Bahasa :

Ujian Saringan Masuk Gelombang 1 Reguler Tahun Ajaran 2019/2020



          UIB – Minggu (16/12/2018), Universitas Internasional Batam (UIB) baru saja melaksanakan Ujian Saringan Masuk (USM) Gelombang 1 Reguler Tahun Ajaran 2019/2020. USM pada Gelombang Reguler tetap diadakan dikarenakan UIB ingin tetap menyaring Para Siswa/i yang ini menjadi Mahasiswa/i di UIB. UIB tidak bisa menerima begitu saja Para Pendaftar yang tidak sesuai dengan Kualifikasi UIB, seperti UIB tidak akan menerima Peserta USM yang hasil ujiannya tidak memenuhi standar UIB dan UIB juga melakukan interview pada masing-masing peserta setelah USM. Tujuannya adalah agar dapat memyaring Peserta berdasarkan Karakter dan respon peserta terhadap pertanyaan yang diberikan oleh interviewer. Jika Para Peserta tidak bersikap dengan baik maka UIB tidak akan menerima Peserta tersebut walaupun hasil ujiannya memenuhi standar UIB. Ini dikarenakan UIB tidak hanya ingin meluluskan Mahasiswa/i dengan Akademik ataupun Non-Akademik yang bagus tetapi juga untuk menghasilkan Lulusan yang berkarakter BudiPekerti yang baik.

          Jumlah peserta yang mengikuti ujian ini adalah berjumlah 61 Peserta. Ujian Saringan Masuk Gelombang 1 Reguler ini dimulai pada Pukul 10.00 WIB. Seperti biasa, Peserta akan dihadapkan dengan Tiga mata pelajaran sekaligus, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Jumlah soal USM ini adalah 100 dan waktu yang dimiliki peserta untuk menyelesaikan ujiannya adalah dua jam. Ujian ini dilakukan via Komputer. Ujian berbasis komputer ini dilaksanakan di Lab A207 dan A208.

Suasana Sesi Interview USM gelombang 1 Reguler TA 2019/2020

          Setelah Ujiannya selesai, Peserta diberi waktu 30 Menit untuk beristirahat dan Peserta juga disediakan makanan dari Pihak UIB.  Setelah isitrahat selesai, Para Peseta akan dihadapkan dengan Para Interviewer. Sesi Interview ini dilakakukan diruangan A308. Setiap peserta akan bertemu dengan Interviewer yang berbeda. Pertanyaan yang akan dittanyakan kepada Peserta biasanya adalah seputar inforamasi pribadi, selebihnya tergantung dari masing-masing interviewer pertanyaan apa yang akan ditanyakan kepada peserta. Hal terpenting dalam wawancara ini adalah bagaimana Setiap Peserta merespon pertanyaan yang diberikan oleh Interviewer. Wawancara ini pun  selesai pada pukul 15.00 WIB.

Suasana Sesi Interview USM gelombang 1 Reguler TA 2019/2020

          Dengan selesainya Sesi wawancara ini, diharapkan Para Peserta dapat lulus di Gelombang 1 ini. Dan diharapkan dapat meningkatkan kuantiti Mahasiswa UIB di Tahun Ajaran Baru.



Comments are closed.