Lima Mahasiswa UIB Program Studi Teknik Sipil Mengikuti Program MBKM: Pertukaran Mahasiswa Ke Universitas Atma Jaya, Yogyakarta

Ditulis oleh humas

On November 3, 2022

Universitas Internasional Batam mempersiapkan mutu lulusan dalam menghadapi tantangan dan persaingan global. Salah satunya melalui program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dimana mahasiswa memiliki hak untuk mengikuti pembelajar di luar program studi selama maksimal tiga semester. Mahasiswa dapat mengikut program MBKM yaitu kegiatan magang, pertukaran mahasiswa, kewiraushaan, asistensi mengajar, penelitian, studi independen, proyek kemanusiaan, kuliah kerja nyata, dan bela negara. Program MBKM memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan soft skills dan hard skills.  Universitas Internasional Batam mendukung mahasiswa untuk Kuliah di Luar Kampus salah satunya dengan mengikuti kegiatan Pertukaran Mahasiswa di kampus lain.

Pusat Pengembangan Merdeka Belajar melalui Hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka-Institutional Support System (PKKM-ISS) tahun 2022 memberangkatkan 5 mahasiswa Program Studi Teknik Sipil UIB untuk mengikuti pertukaran mahasiswa selama 1 semester di Universitas Atma Jaya, Yogyakarta . Mahasiswa dibiayai tiket pulang-pergi, biaya hidup serta transportasi lokal selama program dilaksanakan. Mahasiswa yang mengikuti Program Kuliah di Luar Kampus yaitu Jason Budiono, Vincent Aluna Ricardo, Yosepine Abigail Taruli Sinembela, Pebri Gery Valentine Sinaga, dan Eldad Yaazanya Eukharistio Tetelepta. Kelima mahasiswa tersebut berangkat pada 20 Agustus 2022 dan memulai perkuliahan di Universitas Atma Jaya sejak 22 Agustus 2022 . Sebelum keberangkatan, Pusat Pengembangan Merdeka Belajar UIB berserta Prodi melaksanakan pertemuan dengan orang tua mahasiswa untuk berkomunikasi terkait program dan kesiapapan keberangkatan ke perguruan tinggi tujuan.

Program ini dilaksanakan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa di perguruan tinggi lain yang memiliki atmosfer akademik berbeda melalui transfer kredit dan perolehan kredit. Kemudian,  peningkatan wawasan kebangsaan yang  bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam peningkatan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, dan wadah perekat kebangsaan juga untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan softskill mahasiswa yang mampu bergaul dengan beragam latar belakang agar nilai persatuan dan nasionalisme meningkat. Diharapkan melalui kegiatan ini semakin banyak mahasiswa UIB yang beminat untuk mengikuti program MBKM salah satu nya Program Pertukaran Mahasiswa. (Pusat Pengembangan Merdeka Belajar).

Berita Lainnya…

Fun Day 3×3 Internal Cup UIBBC

Fun Day 3×3 Internal Cup UIBBC

Bola basket merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan banyak orang. Olahraga basket telah menjadi salah satu sarana positif yang dapat dijadikan sebagai pengembangan prestasi mahasiswa/i dalam bidang olahraga. Tidak dapat disangkal bahwa saat ini...