Bahasa :

ARTIKEL KEGIATAN EMPHATY WEEK PROJECT 2018 SOCIOPRENEUR ID x ELEX MEDIA 27 OKTOBER-02 NOVEMBER 2018



Emphaty Week Project 2018, serangkaian kegiatan yang diinisasi oleh Sociopreneur ID bertujuan untuk mengasah kreativitas dan inovasi serta mendorong pertumbuhan social entrepreneurship melalui pendekatan hoistik. Empati menjadi inti dari seluruh program. Emphaty Project ini terdiri dari AHAI (Anak Hebat Anak Indonesia) untuk anak SD, Bcreator (Be a Creative Innovator) untuk anak SMP, BYTe (Bootcamp for Young Technopreneur) untuk anak SMA dan mahasiswa dan peluncuran Micro-Library di empat titik di Desa Sembulang. Rangkaian kegiatan ini diadakan di Kota Batam mulai dari tanggal 27 Oktober hingga 2 November 2018. Kegiatan ini didukung oleh Elex Media, Universitas Internasional Batam, dan kelurahan Desa Sembulang Kota Batam dalam pelaksanaannya.

AHAI (Anak Hebat Anak Indonesia), dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2018. Bersama 83 anak dari 3 SD di Desa Sembualang (SD 001, SD 006, SD Ignatius) dan 20 volunteer dari mahasiswa/i Universitas Internasional Batam mengikuti acara Anak Hebat Anak Indonesia. Mereka bermain dengan berbagai permainan yang menyenangkan untuk mendorong kreativitas. Permainan Bintang Impian, Chocopops, Tarian Jari-Jari, dam Menjaga Bumi mendorong anak-anak untuk berani bermimpi, berani mencoba, dan berani untuk gagal.

Pada hari yang sama, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan Bcreator (Be a Creative Innovator) yang dilaksanakan bersama 132 anak SMP 18 Desa Sembulang. Melalui metode pembelajaran Experiental Learning, beberapa permainan seperti Who I Am, Look Around You, Let’s Think Creatively, dan I Made It mendorong mereka untuk mengenal potensi diri, melatih memetakan potensi sumber daya di lingkungan sekitar, memecahkan masalah dengan berpikir kreatif, menumbuhkan jiwa inovator pada anak untuk pemecahan suatu masalah.

Launching Micro-Library di Desa Sembulang Kota Batam, dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2018. Sociopreneur ID bekerja sama dengan kelurahan Desa Sembulang, Univerisitas Internasional Batam dan Elex Media meluncurkan Micro-Library di 4 (empat) titik di Desa Sembulang yaitu di Kantor Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang, Kecamatan Tanjung Banun, Sungai Buluh dan Kuala Buluh. Pada peluncuran ini warga menyambut dengan antusias dengan buku-buku yang disediakan dan kedepannya warga dapat meminjam berbagai jenis buku yang disediakan.

Senin, 29 Oktober 2018, berlokasi di Aula B Lt 2 Universitas Internasional Batam, diselenggarakan sharing yang dibawakan oleh Ibu Dessy Aliandrina, Ph.D (Founder Sociopreneur ID) selama mengikuti 7th UNESCO APEID Meeting 2018 dengan memberikan update terbaru praktik entrepeneurship di negara lain. Sharing ini diselenggarakan dalam Social Entrepreneurship Sharing Session (Three-S) yang merupakan serangkaian acara dari Emphaty Week Project 2018. Sharing ini diikuti oleh guru SMA/K dan dosen yang ada di Kota Batam.

BYTe (Boocamp for Young Technopreneur) merupakan program bootcamp selama dua hari empat hari tiga malam yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan berinovasi agar dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di sekililing. Mengembangkan, mempromosikan dan memelihara semangat kreativitas, inovasi dan kewirausaahan untuk melatih dan menghasilkan wirausahawan muda demi terciptanya usaha bisnis berkelanjutan merupakan tujuan dari BYTe 2018. BYTe dilaksanakan mulai dari 30 Oktober hingga 2 November 2018 di Desa Sembulang Kota Batam. 30 peserta yang berhasil terpilih dari seluruh Indonesia memperoleh beasiswa yang mencakup biaya pelatihan, transportasi lokal, akomodasi, konsumsi dan berbagai perlengkapan bootcamp. 30 peserta terpilih berasal dari seluruh penjuru Indonesia yaitu Semarang, Yogyakarta, Malang, Batam, Surabaya, Jambi, Medan, Padang, NTB, dsb.

Rangkaian dari kegiatan Emphaty Week Project 2018 berjalan dengan sangat baik dan sesuai rencana serta harapan dari seluruh pihak. Menjadi kegiatan yang inovatif dan mendorong kreativitas membuat Emphaty Week Project 2018 didukung oleh banyak pihak dan menjadi program berkelanjutan setiap tahunnya.

 

Credit by : nn
Sumber   : @sociopreneur.id



Comments are closed.