Bahasa :

Academic Development Center


Latar Belakang

Dalam upaya mengadapi masa mendatang yang penuh dengan persaingan yang semakin ketat, setiap perguruan tinggi dituntut untuk meningkatkan mutu lulusannya agar siap dan dapat berpartisipasi dalam pembangunan dan pasar global. Untuk menjawab tantangan tersebut, Universitas Internasional Batam (UIB) membentuk suatu unit yang disebut dengan Academic Development Center (ADC) atau Pusat Pengembangan Akademik. ADC didirikan pada 2 Januari 2006 oleh Pembantu Rektor I UIB. Pembentukan ADC merupakan implementasi kesadaran UIB atas pentingnya peningkatan kualitas akademik tenaga pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran serta penjaminan mutu proses pembelajaran agar tercipta lulusan yang siap pakai, berkompetensi dalam bidangnya dan mempunyai sikap mental yang baik.

 

Visi

Menjadikan ADC sebagai pusat peningkatan serta pengembangan kompetensi akademik yang komprehensif demi terciptanya pendidik yang mampu menghadapi tantangan dalam perkembangan pendidikan nasional maupun internasional.

 

(To make ADC as a center for the improvement and development of comprehensive academic to produce educators who are capable of responding challenges in the development of national and international education)

 

Misi

  • Menyediakan layanan informasi terkini serta layanan konsultasi yang efektif dan efisien yang berhubungan dengan peningkatan dan pengembangan akademik.

(To provide updated information services as well as effective and efficient consultations for the academic improvement and development).

  • Meningkatkan kompetensi, keahlian dan professionalitas tenaga pendidik UIB dalam bidang akademik agar menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkarakter baik.

(To improve competencies, skills and professionality of UIB educators in the academic field in order to produce competent graduates with good characters).

  • Memotivasi tenaga pendidik UIB agar selalu memberikan pengetahuan dan keahliannya kepada komunitas akademik dan bangsa Indonesia melalui penelitian dan pengabdian masyarakat.

(To motivate UIB educator to continuously give their knowledge and skills to academic community and Indonesia through research and social services)

  • Membangkitkan semangat tenaga pendidik UIB agar berpartisipasi aktif dalam memberikan saran dan pendapat bagi peningkatan dan pengembangan pendidikan lokal, nasional dan internasional melalui penulisan akademik dan populer.

(To encourage UIB educators to actively participate in giving suggestions and opinions for the improvement and development of local, national, and international education through academic and popular writings)

 

Tujuan

Agar tenaga pendidik UIB:

  • Memperoleh layanan informasi terkini serta layanan konsultasi yang efektif dan efisien yang berhubungan dengan peningkatan dan pengembangan akademik.
  • Memiliki kompetensi, keahlian dan kualitas professional yang optimal dalam bidang akademik.
  • Berkontribusi dan menerapkan keilmuan dan keahlian kepada komunitas akademik dan bangsa Indonesia melalui penelitian dan pengabdian masyarakat.
  • Termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan saran dan pendapat bagi peningkatan dan pengembangan pendidikan lokal, nasional dan internasional melalui penulisan akademik dan populer.
  • Menghasilkan lulusan yang berkompeten, bermoral dan beretika.

 

Sasaran

  • 80% tenaga pendidik UIB dapat memperoleh layanan informasi terkini serta layanan konsultasi yang efektif dan efisien yang berhubungan dengan peningkatan dan pengembangan akademik.
  • 80% tenaga pendidik UIB memiliki kompetensi, keahlian dan kualitas professional yang optimal dalam bidang akademik.
  • 80% tenaga pendidik UIB berkontribusi dan menerapkan keilmuan dan keahlian kepada komunitas akademik dan bangsa Indonesia melalui penelitian dan pengabdian masyarakat.
  • 60% tenaga pendidik UIB berpartisipasi aktif dalam memberikan saran dan pendapat bagi peningkatan dan pengembangan pendidikan lokal, nasional dan internasional melalui penulisan akademik dan populer.
  • 100% tenaga pendidik UIB mampu menghasilkan lulusan yang berkompeten, bermoral dan beretika.

 

Garis-Garis Besar Program

Program Pengembangan Kualitas Dosen Di Bidang Pengajaran

  • Pelatihan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Spesifikasi Prodi.
  • Pelatihan Pembuatan Silabus dan SAP KBK.
  • Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI).
  • Pelatihan Applied Approach (AA).
  • Seminar dan pelatihan peningkatan proses pembelajaran (Class Management).
  • Pelatihan pembuatan modul dan bahan ajar.
  • Pelatihan tenaga pendidik baru (Micro Teaching).
  • Pelatihan e-learning bekerjasama dengan IT Center.
  • Pelatihan Bahasa Inggris bekerjasama dengan ULC.
  • Pelatihan penggunaan E-Journal bekerjasama dengan Perpustakaan UIB.

 

 

Program Pengembangan Kualitas Dosen Di Bidang Penelitian

  • Pelatihan pembuatan proposal penelitian bekerjasama dengan LPPM.
  • Pelatihan presentasi proposal penelitian.
  • Pelatihan metode penelitian.
  • Pelatihan penulisan akademik (Skripsi, Tesis, Disertasi, Jurnal).
  • Pelatihan penulisan karya tulis populer (artikel koran, majalah, dll).
  • Pelatihan publikasi jurnal bekerjasama dengan program studi terkait di UIB.
  • Pelatihan metode diseminasi hasil penelitian.

