Bahasa :

Dosen Universitas Internasional Batam Mengikuti Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) Versi 4.0 Oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X



Akreditasi merupakan hal yang penting bagi sebuah perguruan tinggi karena akreditasi merupakan penentuan standar mutu dan penilaian suatu perguruan tinggi oleh pihak di luar lembaga yang independen yaitu oleh BAN PT. Adapun tujuan sebuah akreditasi yaitu untuk memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu dan mendorong perguruan tinggi untuk selalu melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi.

Dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi, maka BAN PT melakukan suatu peningkatan pada tahun ini yaitu dengan mengeluarkan instrumen baru yang dinamakan IAPS 4.0 dalam akreditasi program studi perguruan tinggi. Hal yang membedakan antara instrumen baru dengan instrumen lama adalah pada instrumen baru tersebut sangat menekankan “outcome” dan “output” dari setiap kegiatan Tri Dharma yang dilakukan oleh perguruan tinggi.

Hal ini merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh perguruan tinggi dalam mempersiapkan diri menghadapi instrumen baru yang sudah dikeluarkan oleh BAN PT. Oleh sebab itu, dosen Universitas Internasional Batam berpartisipasi aktif dalam mengikuti kegiatan “Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0” yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X di Kota Batam pada tanggal 27 Mei 2019.

Dosen yang terlibat berasal dari seluruh program studi yang ada di Universitas Internasional Batam yaitu Dr. Oda Ignatius Besar H dan Dame Afrina Sihombing, S.E., M.M dari program studi Pariwisata, Windi Afdal, S.H., M.H. dan Winda Fitri, S.H., M.H. berasal dari program studi Hukum,  Dewi Khornida Marheni, S.E, M.M. berasal dari program studi Manajemen, Stivani Ayuning Surwarian, S.T., M.T. dan Amanda Rosetia, S.Ars.,MLA berasal dari program studi Arsitektur, Nurlaily, S.Pd., M.Pd berasal dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris, dan Muhammad Ardiansyah, S.Kom., M.M berasal dari program studi Sistem Informasi. Hasil dari sosialisasi tersebut akan diterapkan pada program studi masing-masing dalam melakukan persiapan dan pengembangan dalam program studi serta melakukan sosialisasi kembali kepada civitas akademika di Universitas Internasional Batam.



Comments are closed.