Program Praktisi Mengajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing oleh Program Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Internasional Batam

Ditulis oleh humas

On November 10, 2022

Praktisi Mengajar adalah Program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen juara agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring. Pada program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UIB, diterapkan pada mata kuliah yaitu Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), dilaksanakan selama 4 pertemuan dengan praktisi mengajar bernama Alinda Ch. P. Dariseh.

Batam, Oktober 2022, Program Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris melaksanakan Program Praktisi Mengajar. Kegiatan ini berlangsung selama 1 bulan. Adapaun praktisi dalam program kali ini yaitu Alinda Ch. P. Dariseh guru di sekolah Global Indo-Asia, dan dosen pada mata kuliah ini yaitu Maya Marsevani, S.Pd., M.Pd. Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Pengajaran BIPA pada umumnya hampir sama dengan pengajaran pada umumnya. Hal yang membedakan dari pengajaran umumnya, yaitu tingkatan materinya dan pemelajaranya. Kedua hal itulah yang membedakan secara prinsip dengan pembelajaran pada umumnya. Kalau teori pembelajaran pada umumnya, pembelajaarn BIPA hampir sama, seperti metode pembelajaran, penguasaan kemampuan mengajar, media, evaluasi, format RPP-nya, maupun perangkat pengajaran lainnya. kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan BIPA Instructor yang merupakan salah satu prospek karir dalam jurusan Pendidikan Bahasa Inggris.

Berita Lainnya…

Fun Day 3×3 Internal Cup UIBBC

Fun Day 3×3 Internal Cup UIBBC

Bola basket merupakan salah satu olahraga yang cukup populer di kalangan banyak orang. Olahraga basket telah menjadi salah satu sarana positif yang dapat dijadikan sebagai pengembangan prestasi mahasiswa/i dalam bidang olahraga. Tidak dapat disangkal bahwa saat ini...