Bawaslu dan UIB Menggelar Sosialisasi Alat Pemantauan Pemilu: Mendorong Pengawasan Efektif dalam Tahapan Kampanye

Ditulis oleh humas

On November 30, 2023

Batam, 29 November 2023 Dalam upaya untuk memperkuat pengawasan pada tahapan kampanye pemilu, Universitas Internasional Batam bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bekerja sama mengadakan sosialisasi tentang Alat Kerja Pemantauan Pemilu secara offline. Acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses kampanye yang mendahului pemilihan.

Dalam forum yang dihadiri oleh Mahasiswa UIB yang menjadi pemilih untuk pemilu yang akan mendatang, dijelaskan secara rinci tentang penggunaan alat kerja pemantauan yang akan digunakan untuk memastikan integritas dan keterbukaan selama masa kampanye.

“Kami bersama KPU berkomitmen untuk memastikan setiap tahapan pemilu berjalan dengan transparan dan adil. Alat kerja pemantauan ini akan menjadi instrumen krusial dalam memastikan kepatuhan peserta pemilu terhadap aturan yang berlaku,” ujar perwakilan Bawaslu.

Alat pemantauan berupa bukti nyata terkait tindakan kecurangan atau ajaakan untuk mencurangi pemilu. Hal ini untuk memungkinkan pengawasan yang lebih efektif terhadap aktivitas kampanye dari berbagai kandidat dan partai politik. Informasi yang terkumpul akan tersedia secara publik, memungkinkan akses bagi masyarakat umum, media, dan pihak terkait untuk memonitor dan mengevaluasi proses kampanye.

Selain sosialisasi, rencananya akan ada serangkaian pelatihan lebih lanjut guna memastikan pemahaman yang menyeluruh terhadap penggunaan alat ini. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa dalam menjaga integritas pemilu

Sosialisasi yang digelar menjadi bukti konkret dari kolaborasi antara Bawaslu dan UIB dalam memperkuat mekanisme pengawasan dan transparansi dalam setiap tahapan pemilihan. Hal ini menunjukkan keseriusan bersama dalam menjaga proses demokrasi yang bersih dan berintegritas.

Share this :

Berita Lainnya…