PON XX Papua 2021 02 - 15 Oktober 2021
SELENGKAPNYA
UCLC

UIB Center of Language and Culture

UIB Center of Language and Culture merupakan unit pelaksana teknis di bidang pengembangan pembelajaran dan layanan kebahasaan. Kepala UCLC dikoordinasikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik. UCLC mempunyai fungsi melaksanakan pengembangan pembelajaran, peningkatan kemampuan dan pelayanan uji kemampuan bahasa. UCLC menyelenggarakan baik kegiatan pembelajaran regular maupun kegiatan pembelajaran non reguler dalam bentuk pelatihan dan kursus di lingkungan UIB. Kegiatan pengembangan kebahasaan di UIB tersebut diselenggarakan dengan menggunakan anggaran UIB dan anggaran di luar UIB. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan berdasarkan Program diantaranya adalah :

  1. Pengajaran Bahasa Inggris 1 dan Bahasa Inggris 2 yang diperuntukkan untuk mahasiswa semester 1 dan semester 2 UIB.
  2. Pelatihan General English (GE) dan English for Specific Puposes (ESP) untuk internal UIB maupun eksternal UIB baik bagi akademisi maupun bagi profesi industri.
  3. Ujian Bahasa Inggris yang mencakup TOEFL IBT, TOEFL ITP, TOEIC, dan IELTS.
  4. Lokakarya Bahasa Inggris yang bertujuan untuk peningkatan kualitas pengajaran bahasa Inggris dan pengembangan kurikulum mata kuliah dan silabus pelatihan bahasa Inggris.
  5. Pengajaran dan pengembangan sertifikasi pengajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA)
  6. Penerjemahan dan Pelatihan Penerjemahan
  7. Kegiatan lintas budaya.

Kehadiran UCLC bukan hanya untuk keperluan akademik sivitas akademika UIB namun juga bagi masyarakat umum khususnya di wilayah Provinsi Kepualuan Riau. Sebagai wilayah terdepan dari Republik Indonesia, UCLC memiliki peran strategis dalam rangka meningkatkan kemampuan Sumber daya manusia khususnya dibidang bahasa. Dari sisi budaya, kehadiran UCLC menjadi salah satu instrument pengenalan bahasa dan budaya Indonesia bagi mitra UIB dan masyarakat internasional pada umunya.

Visi
Sebagai lembaga yang mendukung (supporting system) UIB sebagai universitas berstandar internasional melalui pelayanan bahasa dan budaya.

Misi
1. Menginisiasi kerjasama dibidang bahasa dan budaya dengan berbagai lembaga yang strategis untuk mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.
2. Berperan aktif dalam kegiatan kerjasama baik sebagai inisiator kegiatan, perencana kegiatan, fasilitator, maupun pelaksana.
3. Menyelenggarakan pelayanan bahasa kepada sivitas akademika UIB dan masyarakat umum dalam rangka peningkatan kemampuan bahasa dan pelayanan bahasa.

Tujuan
1. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sivitas akademika UIB melalui proses pembelajaran dan pelatihan.
2. Meningkatkan peran pembelajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing.
3. Meningkatkan pelayanan uji bahasa Inggris dan Indonesia bagi sivitas akademika Uib dan masyarakat umum.

Sasaran
1. Meningkatnya kemampuan bahasa Inggris sivitas akademika UIB hingga tingkat dasar untuk bekerja (basic working proficiency).
2. Meningkatnya jumlah partisipasi pelatihan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.
3. Meningkatnya jumlah partisipasi uji bahasa Inggris.

 

Mandarin Center

Mandarin center merupakan salah satu unit dibawah Biro UCLC, yang berperan sebagai pusat ujian internasional Bahasa Mandarin Paper Test dan Berbasis online, sebagai pusat pelatihan guru Bahasa Mandarin dan pengembangan budaya Tiongkok, serta sebagai pusat belajar Bahasa Mandarin.

VISI
Pusat Bahasa dan Budaya UIB (UCLC) bertujuan untuk menjadi pusat keunggulan layanan bahasa di Provinsi Kepulauan Riau

MISI
1. Untuk memberikan pelatihan bahasa nasional dan asing.
2. Untuk mempelajari bahasa dan instruksi bahasa.
3. Untuk menyebarluaskan informasi dan publikasi tentang studi bahasa dan pengajaran bahasa.
4. Meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran secara terus menerus.
5. Memperluas jaringan dengan lembaga lain baik di tingkat nasional dan internasional.

 

Tugas Pokok

1. Merumuskan strategi dan menyusun rencana pengembangan pelatihan Bahasa Inggris/Bahasa Mandarin;
2. Menyusun strategi peningkatan kualitas pelatihan Bahasa Inggris/Bahasa Mandarin;
3. Melaksanakan dan mengembangkan sistem monitoring dan evaluasi terkait pelaksanaan kegiatan pelatihan dan pusat tes Bahasa Inggris
4. Membuat laporan secara periodik

Fungsi
Melaksanakan dan mengembangkan kualitas pelatihan dan tes Bahasa Inggris/Bahasa Mandarin.

English Center

UIB Center of Language and Culture merupakan unit pelaksana teknis di bidang pengembangan pembelajaran dan layanan kebahasaan. Kepala UCLC dikoordinasikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik. UCLC mempunyai fungsi melaksanakan pengembangan pembelajaran, peningkatan kemampuan dan pelayanan uji kemampuan bahasa. UCLC menyelenggarakan baik kegiatan pembelajaran regular maupun kegiatan pembelajaran non reguler dalam bentuk pelatihan dan kursus di lingkungan UIB. Kegiatan pengembangan kebahasaan di UIB tersebut diselenggarakan dengan menggunakan anggaran UIB dan anggaran di luar UIB.

Visi
Sebagai lembaga yang mendukung (supporting system) UIB sebagai universitas berstandar internasional melalui pelayanan bahasa dan budaya.

Misi
1. Menginisiasi kerjasama dibidang bahasa dan budaya dengan berbagai lembaga yang strategis untuk mendukung pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi;
2. Berperan aktif dalam kegiatan kerjasama baik sebagai inisiator kegiatan, perencana kegiatan, fasilitator, maupun pelaksana;
3. Menyelenggarakan pelayanan bahasa kepada sivitas akademika UIB dan masyarakat umum dalam rangka peningkatan kemampuan bahasa dan pelayanan bahasa.

Tujuan

1. Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sivitas akademika UIB melalui proses pembelajaran dan pelatihan;
2. Meningkatkan peran pembelajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing;
3. Meningkatkan pelayanan uji bahasa Inggris dan Indonesia bagi sivitas akademika Uib dan masyarakat umum.

Sasaran
1. Meningkatnya kemampuan bahasa Inggris sivitas akademika UIB hingga tingkat dasar untuk bekerja (basic working proficiency);
2. Meningkatnya jumlah partsipasi pelatihan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia;
3. Meningkatnya jumlah partisipasi uji bahasa Inggris

Visits: 5881 Visits: 8 Visits: 1988174