Language :

UIB Resmi Teken MoU dengan PLTI dalam Penyelenggaraan Ujian TOEP dan TKDA



UIB Resmi Teken MoU dengan PLTI dalam Penyelenggaraan Ujian TOEP dan TKDA

(13/08-UIB) Batam-Dosen di Kepuluauan Riau mulai 19 Agustus 2017 tidak perlu lagi terbang ke Pekanbaru, Padang, Medan atau Jawa untuk mengikuti tes TOEP dan TKDA sebagai syarat Sertifikasi Dosen (Serdos). Pada hari Minggu, tanggal 13 Agustus 2017, UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM (UIB) telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama dengan PT. PUSAT LAYANAN TES INDONESIA (PLTI) untuk kerja sama penyelenggaraan TOEP (Test of English Proficiency) dan TKDA (Tes Kompetensi Dasar Akademik) secara daring (online/computer-based exam).

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Utama PLTI, yakni Yosa Abduh Alzuhdy, S.S., M.Hum dengan Rektor Universitas Internasional Batam, Prof. Dr Handoko Karjantoro, CPA. di Kampus UIB. Penandatanganan MoU disaksikan oleh Koordinator Kopertis X (Prof. Dr. Herri, SE., MBA.), Manager IT PLTI (Abdillah Wicaksana Mtr), beserta Wakil Rektor I dan Wakil Rektor III UIB. Penandatanganan MoU setelah dilakukan visitasi untuk penilaian terhadap sarana-prasarana penunjang tes di UIB seperti: kelayakan ruang ujian, spesifikasi komputer, server, instalasi jaringan, kapasitas intranet dan internet, keberadaan UPS dan genset. Selain itu, faktor yang paling penting adalah komitmen Pimpinan dan Panitia Penyelenggara untuk menjamin ketersediaan SDM yang handal dan profesional untuk penyelenggaraan tes TOEP dan TKDA di UIB. Manajemen PLTI juga melakukan pemasangan perangkat lunak (install software) yang diperlukan untuk tes. Setelah itu juga dilakukan pengecekan dan simulasi penyelenggaraan tes yang dilakukan secara langsung oleh Pihak PLTI terhadap 9 calon peserta ujian.

Kerja sama yang disepakati akan berlangsung untuk jangka waktu 5 tahun ke depan. Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan penyelenggaraan tes TOEP dan TKDA bagi masyarakat yang membutuhkan. Kerja sama ini juga untuk peningkatan kapasitas kelembagaan kedua belah pihak dengan saling belajar satu sama lain. Seperti dipesakan oleh Koordinator Kopertis Wilayah X, Prof. Dr. Herri, SE., MBA., UIB diharapkan terus berperan aktif dalam peningkatan kualitas SDM melalui penyediaan layanan pendidikan yang bermutu untuk masyarakat sekitar. Dengan MoU ini, maka semakin lengkap layanan UIB sebagai test center untuk sertifikasi kompetensi di Kepulauan Riau. Penyelenggaraan tes TOEP dan TKDA secara daring menambah portfolio UIB Test Center seperti TOEFL IbT dan ITP (bahasa Inggris), HSK paper and internet-based (bahasa Mandarin), IAPI test center untuk sertifikasi Akuntan Publik dan ACCA computer-based exam center (sertifikasi internasional untuk bidang Akuntansi).

Dengan resminya UIB sebagai PLT (Pusat Layanan Tes) ke-72 di Indonesia, sesuai Surat Edaran dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 265/D2.1/ KP/2017, tertanggal 6 Juni 2017 tentang Jadwal Serdos Tahap II Tahun 2017, maka Calon Peserta tes TOEP dan TKDA di PLT-UIB dapat segera melakukan pendaftaran dan pembayaran sampai dengan tanggal 22 Agustus 2017. PLT-UIB akan menyelenggarakan pelaksanaan tes TOEP dan TKDA pada tanggal 19-24 Agustus 2017. Tes pada periode ini dapat diikuti oleh darikalangan umum seperti Peserta Serdos, Pengusul NIDN, Pengajuan beasiswa dan informasi pribadi untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris dan kemampuan akademik. Tata cara pendaftaran dan pembayaran dapat dilihat pada laman plti dengan alamat berikut ini: https://plti.co.id/panduan/peserta. Untuk informasi lebih lanjut tentang ujian di PLT-UIB dapat dilihat pada www.uib.ac.id atau menghubungi Humas UIB di nomor 0778-7437111 ext. 100-103 atau Panitia Penyelenggara tes TOEP & TKDA di UIB (Sdri. Eli) di 0778-7437111 ext. 130-131 (HP/WA 0812-77637886), email: plti@uib.ac.id.