Bahasa :

GELAR MAHASISWA BERPRESTASI 2019 LLDIKTI X KEMBALI DIRAIH PERWAKILAN UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM



Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2019 kembali digelar oleh Ristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi) dalam rangka memilih  dan  memberikan  penghargaan  kepada  mahasiswa  yang  meraih prestasi/capaian  unggul dan membanggakan  dalam  kegiatan  intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Memotivasi  mahasiswa  untuk  melaksanakan  kegiatan  intrakurikuler, kokurikuler,  dan  ekstrakurikuler  sebagai  wahana  untuk  menyeimbangkan hard skills dan soft skills mahasiswa. Mendorong perguruan tinggi untuk mengembangkan budaya akademik yang dapat  memfasilitasi  mahasiswa  mencapai  prestasi/capaian  unggul  dan membanggakan secara berkesinambungan.

Direktorat  Kemahasiswaan  Direktorat  Jenderal  Pembelajaran  dan Kemahasiswaan  menyempurnakan  pedoman  atau  aturan  penyelenggaraan  untuk meningkatkan  kualitas  Pilmapres.  Tahun  ini  Pilmapres  mengangkat  tema “Sustainable  Development  Goals”  yang  diselenggarakan  dalam  dua  kategori pemilihan,  yaitu  Pilmapres  Program  Sarjana  dan  Pilmapres  Program  Diploma. Perbedaan  penyelenggaraan  antara  kedua  kategori  tersebut  terutama  terletak pada prosedur, kriteria, dan metode penilaian. Pedoman ini disiapkan sebagai acuan penyelenggaraan Pilmapres  Program Sarjana baik di tingkat Perguruan Tinggi, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI),  maupun  tingkat  nasional  yang  diselenggarakan  oleh  Kementerian  Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah X yang terdiri atas Sumatera Barat, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau menyelenggarakan Pilmapres 2019 pada tanggal 14-16 April 2019, berlokasi di Hotel Grand Royal Denai, Kota Bukittingi, dan melibatkan lebih kurang 30 mahasiswa/i yang menjadi perwakilan dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) masing-masing.

Roro Mega Cahyaning ‘Azmi Riyandani, mahasiswi Program Studi Manajemen Universitas Internasional Batam menjadi perwakilan universitas untuk bertanding di tingkat

“Untuk kategori penilaiannya sangat ketat dan kompleks, butuh persiapan yang benar-benar matang. Alhamdulillah banyak pihak mendukung secara penuh dalam pembuatan karya tulis ilmiah dengan tema SDGs, juga dengan prestasi-prestasi yang dicapai selama kuliah, banyak sekali event dan kompetisi di tingkat universitas sampai dengan internasional. Kalau kemampuan bahasa asing dan PBB itu sudah diaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar serta keseharian di kampus, Bahasa Inggris dan Mandarin. Terlebih saya juga sedang asik mempelajari Bahasa Arab, Prancis, Jerman dan Spanyol. Satu lagi, proses administrasi yang cepat tanggap dari pihak universitas. Ini pengalaman pertama saya pergi ke Bukittingi dan syukurlah semuanya berjalan dengan lancar. Panitia LLDIKTI wilayah X juga menyambut hangat kedatangan para peserta dari Kepulauan Riau, Riau, Jambi dan Sumatera Barat. Pesertanya juga sangat beragam dan berbakat. Intinya, Pilmapres 2019 ini luar biasa,”ungkap mahasiswi yang memiliki IPK 4 tersebut (16/04).

Penilaian dalam seleksi Pilmapres tingkat LLDIKTI meliputi banyak aspek, yaitu: Karya tulis ilmiah beserta ringkasan dengan bobot 40%; Prestasi/capaian yang diunggulkan dan dibanggakan dengan bobot 30%; Kemampuan Bahasa  Asing (PBB) dengan bobot 30%, dan Kepribadian.

Pembekalan dan pengarahan dilaksanakan pada 14 April 2019, seluruh peserta berkumpul di auditorium Hotel Grand Royal Denai pada pukul 19.00 WIB, acara dibuka oleh kepala LLDIKTI wilayah X bersama dengan para juri. Proses seleksi akan dilaksanakan pada 15 April 2019, 30 perwakilan mahasiswa/i masing-masing diberi waktu lebih kurang 30 menit untuk presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan mengikuti sesi wawancara oleh para juri. Topik dari Karya Tulis Ilmiah (KTI) adalah Suistainable Development Goals (SDGs). Dalam seleksi kali ini, peserta ditantang untuk presentasi menggunakan bahasa asing dan diperbolehkan membawa alat bantu presentasi untuk menambah nilai dari isu yang diangkat. Selain itu, prestasi/capaian para mahasiswa/i akan diklarifikasi kebenarannya serta pengamatan kepribadian selama mengikuti seleksi merupakan aspek yang juga menjadi pertimbangan juri dalam memilih mahasiswa berprestasi tingkat LLDIKTI. Pengumuman dilaksanakan pada 16 April 2019 dengan hasil akhir, yaitu:

Selanjutnya, pemenang dari tingkat LLDIKTI ini akan mengikuti seleksi tahap akhir tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Kota Jakarta pada bulan Juni-Juli 2019. Selamat kepada Roro Mega Cahyaning ‘Azmi Riyandani, perwakilan mahasiswi berprestasi Universitas Internasional, yang terpilih sebagai Mahasiswa Berprestasi LLDIKTI Wilayah X 2019. Tetap lakukan yang terbaik dan terus semangat untuk bertanding di tingkat Nasional!

Salam Mahasiswa !!!

 



Comments are closed.