Bahasa :

ASESMEN LAPANGAN AKREDITASI PERGURUAN TINGGI UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM



Universitas Internasional Batam (UIB) adalah universitas yang berdiri pada tahun 2000. UIB memiliki komitmen yang tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam hal menjamin adanya mutu pendidikan yang baik, maka terdapat Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di UIB yang diberikan nama Quality Assurance Center (QAC). Salah satu hal/indikator dalam menilai sistem penjaminan mutu internal yang telah berjalan di UIB, maka perlu adanya audit eksternal dari pihak luar yaitu BAN PT melalui akreditasi perguruan tinggi.

UIB sudah melaksanakan serangkaian persiapan dalam menghadapi visitasi/asesmen lapangan akreditasi perguruan tinggi. Pada tanggal 28 Februari hingga 2 Maret 2019 dilaksanakan proses asesmen lapangan oleh 3 (tiga) asesor BAN PT yaitu Prof. Dr. Ir. Agus Buono, M.Si., M.Kom (Institut Pertanian Bogor), Dr. Ngadiso, M.Pd (Universitas Sebelas Maret) dan Prof. Dr. Syahnur Said, S.E., M.S. (Universitas Muslim Indonesia).

Asesmen lapangan akreditasi perguruan tinggi ini dihadiri oleh seluruh sivitas akademika UIB yaitu dari Yayasan, Rektorat, Dekanat, Kepala Program Studi, Kepala Biro, Kepala UPT, Dosen, Alumni dari semua program studi serta pengguna lulusan/mitra dari semua program studi. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula B Lantai 2 Universitas Internasional Batam yang dimulai terlebih dahulu dengan pembukaan dari Universitas Internasional Batam dan pembukaan dari pihak asesor yang diwakilkan oleh Prof  Agus Buono. Prof Agus Buono mengatakan bahwa

“kami datang tidak membawa bakcground universitas asal kami, tidak juga dalam rangka membandingkan dengan universitas kami. Namun kami hadir disini sebagai asesor yang ditugaskan oleh BAN PT. Tujuan dari visitasi ini adalah untuk memberikan input dalam pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan yang sudah berjalan di UIB ini.”

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan presentasi dari rektor yaitu Prof. Handoko Karjantoro dan kemudian dilanjutkan dengan pengecekan dokumen. Selanjutnya asesor melaksanakan tinjauan sarana prasarana, wawancara dosen, mahasiswa, alumni dan pengguna lulusan.

Pada sesi penutupan, tim asesor BAN PT menyampaikan beberapa masukan dan rekomendasi untuk peningkatan mutu pendidikan di perguruan tinggi UniversitasInternasional Batam. Kemudian, Prof. Handoko Karjantoro juga tidak lupa untuk mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu dalam mensukseskan asesmen lapangan perguruan tinggi Universitas Internasional Batam dan kepada tim asesor BAN PT yang sudah banyak menerikan rekomendasi dan masukan yang membangun dalam pemanjuan mutu pendidikan dan peningkatan sistem penjaminan mutu internal Universitas Internasional Batam.



Comments are closed.