Story.ID

Written By Jodi Jodi

On Juli 8, 2021
  1. Eva Noorliana / 1941367/ Manajemen (MN)
  2. Estina Sativa / 1941347/ Manajemen (MN)
  3. Estefania / 1941256 / Manajemen (MN)

Dosen Pembimbing : Erilia Kesumahati,S.Si., M.M., Apt.

 

Usaha yang akan kami jalankan bernama Story.ID, usaha ini bergerak dibidang pembuatan kartu ucapan, kartu nama, dan kemasan yang berbahan dasar dari kertas daur ulang atau yang bisa kita sebut dengan eco paper. Alasan kami memilih usaha ini dikarenakan sampah kertas yang cukup mendominasi apalagi sumber pembuatan kertas berasal dari kayu yang dapat menyebabkan penebangan liar yang mengakibatkan pemanasan global dan berbagai masalah lingkungan lainnya. Dilansir dari (Akbar, 2020) kebutuhan kertas mengalami kenaikan 2% per tahun menjadikan industri kertas memiliki potensial untuk dikembangkan. Saat ini kertas dipercaya sebagai bahan yang paling efektif dan efisien untuk media pengemasan.

Upaya yang akan kami lakukan adalah mendaur ulang kertas bekas menjadi kertas yang dapat dipakai kembali dan menciptakan nilai estetik melalui kartu ucapan, kartu nama dan kemasan yang akan kami tawarkan. Persaingan yang semakin ketat dalam memasarkan produk menuntut para usaha kecil maupun menengah untuk menarik konsumen terhadap produknya. Kami harap dengan adanya thank you card serta kemasan dari bahan eco paper yang kami produksi bisa menambah nilai jual dari produk UMKM serta menambah kepedulian masyarakat sekitar terhadap limbah kertas. Sehingga kedepannya pemanfaatan limbah kertas akan lebih maksimal.

 

Produk atau Jasa

Pada usaha Story.ID kami memiliki beberapa produk maupun jasa yang kami tawarkan kepada para customer. Yaitu:

  1. Thank You Card

Thank You card merupakan produk andalan yang kami buat dari kertas daur ulang dengan tujuan selain mengurangi produksi limbah kertas, juga untuk meningkatkan nilai jual produk UMKM. Selain itu kami juga turut membantu memberikan design logo produk untuk memaksimalkan tampilan produk yang dijual oleh UMKM.

  1. Packaging

Selain mengolah kertas bekas menjadi thank you card disini kami juga mengolah kertas bekas menjadi kemasan untuk produk-produk UMKM berupa box atau kotak pembungkus.

  1. Name Card

Disini Story.ID juga melayani pembuatan name card dengan bahan baku kertas daur ulang yang lebih ramah lingkungan. Adapun name card ini bisa digunakan sebagai kartu ucapan selamat untuk event-event tertentu seperti hari raya, ucapan hari Ibu, dan lain-lain

  1. Seminar pengolahan kertas bekas menjadi kertas daur ulang

Story.ID turut mendukung meluasnya pemanfaatan limbah kertas sebagai produk daur ulang. Story.ID berkomitmen untuk memberikan pelatihan pemanfaatan limbah kertas sebagai produk lain yang memiliki nilai ekonomis.

Dikutip dari sumber (Keeping Notes of Our Paper Trail, 2019) di Indonesia sendiri rata- rata setiap orang mengkonsumsi 27kg kertas per tahun dan limbah sampah kertas mencapai 28% dari total sampah yang menumpuk di tempat pembuangan akhir. Solusinya sama untuk setiap jenis limbah lainnya yaitu mengurangi dan melakukan daur ulang. Untuk mengatasi masalah tersebut maka kami akan menawarkan produk berupa kartu ucapan, kartu nama dan kemasan produk yang berbahan dasar kertas daur ulang terutama bagi para pengusaha UMKM dan seller online shop. Pada jasa kami menawarkan event seminar yang akan memberikan informasi mengenai pemanfaatan limbah kertas menjadi kertas yang dapat digunakan kembali serta dampak limbah kertas bagi dunia saat ini. Melalui Story.ID kami berharap limbah kertas yang ada setidaknya dapat dikurangi dan memberikan unsur nilai yang baru melalui kertas bekas yang telah diolah serta memberikan manfaat bagi para pengusaha UMKM ataupun seller online shop.

Artikel Lainnya…

Ri_Coffee

Steven Shui /1911006 / Teknik Sipil (TS) Kian Richardoegan / 1911010 / Teknik Sipil (TS) Melvin             / 1911019 / Teknik Sipil (TS) Rico Winardo / 1911028 / Teknik Sipil (TS) Wishly Wijaya / 1911001 / Teknik Sipil (TS) Dosen Pengampu : Dr. Antony S   Coffee...

KEBOEN HIJOPONIK

Muhammad Naufal Dzaky / 1941021 / Manajemen (MN) Julia Rahayu Putri / 1941053 / Manajemen (MN) Dhifira Annisa Widyasari / 1941200 / Manajemen (MN) Dosen Pengampu : Dr. Agustina Fitrianingrum   Keboen Hijoponik merupakan jenis usaha di bidang sayuran yang berbasis...

PSYGO

Venessa / 1941313 / Manajemen (MN) Reky Martin / 1941371 / Manajemen (MN) Hendro             / 1941371 / Manajemen (MN) Lydia Fangestu / 1941167 / Manajemen (MN) Dosen Pembimbing : Dr. Johny Budiman,SE., SH., MM., M.Ak. Adanya konotasi negatif di Indonesia yang...