Bahasa :

ARTIKEL KEGIATAN TRAINING FOR TRAINER (TOT) 06-08 SEPTEMBER 2018



Universitas Internasional Batam menyelenggarakan pembekalan serta pelatihan kepada lebih kurang 50 dosen LED Universitas Internasional Batam. Kegiatan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari bersama Sociopreneur ID, yang dipandu oleh Ibu Dessy Aliandrina, Ph.D (Founder Sociopreneur ID) dan Bapak Heru Wijayanto, MM., MBA., M.MT (Co-Founder Sociopreneur ID), para dosen Universitas Internasional Batam melaksanakan rangkaian acara yang dilaksanakan di Universitas Internasional Batam dan Desa Sembulang Kota Batam.

Hari pertama, dosen-dosen LED diberikan pengarahan, penyampaian dan pembekalan materi oleh Ibu Dessy dan Bapak Heru mengenai Contextual Teaching & Learning yang harus dimiliki setiap dosen pengampu mata kuliah LED.

Dilanjutkan dengan hari kedua, di Desa Sembulang, para dosen diminta untuk terjun langsung ke lapangan untuk melakukan observasi terhadap masalah sosial yang ada di Desa Sembulang, apa  saja masalahnya dan bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasinya. Di sini, kemampuan analisis secara kritis dari setiap dosen diuji.

Setelah melewati rangkaian acara hari kedua, para dosen mendiskusikan hasil observasi lalu membuat laporan presentasi. Di hari ketiga, setiap dosen diberi kesempatan untuk menyampaikan ide inovasi dan tepat guna kepada para hadirin dengan mempresentasikannya secara bergilir.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan metode pembelajaran kepada dosen LED untuk lebih berfokus pada kerja praktek lapangan dan mendorong mahasiswa/i untuk berpikir lebih kritis dalam menganalisa masalah sosial yang ada di sekitarnya. Ide inovasi mahasiswa/i akan berkembang dengan baik jika didorong oleh motivasi dan arahan yang baik dari dosen pengampunya. Oleh karena itu, kegiatan pelatihan ini sangat tepat untuk diselenggarakan sebagai upaya penanggulangan sumber daya manusia agarlebih baik dan bermanfaat kepada sesama.

Credit by : nn



Comments are closed.