Bahasa :

FINAL STUDENT COMPANY BATAM 2019 ZEAL X PRESTASI JUNIOR INDONESIA



Batam, 19 Januari 2019.

Mahasiswa/i Universitas Internasional Batam kembali tergabung menjadi tim organizer dalam kegiatan Final Student Company Batam 2019 yang diadakan oleh Prestasi Junior Indonesia, sebuah organisasi yang berfokus dalam pengembangan sumber daya manusia muda dalam bidang entrepeneurship di Indonesia yang berpusat di Kota Jakarta. Mahasiswa/i tersebut tergabung dalam satu tim yang bernama Zeal, sebuah perusahaan startup milik mahasiswa/i Universitas Internasional Batam yang bergerak di bidang edukasi yang berbasis teknologi serta fokus yang mengarah pada ketrampilan kreatif para anak muda sehingga target dari Zeal ini sendiri adalah siswa/i SMA/K serta mahasiswa/i universitas, saat ini berpusat di Kota Batam. Zeal terdiri atas empat mahasiswa/i program studi Manajemen di Universitas Internasional Batam, yaitu Roro Mega Cahyaning ‘Azmi Riyandani sebagai Chief Executive Officer, Ory Dwiputra sebagai Chief Marketing Officer, Kelly sebagai Chief Technology Officer dan Sakillah Ayu Sabillah Haqiqi Ali sebagai Chief Financing Officer.

Prestasi Junior Indonesia menggandeng Zeal sebagai partner utama dalam menjalankan program Student Company di Kota Batam. Student Company sendiri merupakan program resmi dari Prestasi Junior Indonesia yang bertujuan untuk mendukung ketrampilan siswa/i SMA/K di seluruh Indonesia dalam mengenali dan menerjuni dunia entrepreneurship dengan cara menciptakan ide-ide bisnis kreatif pada masing-masing sekolah dan merealisasikannya dengan bimbingan dan arahan yang efektif dan efisien.

Di Kota Batam sendiri, program ini dimulai pada bulan Agustus 2018 dan berlangsung selama 6 bulan. Tim Zeal bertugas sebagai fasilitator, organizer, mentor sekaligus media penghubung antara tim Prestasi Junior Indonesia dengan sekolah-sekolah yang terpilih menjadi peserta dalam Student Company Kota Batam. Sekolah-sekolah yang terlibat adalah SMAN 1 Batam (Uniship of Man Student Company), SMAN 3 Batam (Gloria Student Company), SMKN 1 Batam (Augen Student Company), SMKN 2 Batam (The Geest Student Company), SMK Kartini Batam (Karvohisu Student Company) dan SMK Muhammadiyah Batam (Mubas Student Company). Produk-produk bisnis yang dihasilkan oleh masing-masing sekolah dipresentasikan pertama kali dalam kegiatan Launching Student Company yang diadakan pada bulan Desember 2018. Setelah mendapat beberapa saran, kritik dan arahan dari tim Prestasi Junior Indonesia dan Zeal, para sekolah mengembangkan produk mereka serta melakukan penjualan produk selama proses kegiatan Student Company berlangsung. Mentoring dilaksanakan setiap satu minggu sekali bersama tim Zeal di masing-masing sekolah. Selain membahas pengembangan produk, mentoring juga dilakukan untuk mengenali dan mengarahkan para siswa/i dalam memahami konsep bisnis siswa dan tentunya melakukan aktivitas sesuai rencana masing-masing sekolah dalam pelaksanaan Student Company di sekolahnya. Mereka juga diberikan Activity Book yang harus diisi sesuai departemen dan jabatan masing-masing sesuai deskripsi pekerjaannya.

Final Student Company Batam 2019 diadakan bulan Januari 2019 di Mega Mall Batam Centre, dibarengi dengan pembukaan stand keenam sekolah, mereka juga harus melakukan presentasi final berkaitan dengan visi misi tujuan perusahaan, produk bisnis, laporan penjualan, kegiatan HRD, program CSR dan analisa keuangan masing-masing perusahaan. Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 pagi. Tim Prestasi Junior Indonesia bersama Zeal melakukan briefing sedangkan keenam sekolah yang tergabung dalam Student Company Batam melakukan persiapan stand maupun presentasi. Acara dibuka pada pukul 09.00 pagi dan diresmikan oleh Direktur Eksekutif Prestasi Junior Indonesia, Direktur Utama Caterpillar Indonesia dan Dinas Pendidikan Kota Batam. Setelah acara dibuka, kegiatan selanjutnya adalah kunjungan para juri ke stand-stand yang sudah dipersiapkan. Produk yang dihasilkan keenam sekolah adalah TAG (Teh Anti Galau), Gonggong Light, AR Edukasi, Cookies Cettar, Gloris (Pengharum Pandan dan Singkong) dan Pupuk NPV. Selain melakukan wawancara singkat mengenai produk mereka, para juri juga dipersilahkan untuk mencoba langsung serta melakukan penilaian terhadap ide bisnis masing-masing sekolah.

Acara dilanjutkan dengan presentasi bisnis selama 4 menit per sekolah. Setelah itu, terdapat wawancara khusus kepada Presiden Direktur, VP Finance, VP Marketing, VP Human Resource, VP Public Relation dan VP Production. Acara berakhir pada pukul 17.00 dengan hasil yang luar biasa mengejutkan. Pemenang utama dari Student Company Batam 2019 adalah Karvohisu Student Company dari SMK Kartini Batam dengan produk Gonggong Light, mereka mendapat Golden Ticket untuk melanjutkan kompetisi di tingkat nasional dan mendapat pendanaan dari Caterpillar untuk pengembangan produk mereka selanjutnya.

Kegiatan Final Student Company Batam 2019 berlangsung meriah dan berjalan lancar sesuai harapan. Terima kasih untuk seluruh pihak yang terlibat dalam mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Student Company Batam 2019 akan terus berlangsung hingga bulan Februari untuk validasi dan laporan akhir kegiatan perusahaan dengan bimbingan Tim Zeal dan dukungan dari Prestasi Junior Indonesia bersama Caterpillar Indonesia.

 



Comments are closed.