PANDUAN PENDAFTARAN ONLINE BAGI CALON MAHASISWA BARU

1. Tujuan

Panduan ini digunakan untuk membantu Calon Mahasiswa Baru dalam melakukan pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru baik Gelombang Beasiswa maupun Gelombang Reguler secara online melalui website pendaftaran http://pendaftaran.uib.ac.id/

 

2. Ketentuan

1. Pengisian biodata diri dan data lainnya pada saat pendaftaran harus sesuai dengan Kartu Keluarga.

2. Apabila ada data yang berbeda antara Kartu Keluarga dengan Akta lahir atau Ijazah, maka calon mahasiswa harus membuat surat pernyataan bermaterai yang menerangkan bahwa data tidak sesuai.;

3. Seluruh calon mahasiswa wajib membayar biaya pendaftaran untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk sebesar:

      • Gelombang Beasiswa : Rp 150.000,00
      • Gelombang Reguler : Rp 250.000,00
Tahap pembayaran pendaftaran:

–  Setelah mengisi website pendaftaran, pembayaran pendaftaran dilakukan melalui transfer Rekening Bank di bawah ini:

Nomor Rekening : 8000 8041 6800

Nama Pemilik Rekening : YMTI Universitas Internasional Batam

Nama Bank : CIMB Niaga

–  Calon Mahasiswa wajib melampirkan bukti transfer pembayaran/rekening koran pada:
Menu : ”Dokumen” di laman website pendaftaran online (www.pendaftaran.uib.ac.id) pada bagian Bukti Bayar.

–  Calon Mahasiswa wajib mengisikan Nama Pemilik Rekening dan Nama Bank sesuai keterangan Rekening yang digunakan untuk melakukan pembayaran.

 

3. Instruksi Pendaftaran

1. Membuka laman http://pendaftaran.uib.ac.id/ untuk melakukan pengisian data diri dan unggah dokumen persyaratan. Pada halaman depan (beranda) terdapat beberapa tab menu yaitu:

1. Beranda; terdapat menu Pendaftaran dan Akademik. Menu Akademik adalah menu yang berisi informasi mengenai Program Studi;

2. Gelombang; yang mana jika meng-klik menu ini maka akan langsung masuk ke menu pendaftaran;

3. Informasi Umum; yang terdiri dari Persyaratan Peserta Ujian Saringan Masuk, Tabel Biaya Pendidikan, serta informasi tentang asrama atau kos-kosan;

4. Kontak; terdiri dari nomor telepon, email, alamat serta peta lokasi kampus

5. Daftar/Login; calon mahasiswa log-in menggunakan akun untuk melakukan pendaftaran. Apabila belum mempunyai akun maka harus membuat akun terlebih dahulu.

 

2. Calon mahasiswa dapat masuk ke menu Gelombang atau langsung ke menu Pendaftaran yang terdapat pada menu Beranda

3. Calon mahasiswa harus log-in terlebih dahulu meggunakan akun kemudian klik DAFTAR. Apabila belum mempunyai akun maka harus membuat akun terlebih dahulu dengan cara mengklik menu Daftar/Login di kanan atas menu, seperti di bawah ini:

Catatan: Data Nama Lengkap dan NIK wajib diisi sesuai data di Kartu Keluarga Peserta.

 

4. Ini adalah tampilan login jika belum memilki akun, masukan email yang aktif dan password (bebas) lalu klik tombol login. Jika login berhasil akan muncul info lalu cek kotak masuk pada email yang tadi dipakai untuk verifikasi.

 

5. Tampilan Konfirmasi Registrasi Akun di kotak masuk email Pendaftar, kemudian Klik Untuk Konfirmasi Registrasi seperti di bawah ini:

 

6. Pendaftar akan dibawa ke laman Konfirmasi Akun Baru seperti di bawah ini:

 

7. Setelah berhasil membuat akun, pendaftar sudah bisa login untuk mulai melakukan pendaftaran dengan mengisi form pendaftaran calon mahasiswa program sarjana yang terdiri dari menu: Biodata Diri, Biodata Orangtua, dan Upload Dokumen.

a. Pada menu Biodata Diri, seluruh kolom tanda (*) adalah wajib diisi oleh Peserta dan dengan ketentuan berikut ini

b. Pada menu Dokumen, semua berkas yang tertera pada laman website WAJIB diunggah dalam format PDF dengan ukuran dokumen maksimal 2 (dua) MB seperti:

 

Catatan:

a. Dokumen yang diunggah Calon Mahasiswa harus memiliki resolusi yang layak/dapat dibaca dengan jelas (agar menghindari penolakan verifikasi).

b. Dokumen yang diunggah peserta harus memiliki format nama file:

           Nama Peserta – Tempat Tanggal Lahir (dd-mm-yyyy) – Nama Dokumen

 

8. Dokumen yang telah diunggah harus mendapatkan verifikasi terlebih dahulu dari tim panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, apakah berkas yang diunggah disetujui atau ditolak. Proses verifikasi ini memakan waktu maksimal 2 x 24 jam hari kerja. Calon Mahasiswa dapat logout terlebih dahulu dan dapat log-in kembali di hari yang sama atau di hari selanjutnya. Status pemeriksaan dokumen dapat dilihat pada keterangan seperti pada gambar berikut:

9. Jika sudah menyelesaikan ke bagian akhir, Calon Mahasiswa bisa mengecek status dalam menu Akun Saya, yang berisi tentang informasi pendaftaran, status pembayaran dan  password untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk di UIB. Calon Mahasiswa harus mengingat jadwal ujian saringan masuk. Proses pendaftaran telah selesai.

Berikut tampilan menu Akun Saya bila sudah disetujui.

 

Panduan untuk pendaftaran online dapat dilihat pada video berikut