Pelatihan Keterampilan Kesehatan Mental Bagi Dosen Dalam Penanganan Stres Pada Masa Pembelajaran Daring

Ditulis oleh humas

On Januari 21, 2021

Untuk dapat mendampingi mahasiswa/i dengan berbagai macam situasi stress dan tekanan, Academic Development Center mengadakan Webinar “Pelatihan Keterampilan Kesehatan Mental Bagi Dosen Dalam Penanganan Stres Pada Masa Pembelajaran Daring pada hari Jumat,15 Januari 2021 Pukul 16.00 – 17.00. Webinar ini dilaksanakan secara online menggunakan zoom dengan pembicara Istiqomah Yungsiana, S.Psi., M.Psi., Psikolog (Psikolog Pendidikan, Alumni Psikologi UGM Yogyakarta) dan Moderator Aan Andriawan, M.T selaku ADC UIB.

 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak awal masa pandemic Covid-19 memberikan beberapa panduan dalam pelaksanaan pembelajaran di era terlebih saat ini masyarakat Indonesia disiapkan untuk memasuki fase adaptasi kebiasaan baru (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020). Sayangnya beberapa acuan perubahan tata kelola kehidupan dan kebiasaan tersebut hanya berpatokan pada adaptasi kebiasaan fisik. Acuan dan penyesuaian yang menyangkut aspek psikologis hampir tidak dibahas dengan detail. Apabila melihat pada kenyataan kehidupan, aspek psikologis perlu mendapat sorotan yang serius mengingat banyak permasalahan psikologis yang muncul akibat wabah Covid-19.

Dosen, sebagai bagian dari masyarakat Indonesia juga perlu mengikuti pola adaptasi kebiasaan baru. Dalam rangka menghadapi fase adaptasi kebiasaan baru, beberapa hal harus dilakukan oleh para Dosen. Dosen harus menjadi tauladan dalam pelaksanaan protokol kesehatan selama pembelajaran. Protokol kesehatan adalah kebiasaan selama kegiatan belajar harus diikuti dengan tertib agar terhindar dari wabah Covid-19. Dosen juga memiliki tugas untuk mendampingi para peserta didik selama kegiatan pembelajaran. Salah satu bentuk pendampingan yang harus dilakukan Dosen adalah menghadapi menangani siswa yang stres selama masa pembelajaran daring.

Webinar ini diharapkan dapat mendorong dosen untuk dapat menunjukan kematangan, kedewasaan, serta kesehatan jasmani dan rohani bagi Mahasiswa-Mahasiswi Universitas Internasional Batam. Kesehatan mental merupakan suatu aspek yang sangat mendasar bagi seorang Dosen dalam menyiapkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Apabila dosen mengalami gangguan dalam aspek Kesehatan mental, maka kondisi tersebut dikhawatirkan akan berdampak pada munculnya berbagai gangguan selama proses pembelajaran dan yang lebih dikhawatirkan kondisi ini akan memberikan dampak buruk kepada keadaan mental para peserta didik. Wilson, dalam Rusmana (Rusmana 2009) menyimpulkan, dari enam kriteria PTSD terdapat lima macam bentuk gangguan pada aspek kehidupan. Kelima aspek tersebut adalah aspek fisik, aspek emosi, aspek mental, aspek perilaku, dan aspek spiritual. Melihat fenomena dan kebutuhan yang ada, maka disimpulkan terdapat kebutuhan untuk melatih kemampuan kesehatan mental bagi para dosen. Kebutuhan tersebut dianggap semakin mendesak mengingat semakin banyak masalah pada proses pembelajaran pada masa adaptasi kebiasaan baru. Maka dari itu diadakan pelatihan mengenai Kesehatan mental dalam pembalajaran daring di lingkungan Universitas Internasional Batam.

Berita Lainnya…

IKA UIB Melibatkan Alumni Dalam Webinar Branding Your Business

IKA UIB Melibatkan Alumni Dalam Webinar Branding Your Business

Batam, 2 Maret 2021. Ikatan Keluarga Alumni Universitas Internasional Batam sukses (IKA UIB) melaksanakan Webinar Branding Your Business. Webinar ini mengangkat tema "Present Your Business as A Brand” yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan bisnis masa kini....

Webinar A New Tomorrow Of Destination: Staycation Or Vacation

Webinar A New Tomorrow Of Destination: Staycation Or Vacation

Fenomena COVID-19 menyebabkan terbatasnya ruang gerak dan mobilitas manusia sehingga banyak orang tidak dapat melakukan aktifitas seperti bekerja dan hal-hal yang dikerjakan diluar rumah secara bebas. Hal tersebut menimbulkan stres bagi kebanyakan orang. Keinginan...