 

Program Pengembangan Kualitas Dosen Di Bidang Pengabdian Masyarakat

  • Pelatihan pembuatan proposal abdimas bekerjasama dengan LPPM.
  • Pelatihan presentasi proposal abdimas.
  • Pelatihan metode pelaksanaan abdimas.

Program Peningkatan Profesionalisme Dosen

  • Pelatihan budaya UIB (visi, misi, core values,dll).
  • Pelatihan JJA.
  • Pelatihan Pembimbing Akademik
  • Pelatihan Sertifikasi Dosen.
  • Pelatihan soft skill.
  • Pelatihan kepemimpinan.
  • Pelatihan Character Building.
  • Pelatihan manajemen akademik.
  • Lecturer Gathering.
  • Administrasi studi lanjut dosen.
    • Membantu penyusunan hasil kegiatan (output).
    • Membantu pembuatan artikel/berita tentang pelaksanaan kegiatan (terkait format).
    • Membantu administrasi publikasi kegiatan melalui website UIB dan/atau media lainnya.
    • Berkoordinasi dan membantu Training Staff dalam pelaksanaan kegiatan.
    • Membuat Performance Evaluation (PE) for Publication Staff.
    • Membantu menyusun isi brosur publikasi kegiatan training ADC untuk pihak luar.
    • Membantu mencari informasi beasiswa studi lanjut dan fellowships.
    • Membantu administrasi international advisor.Job Description 

      Head

      • Mengembangkan program kerja ADC.
      • Mereview dan finalisasi program kerja dan anggaran tahunan ADC.
      • Mereview dan finalisasi laporan tahunan ADC dan melaporkan ke WR I.
      • Memonitor dan mengevaluasi pencapaian KPI ADC.
      • Menetapkan dan mengevaluasi KPI Vice Head, Coordinators, International Advisor dan
      • Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan.
      • Memfinalisasi proposal dan LPJ kegiatan.
      • Memfinalisasi keluaran (output) kegiatan.
      • Mengembangkan kerjasama dengan pihak luar dalam bidang akademik.
      • Mereview dan finalisasi MOU kerjasama.
      • Mereview dan finalisasi kontrak studi lanjut dosen.

       

      Vice Head

      • Membuat program kerja dan anggaran tahunan ADC.
      • Memonitor dan mengevaluasi KPI Coordinators dan International Advisor .
      • Menyusun laporan pelaksanaan KPI Coordinators, International Advisor dan
      • Membuat Performance Evaluation (PE) for Vice Head.
      • Mereview proposal kegiatan.
      • Memonitor pelaksanaan kegiatan.
      • Mereview keluaran (ouput)
      • Menyusun MOU kerjasama dengan pihak luar akademik.
      • Menyusun kontrak studi lanjut dosen.

       

      International Advisor

      • Melakukan link dengan Perguruan Tinggi (PT) dan/atau industry di luar negeri.
      • Mendatangkan dosen tamu dan/atau pembicara dari luar negeri.
      • Mengusulkan dan merealisasikan kerjasama pertukaran dosen UIB dan PT luar negeri.
      • Mengorganisir seminar atau konferensi internasional di UIB bekerjasama dengan Prodi dan biro terkait.
      • Mengusulkan publikasi karya ilmiah dosen UIB melalui jurnal atau media di luar negeri.
      • Menghimpun bantuan dana dan/atau buku, jurnal, dan bahan akademik lainnya dari luar negeri.

       

      Training Coordinator

      • Mengusulkan kegiatan dan anggaran untuk proja tahunan ADC terkait
      • Menyusun proposal kegiatan.
      • Memastikan terselenggaranya kegiatan.
      • Menyusun laporan kegiatan (LPJ).
      • Menghubungi calon nara sumber dan peserta.
      • Membuat Performance Evaluation (PE) for Training Coordinator.
      • Memonitor dan mengevaluasi KPI Training staff.
      • Mencari peluang untuk melakukan training bagi pihak luar.

       

      Publication Coordinator

      • Mengusulkan kegiatan dan anggaran untuk proja tahunan ADC terkait publikasi.
      • Menyusun hasil kegiatan (output) dalam bentuk buku saku, pedoman dan/atau artikel.
      • Mempublikasi hasil kegiatan (output) bekerjasama dengan LPPM terkait ISSN atau ISBN.
      • Membuat artikel/berita tentang pelaksanaan kegiatan (terkait konten).
      • Publikasi kegiatan melalui website UIB dan/atau media lainnya.
      • Membuat Performance Evaluation (PE) for Publication Coordinator.
      • Memonitor dan mengevaluasi KPI Publication staff.
      • Publikasi kegiatan training yang ditawarkan ADC bagi pihak luar.
      • Publikasi info beasiswa studi lanjut dan fellowships.

       

      Training Staff

      • Membantu penyusunan proposal kegiatan.
      • Menyusun kelengkapan administrasi penyelenggaraan kegiatan.
      • Membantu pelaksanaan kegiatan.
      • Membantu penyusunan laporan kegiatan (LPJ).
      • Membuat Performance Evaluation (PE) for Training Staff.
      • Membantu menghubungi pihak luar untuk menawarkan training yang diselenggarakan ADC
      • Membantu administrasi international advisor.

       

      Publication Staff

    Key Performance Indicator (KPI) Berdasarkan UIB Core Value