605 atau setara TOEFL ITP 475) yang diterbitkan oleh lembaga sertifikasi resmi (bukan institusional).

Demikian pengumuman ini disampaikan dan mohon ditindaklanjuti agar memperoleh hasil maksimal. Jika ada pertanyaan, silakan menghubungi:

UCLC di uclc.info@uib.ac.id atau

CP: WA +62 899 0044 017 (Ms. Nancy)

 

Ttd k.a UCLC

Batam, 06 Oktober 2017

 

Arapa Efendi

Kepala UCLC