Bahasa :

Sistem Penjaminan Mutu Internal


Sistem Penjaminan Mutu Internal

Universitas Internasional Batam

 

Perjalanan Universitas Internasional Batam Dalam Menerapkan SPMI

 

Pada tahun 2009 Universitas Internasional Batam (UIB) memperoleh Program Hibah Kompetisi Institusi (PHK-I) 2009-2011 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. UIB mengajukan Tema A yaitu Peningkatan Kapasitas Institusi tahun 2009. Melalui hibah tersebut dilakukan Policy Study yang bertujuan untuk restrukturisasi Organisasi Quality Assurance Center (QA Center), penataan Job Description dan  ruang lingkup QA Center, pembuatan daftar dokumen yang diperlukan dalam pelaksanaan penjaminan mutu internal yaitu Kebijakan dan Sasaran Mutu UIB, Manual Mutu, Pedoman Implementasi Budaya Mutu, Buku Pedoman Audit Mutu Internal. QA Center menetapkan Kebijakan Mutu (Quality Policy) yaitu Dengan menerapkan standar kualitas internasional dalam keseluruhan proses dan kegiatan, UIB berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan kompetitif yang memiliki hardskills, softskills, jiwa kepemimpinan dan keahlian kewirausahaan yang berkualitas”. Selain itu QA Center juga merumuskan Standar Mutu  yang dijabarkan  dari Kebijakan Mutu bersifat strategis, spesifik, dapat  diukur, realistik, dan dapat dicapai dalam kurun waktu tertentu. QA Center juga membuat sejumlah dokumen mutu, diantaranya SOP bidang akademik.  QA Center dalam mendesain SOP merujuk pada ISO 9001:2008. Jenis dokumen mutu yang digunakan dalam penyelenggaraan aktivitas di Universitas Internasional Batam berdasarkan Sistem Manjemen Mutu ISO 9001: 2008 adalah: Manual Mutu, Prosedur Mutu, Instruksi Kerja, Formulir yang mulai berlaku pada tahun 2009.

 

Berdasarkan Rencana Strategis (Renstra) UIB 2011-2015, SPMI UIB menerapkan metode PDCA (Plan, Do, Check, Action) dengan ruang lingkup kegiatan akademik yang meliputi Tridharma Perguruan Tinggi. Dengan diberlakukannya Permendikbud No. 50 Tahun 2014 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi yang diubah oleh Permenristekdikti 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi  disertai dengan diterbitkannya Renstra UIB 2016-2020, manajemen SPMI UIB menerapkan metode PPEPP  (Penetapan Standar,  Pelaksanaan Standar,  Evaluasi Pelaksanaan,  Pengendalian Standar,  Peningkatan Standar) untuk menghasilkan  kaizen  atau  continuous  quality  improvement. Ruang lingkup SPMI UIB meliputi kegiatan akademik (Tridharma Perguruan Tinggi) yang dimonitor dan dievaluasi  (monev) oleh QA Center. Sedangkan bidang non akademik dimonev oleh Sistem Pengawasan Internal (SPI). Pelaksanaan SPMI dimulai dari tingkat universitas oleh QA Center dan SPI, fakultas dan program studi serta biro/unit dilaksanakan oleh Quality Assurance Supervisor (QAS).

 

Dokumen SPMI

 

Berdasarkan Renstra UIB 2016-2020, UIB pada tahun 2016 memiliki dokumen SPMI yang terdiri dari Buku Kebijakan, Manual, Standar dan Formulir. Standar SPMI UIB terdiri atas 24 (dua puluh empat) standar yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) yang terdiri atas Standar Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta 19 Standar yang ditetapkan oleh UIB sendiri. Setelah melalui 1 (satu) siklus manajemen SPMI, Tim QA Center melakukan perubahan terhadap dokumen SPMI dan meningkat standar, sehingga dokumen SPMI terdiri atas 24 standar yang mengacu pada SN Dikti dengan menintegrasikan standar UIB di luar/ di atas  SN Dikti. Selain itu terdapat 6 (enam) standar yang merupakan Standar Khusus UIB yang meliputi Standar Identitas, Standar Visi-Misi, Standar Kerjasama, Standar Etika, Standar Keamanan, Ketertiban, Keselamatan, Kenyamanan, Dan Keperdulian Terhadap Lingkungan, dan Standar Sistem Informasi.

 

KEBIJAKAN  SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL

Kebijakan SPMI UIB

Kebijakan SPMI UIB adalah pemikiran, sikap, pandangan UIB mengenai SPMI   yang berlaku di UIB. Kebijakan tersebut mencakup aspek penyelengaraan pendidikan di bidang akademik dan non-akademik.  Kebijakan SPMI di bidang akademik mencakup Tridharma perguruan tinggi yang terdiri dari pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sedangkan kebijakan SPMI di bidang non-akademik meliputi kebijakan perumusan Visi dan Misi UIB,  Identitas UIB, Etika, Kerjasama, Keamanan, Ketertiban, Keselamatan, Kenyamanan, Dan Keperdulian Terhadap Lingkungan dan Sistem Informasi.

