PANDUAN PENDAFTARAN ONLINE BAGI CALON MAHASISWA BARU

1. Tujuan

Ketentuan ini digunakan sebagai panduan untuk Calon Mahasiswa Baru melakukan pendaftaran secara online melalui sistem PMB baik Gelombang Beasiswa maupun Gelombang Reguler.

 

2. Ketentuan

1. Penginputan data online harus berdasarkan data di Kartu Keluarga.

2. Jika ada data yang berbeda antara Kartu Keluarga dengan Akta Lahir atau Ijazah, maka calon mahasiswa harus menyerahkan Kartu Keluarga yang terbaru;

3. Seluruh peserta wajib melakukan pembayaran pendaftaran awal untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk dengan nominal:

      • Gelombang Beasiswa : Rp 150.000,00
      • Gelombang Reguler : Rp 250.000,00
Tahap pembayaran pendaftaran:

–  Setelah mengisi website pendaftaran, pembayaran pendaftaran dilakukan melalui transfer Rekening Bank di bawah ini:

Nomor Rekening : 8000 8041 6800
Nama Pemilik Rekening : YMTI Universitas Internasional Batam
Nama Bank : CIMB Niaga

–   Setelah transfer, peserta wajib melaporkan pembayaran yang sudah dilakukan melalui tautan/link berikut: http://bit.do/konfirmasipembayaranuib

–   Melalui tautan/link di atas, pembayaran yang telah dilakukan akan tercatat. Pihak UIB akan mengirimkan Kuitansi bukti pembayaran ke email masing-masing pendaftar, dalam waktu dua hari kerja. Bagi peserta yang belum mendapatkan kuitansi pembayaran UIB dalam dua hari kerja, harap melapor ke Humas UIB (WhatsApp: 082283805873).

–   Peserta wajib melampirkan bukti pembayaran/kuitansi biaya pendaftaran pada:

Menu : ”Dokumen” di laman website pendaftaran online di: www.pendaftaran.uib.ac.id pada bagian Bukti Bayar.

 

3. Instruksi Pendaftaran

1. Membuka laman http://pendaftaran.uib.ac.id/ untuk melakukan pengisian data diri dan unggah dokumen persyaratan. Pada halaman depan (beranda) terdapat beberapa tab menu yaitu:

1. Beranda; terdapat menu Pendaftaran dan Akademik. Menu Akademik adalah menu yang berisi informasi mengenai Program Studi;

2. Gelombang; yang mana jika meng-klik menu ini maka akan langsung masuk ke menu pendaftaran;

3. Informasi Umum; yang terdiri dari Persyaratan Peserta Ujian Saringan Masuk, Tabel Biaya Pendidikan, serta informasi tentang asrama atau kos-kosan;

4. Kontak; terdiri dari nomor telepon, email, alamat serta peta lokasi kampus

5. Daftar/Login; calon mahasiswa log-in menggunakan akun untuk melakukan pendaftaran. Apabila belum mempunyai akun maka harus membuat akun terlebih dahulu.

 

2. Calon mahasiswa dapat masuk ke menu Gelombang atau langsung ke menu Pendaftaran yang terdapat pada menu Beranda

 

3. Calon mahasiswa harus login terlebih dahulu meggunakan akun kemudian klik DAFTAR. Apabila belum mempunyai akun maka harus membuat akun terlebih dahulu dengan cara mengklik menu daftar/login di kanan atas menu, seperti di bawah ini:

Catatan: Data Nama Lengkap dan NIK wajib diisi sesuai data di Kartu Keluarga Peserta.

 

4. Ini adalah tampilan login jika belum memilki akun, masukan email yang aktif dan password (bebas) lalu klik tombol login. Jika login berhasil akan muncul info lalu cek kotak masuk pada email yang tadi dimasukan untuk verifikasi.

 

5. Tampilan Konfirmasi Registrasi Akun di kotak masuk email Pendaftar, kemudian Klik Untuk Konfirmasi Registrasi seperti di bawah ini:

 

6. Pendaftar akan dibawa ke laman Konfirmasi Akun Baru seperti di bawah ini:

 

7. Setelah berhasil membuat akun, pendaftar sudah bisa login untuk mulai melakukan pendaftaran dengan mengisi form pendaftaran calon mahasiswa program sarjana yang terdiri dari menu: Biodata Diri, Biodata Orangtua, dan Upload Dokumen.

a. Pada menu Biodata Diri, seluruh kolom tanda * adalah wajib diisi oleh Peserta dan dengan ketentuan berikut ini

b. Pada menu Biodata Orang Tua, seluruh kolom tanda * adalah wajib diisi oleh Peserta dan dengan ketentuan berikut ini:

c. Pada menu Dokumen, semua berkas yang tertera pada laman website WAJIB diunggah dalam format PDF dengan ukuran dokumen maksimal 2 (dua) MB seperti: Akta Lahir, Kartu Keluarga, Pas Foto, Kartu Identitas, Bukti Pembayaran, Rapor Semester 1-4, dan Surat Keterangan Sekolah/Ijazah dan SKHU.

Catatan:

a. Dokumen yang diunggah peserta harus memiliki resolusi yang layak/dapat dibaca dengan jelas (agar menghindari penolakan verifikasi).

b. Dokumen yang diunggah peserta harus memiliki format nama file:

           Nama Peserta – Tempat Tanggal Lahir (dd-mm-yyyy) – Nama Dokumen

 

8. Dokumen yang telah diunggah harus mendapatkan verifikasi terlebih dahulu dari tim panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, apakah berkas yang diunggah disetujui atau ditolak. Proses verifikasi ini memakan waktu maksimal 1 x 24 jam hari kerja. Pendaftar dapat logout terlebih dahulu dan dapat login kembali di hari yang sama atau di hari selanjutnya.

9. Pendaftar log-in kembali dan akan muncul seperti ini

Proses pendaftaran selesai dan pendaftar sudah bisa mengikuti Ujian Saringan Masuk dan mendapatkan Kartu Ujian.

 

10. Jika sudah menyelesaikan ke bagian akhir, calon peserta bisa mengecek status dalam menu Akun Saya, yang berisi tentang informasi pendaftaran, status pembayaran dan  password untuk mengikuti Ujian Saringan Masuk di UIB. Peserta harus mengingat jadwal ujian saringan masuk. Proses pendaftaran telah selesai.

 

Panduan untuk pendaftaran online dapat dilihat pada video berikut