Bahasa :

Hasil Kegiatan


Kegiatan Entrepreneurship center diawali ketika Universitas Internasional Batam mendapatkan Hibah Pengembangan Softskill Mahasiswa UIB tahun 2008. Beberapa program yang dilaksanakan melalui dana hibah tersebut membantu pembibitan berbagai program kewirausahaan di UIB. Kegiatan tersebut antara lain pelatihan Training of Trainer (ToT) pengembangan softskill dan kurikulum kewirausahaan, pelatihan pembuatan bahan ajar kewirausahaan berbasis softskill, workshop teknik presentasi, problem solving, self motivation, dan analisis pengajuan kredit di bank untuk mahasiswa senior yang akan menjadi mentor/pendamping program LED.

Kegiatan lain yang terlaksana adalah pemagangan ke UMKM dan kegiatan pelatihan serta pendampingan UMKM oleh dosen dan mahasiswa untuk pengembangan manajemen, penyusunan laporan keuangan, pengemasan produk dan perluasan pasar. Kegiatan pendampingan UMKM ini terus dilaksanakan sampai sekarang melalui program pemagangan mahasiswa baru ke UMKM pada saat Program Pengenalan Kehidupan Kampus (P2K2) dan melalui program Kerja Praktek Mahasiswa untuk seluruh program studi di UIB. Untuk pengembangan jaringan kewirausahaan, program yang dilaksanakan adalah business gathering dengan pihak-pihak antara lain HIPMI, Bank Riau, Telkom Kepri, Kadin Kepri, dan lain-lain. Pada tahun 2009 dibentuk unit khusus dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM UIB) untuk mengelola kegiatan entrepreneur di UIB yaitu Enterpreneurship Center (UIB EC) (SK Rektor Nomor: 002A/REK/KEP-UIB/I/2009).

Tupoksi dari UIB EC adalah membangun sinergi dengan pemerintahan dan institusi terkait untuk mengembangkan softskill mahasiswa, alumni dan dosen UIB serta membina dan mendampingi pengembangan UMKM di Provinsi Kepri sebagai bentuk pengabdian masyarakat. Melalui UIB EC pengembangan kegiatan kewirausahaan di UIB mulai terstruktur dan dilaksanakan secara terinstitusi. Kegiatan pemagangan mahasiswa baru ataupun mahasiswa Kerja Praktek dari semua prodi ke UMKM dikelola terstruktur oleh UIB EC. Melalui kegiatan ini dihasilkan berbagai macam produk seperti sistem pengelolaan keuangan, pembelajaran marketing, website untuk UMKM, company profile ataupun produk teknologi lainnya seperti alat pemeotong pisang dan pelipat baju. Melalui kegiatan ini UIB EC dapat mengembangkan jejaring UMKM binaan dan mengevaluasi data perkembangan UMKM di kota batam setiap tahunnya.

Program UIB EC lainnya adalah penerapan mata kuliah Leadership and Enterpreneur Development (LED) sebagai mata kuliah wajib dalam semua kurikulum program studi di UIB. Melalui program ini dihasilkan wirausaha mahasiswa dengan berbagai variasi produk serta penguatan karakter kewirausahaan bagi mahasiswa. Untuk pengembangan dan pembinaan UMKM di kota Batam, UIB bekerjasama dengan dinas koperasi dan UMKM dan juga mendapatkan pendanaan dari DIKTI melalui berbagai kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dalam keberlanjutannya Entrepreneurship center telah banyak melakukan kegiatan dan bermitra dengan dunia usaha/UMKM. Untuk pendanaan dari hibah dari pemerintah diantaranya:

  1. Ipteks Bagi Kewirausahaan (IbK) tahun 2010-2013, dimana hasil dari program IbK di UIB ini adalah terciptanya kelompok usaha yang dirintis dan dijalankan oleh mahasiswa aktif UIB.
  2. Tahun 2010/2011 terdapat 2 kelompok usaha dengan 8 tenant
  3. Tahun 2011/2012 terdapat 5 kelompok usaha dengan 19 tenant
  4. Tahun 2012/2013 terdapat 9 kelompok usaha dengan 30 tenant.
  5. Hibah PROGRAM BELAJAR BEKERJA TERPADU (PBBT)/Cooperative Academic Education Program (COOP), tahun 2013 yang melibatkan 15 UMKM, 4 dosen dan 15 mahasiswa.
  6. Program Peningkatan Pemerataan Akses Pendidikan serta Peningkatan Mutu dan relevansi Pendidikan Khusus-Pendidikan Layanan Khusus Tahun 2012. Program ini bertujuan memberikan alternatif kewirausahaan bagi siswa SLB di Kepulauan Riau. Kegiatan ini dihadiri oleh guru-guru SLB di Kepulauan Riau.
  7. Hibah PROGRAM BELAJAR BEKERJA TERPADU (PBBT) / Cooperative Academic Education Program (COOP), tahun 2016, yang melibatkan 9 UMKM, 10 mahasiswa dan 10 dosen pendamping.
  8. Hibah PROGRAM BELAJAR BEKERJA TERPADU (PBBT) / Cooperative Academic Education Program (COOP), tahun 2017, yang melibatkan 6 UMKM, 6 mahasiswa dan 5 dosen pendamping.
  9. Berbagai kegiatan penelitian pernah dilakukan yang berkaitan dengan pengembangan kewirausahaan yang dilakukan oleh para dosen diantaranya:
  • Tahun 2014 : Analisis Karakter Mahasiswa Pelaku Wirausaha di Kota Batam (Studi Kasus di Universitas Internasional Batam)
  • Tahun 2014 : Analysis of the Role of the Universities in the Entrepreneurship Character Establishment on the University Student in Batam with the Family Roles as the Intervening Variables
  1. Workshop dan seminar Kewirausahaan serta Entrepreneurship Competition setiap semester senantiasa dilakukan dengan menghadirkan motivator/pakar baik di tingkat lokal maupun nasional.

Demikianlah profil singkat dari Entrepreneurship Center UIB.

Batam, 12 Juli 2017

Ketua Entrepreneurship Center

Wisnu Yuwono, SE., MM

Universitas Internasional Batam

Jl. Gajah Mada, Baloi, Sei Ladi, Batam

Telepon +62-778-7437111, Fax +62-778-7437112,

Cp. 0812-2727-3978

www.uib.ac.id