 

Tujuan Dokumen Kebijakan SPMI UIB

  1. sarana untuk mengkomunikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan tentang SPMI yang berlaku di lingkungan UIB;
  2. landasan dan arah menetapkan semua standar SPMI dan manual SPMI UIB, serta dalam meningkatkan mutu SPMI UIB;
  3. bukti otentik bahwa UIB telah memiliki dan mengimplementasikan SPMI sebagaimana diwajibkan menurut peraturan perundang-undangan.
  4. menjamin bahwa setiap layanan pendidikan tinggi kepada mahasiswa dilakukan sesuai standar SPMI sehingga apabila terjadi penyimpangan, dapat segera dilakukan koreksi;
  5. mengajak semua pihak yang ada di UIB untuk bekerja mencapai tujuan UIB berdasarkan standar dan secara berkelanjutan.

 

Prinsip Pelaksanaan SPMI UIB

  1. Otonom;
  2. Berorientasi pada pemangku kepentingan internal dan eksternal;
  3. Mengutamakan kebenaran;
  4. Terstandar atau keseragaman metode;
  5. Akurat;
  6. Terdokumentasi;
  7. Partisipatif dan kolegial; dan
  8. Inovasi dan berkelanjutan.

 

Strategi Pelaksanaan SPMI UIB

  1. Melibatkan seluruh sivitas akademika mulai dari proses perencanaan,  pelaksanaan, evaluasi dan pengembangan;
  2. Melibatkan alumni, organisasi profesi, dunia usaha, dan pemerintah; dan
  3. Melaksanakan sosialisasi dan pelatihan SPMI.
  4. Pelaksana SPMI di UIB melibatkan dua unit, yaitu Quality Assurance Center (QA Center) dan Sistem Pengendalian Internal (SPI). QA Center bertugas melaksanakan SPMI untuk bidang akademik. Sedangkan SPI bertugas melaksanakan SPMI di bidang non akademik.
  5. Pelaksanaan tugas audit, QA Center dibantu auditor internal yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan.

MANUAL SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL

Manual SPMI UIB

Manual SPMI merupakan panduan bagi pemangku kepentingan di UIB di bidang akademik dan non akademik dalam menetapkan dan melaksanakan standar sesuai dengan wewenang dan tugas masing-masing dalam mewujudkan budaya mutu.

 

Dokumen Manual SPMI UIB

  1. Manual Penetapan Standar
  2. Manual Pelaksanaan Standar
  3. Manual Evaluasi Pelaksanaan Standar
  4. Manual Pengendalian Standar
  5. Manual Peningkatan Standar

 

Fungsi Manual SPMI UIB

  1. Manual Penetapan Standar: panduan bagaimana standar UIB dapat ditetapkan dan ditetapkan kembali apabila standar telah dicapai.
  2. Manual Pelaksanaan Standar: panduan bagaimana standar SPMI dilaksanakan oleh sivitas akademika UIB dalam mencapai sasaran mutu serta mewujudkan budaya mutu.
  3. Manual Evaluasi Pelaksanaan Standar: panduan bagaimana melakukan evaluasi pelaksanaan standar sehingga pernyataan isi standar dapat dikendalikan.
  4. Manual Pengendalian Standar: panduan bagaimana mengendalikan pelaksanaan Standar akademik dan non akademik sehingga isi standar yang telah ditetapkan dapat dicapai.
  5. Manual Peningkatan Standar: panduan bagaimana standar akademik dan non akademik dapat ditingkatkan secara berkelanjutan setiap akhir siklus suatu Standar SPMI.

STANDAR SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL

Standar SPMI UIB

Standar SPMI merupakan kriteria atau ukuranminimal dari penyelenggaraan kegiatan akademik dan non akademik di UIB dalam upaya mencapai Visi, Misi, dan Tujuan dan Sasaran UIB.

 

Dokumen Standar SPMI UIB

Standar UIB terdiri atas  Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) ditetapkan Pemerintah berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, yaitu:

 

Standar Nasional Pendidikan:

1)      Standar Kompetensi Lulusan

2)      Standar Isi Pembelajaran

3)      Standar Proses Pembelajaran

4)      Standar Penilaian Pembelajaran

5)      Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan

6)      Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran

7)      Standar Pengelolaan Pembelajaran

8)      Standar Pembiayaan Pembelajaran

 

Standar Nasional Penelitian:

1)      Standar Hasil Penelitian

2)      Standar Isi Penelitian

3)      Standar Proses Penelitian

4)      Standar Penilaian Penelitian

5)      Standar Peneliti

6)      Standar Sarana dan Prasarana Penelitian

7)      Standar Pengelolaan Penelitian

8)      Standar Pendanaan dan Pembiayaan Penelitian

 

Standar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat:

1)      Standar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat

2)      Standar Isi Pengabdian Kepada Masyarakat

3)      Standar Proses Pengabdian Kepada Masyarakat

4)      Standar Penilaian Pengabdian Kepada Masyarakat

5)      Standar Pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat

6)      Standar Sarana dan Prasarana Pengabdian Kepada Masyarakat

7)      Standar Pengelolaan Pengabdian Kepada Masyarakat

8)      Standar Pendanaan dan Pembiayaan Pengabdian Kepada Masyarakat.

 

Standar yang ditetapkan UIB:

  • Standar Perumusan Visi dan Misi
  • Standar Identitas
  • Standar Etika
  • Standar Keamanan, Ketertiban, Keselamatan, Kenyamanan dan Kepedulian Lingkungan
  • Standar Sistem Informasi
  • Standar Kerjasama
  • Standar Internasional
  • Standar Audit Bidang Akademik
  • Standar Audit Bidang Non Akademik

Berikut Formulir Sistem Penjaminan Mutu Internal