HAIR CYCLE COMPANY

Written By Jodi Jodi

On Juli 8, 2021
  1. Marco Nicholas Alfredo Loho / 1941298 / Manajemen (MN)
  2. Marcelina Victoria / 1941300 / Manajemen (MN)
  3. Venny Chou             / 1941357 / Manajemen (MN)
  4. Nydia Salsabila Firdaus / 1941358/ Manajemen (MN)
  5. Edric Colin Huang / 1941191 / Manajemen (MN)

Dosen Pembimbing : Robin, Ph.D.

Hair Cycle Company merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa yang berlokasi di Kota Batam, Kepulauan Riau-Indonesia. Usaha Hair Cycle Company ini berperan sebagai perantara dalam mengumpulkan sampah-sampah rambut yang ada di salon-salon Kota Batam dan kemudian sampah rambut tersebut diteliti secara rinci apakah sampah rambut tersebut masih layak dan aman untuk digunakan kembali oleh masyarakat. Selaku pemilik Hair Cycle Company ini mengumpulkan sampah rambut,sampah-sampah rambut tersebut akan dijual kepada produsen wig kemudian Hair Cycle Company juga akan membantu untuk memasarkan hasil olahan wig dari sampah rambut tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama bagi masyarakat penderita kanker ataupun orang-orang yang memiliki masalah rambut seperti kebotakan rambut sehingga dapat tampil lebih percaya diri. Dengan menjual sampah rambut tersebut ke produsen wig dan membantu dalam memasarkan hasil olahan wig dari sampah rambut tersebut, pastinya akan sangat menguntungkan (menghasilkan profit). Selain membantu masyarakat,usaha Hair Cycle Company ini juga membantu dalam mengurangi limbah sampah rambut yang mencemarkan lingkungan sekitar sehingga menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman.

Hair Cycle Company merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa. Di samping itu,usaha Hair Cycle Company ini juga memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan dan memiliki unsur society yang baik.Unsur society yang ada di dalam usaha Hair Cycle Company ini yaitu adanya peran Hair Cycle Company yang mengumpulkan sampah-sampah rambut yang ada di salon dan pastinya hal itu akan mengurangi limbah sampah rambut yang ada kemudian hasil pengumpulan sampah rambut tersebut akan dijual kepada produsen wig sehingga wig yang sudah di produksi itu dapat dipasarkan kepada orang-orang yang membutuhkan seperti masyarakat penderita kanker ataupun yang mengalami masalah kebotakan rambut. Hair Cycle Company merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa.

Hair Cycle Company ini juga memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan dan memiliki unsur society yang baik.Unsur society yang ada di dalam usaha Hair Cycle Company ini yaitu adanya peran Hair Cycle Company yang mengumpulkan sampah-sampah rambut yang ada di salon dan pastinya hal itu akan mengurangi limbah sampah rambut yang ada kemudian hasil pengumpulan sampah rambut tersebut akan dijual kepada produsen wig sehingga wig yang sudah di produksi itu dapat dipasarkan kepada orang-orang yang membutuhkan seperti masyarakat penderita kanker ataupun yang mengalami masalah kebotakan rambut.

Gambar 1.Logo Usaha Hair Cycle Company

2.1 Proposisi Nilai Usaha

1. Gains

Produk yang ditawarkan dari Hair Cycling Company ini memberikan keuntungan bagi pelanggan atau customer. Keuntungan yang ditawarkan seperti, memberikan solusi bagi setiap orang yang mengalami kerusakan pada rambutnya.

2. Pains

Produk yang ditawarkan dari Hair Cycling Company ini memberikan kerugian bagi pelanggan atau customer. Kerugian yang akan dirasakan oleh customer seperti, Proses pembuatan produk akan memerlukan waktu yang lama sehingga memungkinan pembaruan produk akan lebih lambat.

3. Jobs To Be Done

Produk yang ditawarkan dari Hair Cycling Company ini dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dalam masyarakat. Jadi permasalahan yang terselesaikan itu seperti, dapat mengurangi kuantitas sampah-sampah yang ada dan juga rambut wig ini tidak memiliki sifat yang kadaluarsa sehingga tidak barang sekali pakai sehingga mengurangi pencemaran lingkungan. Selain dari itu, produk ini membantu masyarakat dalam hal kerusakan rambut yang dialami setiap orang termasuk orang yang mengalami sakit kanker. Dengan adanya produk wig ini menjadi solusi bagi mereka untuk tetap memberi penampilan yang baik

4. Gain Creators

Produk yang ditawarkan dari Hair Cycling Company ini membuat pelanggan merasakan manfaat atau diuntungkan. Jadi pelanggan akan merasakan manfaat seperti, model-model dari rambut wig ini akan disesuaikan dengan perkembangan tren yang semakin maju sehingga apa yang diperlukan pelanggan akan terpenuhi dan juga pastinya kualitas produk yang diberikan merupakan kualitas yang terbaik.

