Bahasa :

Profil Lulusan Prodi Teknik Sipil


PROFIL LULUSAN

Tabel-1: Profil Lulusan dan deskripsinya

No Profil Lulusan Deskripsi Profil Lulusan
1. Konsultan / kontraktor perencana, pelaksana dan pengawas di bidang jasa konstruksi 1.   Memiliki kemampuan mengidentifikasi dan memformulasi masalah rekayasa sipil dan metode pelaksanaan konstruksi di lapangan, serta menyajikan beberapa alternatif solusi terkait permasalahan yang ada sesuai kajian keilmuan.

2.   Memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan berinovasi dalam metode pelaksanaan konstruksi.

3.   Menguasai hardskill ilmu-ilmu ketekniksipilan terapan dan dapat berperan sebagai pelaksana untuk menangani permasalahan di lapangan maupun pada saat proses pengadaan barang dan jasa.

4.   Mampu untuk memaksimalkan softskill dalam hal kerjasama maupun komunikasi dalam tim, serta mampu untuk mengkomunikasikan informasi, ide, analisis dan argumen melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat untuk mengembangkan potensi diri.

5.   Memiliki pengetahuan, kemampuan untuk melakukan analisa dan mengambil keputusan terkait dengan forensik konstruksi, serta mampu untuk mengaplikasikan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

2. Peneliti/ akademisi/ melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi

 

1.   Menguasai dan memiliki kemampuan dalam pengembangan hardskill ilmu-ilmu ketekniksipilan terapan yang sesuai dengan bidangnya, serta mampu mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran diri sendiri untuk memperoleh informasi mengenai isu-isu terkini dan perkembangan teknologi terkait dengan bidang yang sesuai.

2.   Memiliki kemampuan untuk memberikan solusi dan mengambil keputusan terkait permasalahan atau hal-hal strategis dalam dunia konstruksi berdasarkan kajian keilmuan yang ada.

3.   Memiliki kemampuan untuk memberikan kontribusi dalam perencaaan road map penelitian dan melakukan penelitian mandiri (merancang dan melaksanakan penelitian) berdasarkan prinsip rekayasa dengan memanfaatkan metode, teknik dan instrumen rekayasa modern hingga menghasilkan karya yang teruji dan diakui secara nasional atau internasional pada jurnal ilmiah terakreditasi.

4.   Memiliki kemampuan untuk memaksimalkan softskill dalam hal kerjasama maupun komunikasi dalam tim baik dengan tim ahli yang sebidang maupun tim ahli bidang lain, serta mampu untuk mengkomunikasikan informasi, ide, analisis dan argumen melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat untuk mengembangkan potensi diri.

3. Manajerial/Instansi Pemerintah/ Perusahaan Non Jasa Konstruksi 1.   Memiliki kemampuan untuk memberikan solusi dan mengambil keputusan terkait permasalahan atau hal-hal strategis dalam hubungannya dengan dunia konstruksi berdasarkan kajian keilmuan yang ada.

2.   Menguasai hardskill dalam bidang teknis (ilmu-ilmu ketekniksipilan) dan legal (hukum) untuk dapat berperan sebagai birokrat bidang rekayasa dalam pengembangan metode pelaksanaan konstruksi maupun pada saat proses pengadaan barang dan jasa dalam pelaksanaan tender.

3.   Memiliki kemampuan untuk memaksimalkan softskill dalam hal kerjasama maupun komunikasi dalam tim, serta mampu untuk mengkomunikasikan informasi, ide, analisis dan argumen melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat untuk mengembangkan potensi diri.

4. Building appraisal / Analis Investasi / Jasa Keuangan dan Perbankan 1.   Menguasai hardskill dalam bidang teknis (ilmu-ilmu ketekniksipilan), legal (hukum), feasibility study, investasi keuangan proyek, pengendalian mutu dan manajemen properti untuk dapat berperan sebagai ahli bidang rekayasa dalam pengembangan investasi dan keuangan konstruksi.

2.   Memiliki kemampuan untuk memberikan solusi dan mengambil keputusan terkait permasalahan atau hal-hal strategis dalam hubungannya dengan manajemen keuangan dan investasi konstruksi berdasarkan kajian keilmuan yang ada.

3.   Memiliki kemampuan untuk memaksimalkan softskill dalam hal kerjasama maupun komunikasi dalam tim, serta mampu untuk mengkomunikasikan informasi, ide, analisis dan argument.

4.   Memiliki kemampuan tambahan dalam bidang sistem rekayasa untuk optimasi jasa keuangan dan investasi proyek konstruksi.

5. Wirausaha / pengembang / penyedia jasa konstruksi mandiri / penyedia layanan pendukung jasa konstruksi 1.   Memiliki kemampuan untuk memaksimalkan softskill dalam hal keuletan, kemampuan untuk dapat melihat dan mengambil peluang serta jiwa yang mampu mengembangkan keahlian sebagai bekal berkompetisi di dunia kerja.

2.   Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan memformulasi masalah rekayasa dan metode pelaksanaan konstruksi di lapangan, serta menyajikan beberapa alternatif solusi terkait permasalahan yang ada sesuai kajian keilmuan.

3.   Memiliki kemampuan untuk merancang suatu konstruksi bangunan sesuai dengan kajian ilmu dan teknologi dengan memanfaatkan metode, teknik dan instrumen rekayasa modern.

4.   Memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan berinovasi dalam metode pelaksanaan konstruksi.

5.   Menguasai hardskill ilmu-ilmu ketekniksipilan lanjut/terapan dan dapat berperan baik sebagai pelaksana maupun pengawas untuk menangani permasalahan di lapangan maupun pada saat proses pengadaan barang dan jasa.

6.   Memiliki kemampuan untuk memaksimalkan softskill dalam hal kerjasama maupun komunikasi dalam tim, serta mampu untuk mengkomunikasikan informasi, ide, analisis dan argumen melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat untuk mengembangkan potensi diri.

7.   Memiliki kemampuan dalam membaca peluang pasar dan memaksimalkan potensi kemampuan rekayasa sipil yang dimilkiki untuk merespon seluruh peluang tersebut.