PON XX Papua 2021 02 - 15 Oktober 2021
SELENGKAPNYA
Humas & Kerjasama

Biro Humas dan Kerjasama

Kota Batam sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia merupakan daerah yang memiliki tingkat kunjungan sangat tinggi dibandingkan daerah lain, sehingga aksesibilitas Kota Batam lebih tinggi dibandingkan daerah lain merupakan peluang potensial dalam memperluas jaringan wilayah penerimaan mahasiswa baru. Peluang kerjasama dengan stakeholders baik dari dalam negeri maupun luar negeri merupakan peluang yang harus dimanfaatkan dalam rangka pengembangan kualitas pendidikan di UIB dalam menuju kualitas pendidikan standar internasional. Letak geografis yang berada di wilayah perbatasan menjadi peluang bagi UIB untuk melakukan kerjasama dengan institusi dari luar negeri.

Strategi pemasaran UIB yang akan dilaksanakan dalam rangka untuk menjawab peluang dan ancaman yang dihadapi dalam lingkungan eksternal adalah bagaimana memposisikan UIB sebagai perguruan tinggi yang memiliki keunggulan atau nilai lebih (value added) yang tidak dimiliki oleh perguruan tinggi lain di provinsi Kepri. Adapun nilai lebih tersebut adalah standar mutu internasional yang merupakan tujuan dalam pengembangan pendidikan, serta standar mutu lulusan yang berorientasi terhadap pemenuhan kebutuhan tenaga kerja global.

Dalam operasionalnya, kerjasama dan peningkatan mahasiswa baru di lakukan oleh Biro Humas. Selain kerjasama, Biro Humas meliputi promosi, marketing, publikasi, dokumentasi, protokoler dan administrasi, yang dalam kesehariannya memiliki target KPI atau key performance indicator. Biro Humas dan Kerjasama merupakan gerbang serta jembatan pihak luar dengan sivitas akademika UIB. Visi dan misi yang dimiliki Biro Humas dan Kerjasama untuk menunjan visi misi UIB dalam rangka menjadi universitas yang memiliki lulusan berstandar internasional dan dapat mengikuti perubahan zaman.

VISI:
Sebagai mediator atau penghubung antara universitas, masyarakat, industri, dan pemerintah melalui pencitraan Universitas Internasional Batam sebagai perguruan tinggi yang berkualitas internasional.

MISI:
1. Menyediakan pelayanan yang profesional yang didukung oleh staf yang handal dan berkompeten khususnya pelayanan kepada masyarakat, pihak industri, dan pemerintah, maupun pelayanan internal untuk sivitas akademia UIB.
2. Menyediakan informasi yang jelas dan terpercaya mengenai Universitas Internasional Batam.
3. Meningkatkan citra Universitas Internasional Batam di mata masyarakat melalui publikasi serta aktivitas promosi.
4. Menjalin dan mengembangkan kerjasama tingkat lokal, nasional dan internasional untuk meningkatkan dan mempertahankan eksistensi UIB yang dilengkapi dengan peningkatan kemampuan layanan informasi dan komunikasi melalui media teknologi.

TUGAS POKOK:
1. Menyusun rencana strategis Humas
2. Menjaring kerjasama dengan berbagai lembaga di dalam negeri untuk kegiatan akademik.
3. Melakukan penyebaran informasi terkait informasi beasiswa lokal dan nasional.
4. Melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait kunjungan pihak UIB ke berbagai lembaga.
5. Mempelopori usaha pemasaran dan kegiatan terkait lainnya baik internal maupun external secara berkesinambungan dan professional.

 

FUNGSI:
1. Menyebarluaskan informasi penerimaan dan pendaftaran mahasiswa baru.
2. Melaksanakan proses penerimaan mahasiswa baru.
3. Melaksanakan kegiatan pemasaran dan promosi universitas.
4. Mengelola kegiatan pencitraan universitas.
5. Mempublikasikan dan mendokumentasikan seluruh kegiatan universitas.
6. Melaksanakan dan mengembangkan kegiatan kerjasama dalam negeri.

LAYANAN:
1. Layanan Mou dan MoA dengan instansi dalam negeri.
2. Layanan sewa ruang dan fasilitas.
3. Layanan sertifikat kegiatan.
4. Layanan beasiswa mahasiswa baru.
5. Layanan pembelian souvenir universitas.
6. Layanan mahasiswa baru.

STRUKTUR ORGANISASI

Visits: 3186 Visits: 5 Visits: 1988218