5. Pain Relievers

Pain relievers ini adalah cara untuk mengatasi kerugian yang terjadi pada konsumen karena produk yang ditawarkan. Jadi cara mengatasinya seperti, setiap pelanggan diberikan hak untuk dapat memberi kritik dan saran terhadap perusahaan ini atas segala ketidaknyamanan yang mereka alami dan dari pihak perusahaan akan menerima segala masukan dan kritik sehingga akan memperbaiki atas segala permasalahan.

6. Products & Services

Produk yang ditawarkan Hair Cycling Company ini adalah produk wig yang berasal dari daur ulang sampah rambut. Produk yang ditawarkan ini sangat memberikan manfaat dan memiliki kualitas yang bagus. Untuk pelayanan, karena sudah semakin canggih pelayanan dapat dilakukan dengan cara online.

2.2.   Deskripsi Produk Usaha

Produk yang ditawarkan dari Hair Cycling Company ini berupa rambut wig yang hasil dari daur ulang sampah rambut yang diproses menjadi wig siap pakai. Bahan baku pembuatan dari rambut wig ini berasal dari sampah rambut.

Jadi model rambut wig itu disesuaikan dengan model rambut apa yang ada seperti rambut pendek, wavy, curly, dan lain sebagainya. Model dari rambut wig ini akan selalu di update sesuai dengan perkembangan tren model yang selalu berubah dari zaman ke zaman.

2.1. Dampak TBL Usaha

Dalam perusahaan Hair Cycling Company ini memiliki yang namanya target sosial berupa TBL Impacts atau dampak terhadap ekonomi, sosial, dan lingkungan. Jadi Dampak tersebut dijabarkan sebagai berikut :

1. Ekonomi

Dalam hal ekonomi, dampak yang diberikan Hair Cycling Company ini terhadap ekonomi yaitu dengan berdirinya Hair Cycling Company ini otomatis akan memberikan atau menciptakan lapangan kerja baru terhadap semua masyarakat di negara ini sehingga dapat membantu masyarakat untuk memanfaatkan passion mereka dalam bidang ini dan juga dapat menurunkan tingkat pengangguran dalam negara ini.

Otomatis ketika adanya lapangan pekerjaan memberikan kontribusi terhadap perekonomian negara.

2. Sosial

Dampak sosial yang akan timbul dikarenakan berdirinya Hair Cycling Company yaitu berdampak terhadap lingkungan dan juga mengatasi masalah bagi orang-orang yang mengidap penyakit kanker. Jadi dampak terhadap lingkungan disini terjadi karena bahan baku pembuatan wig ini didaur ulang dari hasil sampah rambut. Secara tidak langsung kuantitas dari sampah akan menurun. Selain itu dampak sosial akan terjadi kepada orang-orang yang mengidap penyakit kanker. Jadi setiap orang yang mengidap penyakit kanker harus memangkas rambut mereka hingga habis sehingga terkadang pasti ada orang yang menjadi tidak pede dengan penampilannya.Demi untuk tetap menjaga penampilan diberikan alternatif dengan menggunakan rambut wig sehingga tetap dapat menjaga penampilan mereka untuk tetap bagus

3. Lingkungan

Perusahaan Hair Cycling Company ini akan memberikan dampak terhadap lingkungan seperti, dikarenakan produk yang ditawarkan merupakan produk daur ulang sampah rambut, otomatis dapat mengurangi pencemaran lingkungan yang diakibatkan karena kuantitas sampah yang terlalu banyak

Artikel Lainnya…

Ri_Coffee

Steven Shui /1911006 / Teknik Sipil (TS) Kian Richardoegan / 1911010 / Teknik Sipil (TS) Melvin             / 1911019 / Teknik Sipil (TS) Rico Winardo / 1911028 / Teknik Sipil (TS) Wishly Wijaya / 1911001 / Teknik Sipil (TS) Dosen Pengampu : Dr. Antony S   Coffee...

KEBOEN HIJOPONIK

Muhammad Naufal Dzaky / 1941021 / Manajemen (MN) Julia Rahayu Putri / 1941053 / Manajemen (MN) Dhifira Annisa Widyasari / 1941200 / Manajemen (MN) Dosen Pengampu : Dr. Agustina Fitrianingrum   Keboen Hijoponik merupakan jenis usaha di bidang sayuran yang berbasis...

Story.ID

Eva Noorliana / 1941367/ Manajemen (MN) Estina Sativa / 1941347/ Manajemen (MN) Estefania / 1941256 / Manajemen (MN) Dosen Pembimbing : Erilia Kesumahati,S.Si., M.M., Apt.   Usaha yang akan kami jalankan bernama Story.ID, usaha ini bergerak dibidang pembuatan...