Bahasa :

Rektor UIB Membuka Seminar Nasional APPTHI



Batam, Rabu (14/08/19) Universitas Internasional Batam (UIB) menggelar Seminar Nasional dan Pertemuan Nasional Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI) bertajuk “Quo Vadis Pendidikan Tinggi Hukum di Indonesia Antara Orientasi Keilmuan dan Praktisi” yang dilaksanakan di Auditorium Gedung B UIB. Seminar nasional tersebut menghadirkan narasumber Prof. T Basaruddin, Ph.D. (Ketua DE. BAN PT), Dr. Edmon Makarim, S.Kom., S.H., LL.M. (Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia), dan Dr. H. Fauzie Yusuf Hasibuan, S.H., M.H. (Ketua PERADI). Sebanyak 96 pimpinan perguruan tinggi hukum hadir untuk mewakili 71 perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia, yang terdiri atas persebaran 5 universitas dari Bali-NTB-NTT, 6 universitas dari Sulawesi, 44 universitas dari Pulau Jawa, 11 universitas dari Sumatera, 4 universitas Kalimantan, dan 1 universitas dari Papua.

Acara dimulai dengan penampilan tari persembahan dari UKM Tari UIB. Selanjutnya penyampaian sambutan yang diberikan oleh Dekan Fakutas Hukum UIB (Dr. Lu Sudirman, S.H., M.M., M.Hum),  Rektor UIB (Prof. Dr. Handoko Karjantoro, CPA) serta Ketua Umum APPTHI yaitu Prof. Dr. Ade Saptomo, S.H., M.Si.

Dalam sambutannya, Ketua umum APPTHI, Prof. Dr. Ade Saptomo, S.H.,M.Si., menerangkan bahwa kegiatan seminar APPTHI 2019 yang diselenggarakan di Universitas Internasional Batam tersebut merupakan acara tahunan APPTHI. “Temu Nasional dan Seminar Nasional merupakan kegiatan rutin APPTHI setiap 6 bulan sekali. Tahun ini APPTHI mendiskusikan orientasi pendidikan tinggi hukum, apakah untuk tujuan praktis atau akademik an sich” ujarnya. Sementara itu Rektor UIB, Prof. Dr. Handoko Karjantoro, CPA menekankan pentingnya kolaborasi antar perguruan tinggi hukum dalam merespon tantangan dunia hukum di masa depan.

Pada akhir sesi kata sambutan dilakukan penukaran cenderamata antara UIB dan APPTHI. Penukaran Cenderamata tersebut diberikan oleh Prof. Dr. Handoko Karjantoro, CPA sebagai Rektor UIB dan Prof. Dr. Ade Saptomo, S.H., M.Si sebagai Ketua Umum APPTHI.



Comments are closed.