PON XX Papua 2021 02 - 15 Oktober 2021
SELENGKAPNYA
UIB Excellence

Tematik kurikulum berbasis Kompetensi dan Implementasi Outcome Based Education

Desain kurikulum ini dirancang berdasarkan Market Signal yang dianalisis melalui hasil Tracer Study sebagai tanggapan terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (scientific vision), kebutuhan masyarakat (societal needs), serta kebutuhan pengguna lulusan (stakeholder needs). Mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dalam jenjang kualifikasi KKNI, dengan terus meningkatkan kualitas yang diakui melalui Akreditasi Nasional dan Internasional (Outcome Based Education).  UIB mengimplementasikan proses pendidikan yang dirancang sesuai perkembangan dan kemajuan teknologi Revolusi Industri 4.0 dan 21st Century Learning untuk meningkatkan kompetensi siswa yang mencakup kemampuan menganalisis fakta, informasi dan membuat penilaian objektif, kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan desain berpikir, termasuk keterampilan soft skill melalui program kewirausahaan.

Lulusan dengan English Competency

Mengikuti perkembangan globalisasi yang memicu peningkatan penggunaan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan bahasa Mandarin saat ini, maka UIB meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa dengan menyelenggarakan kelas internasional, yaitu program bilingual berbahasa Inggris secara bertahap dan konsisten menggunakan dua bahasa dalam instruksi, tulisan formal, belajar, dan komunikasi. UIB juga menetapkan skor TOEIC di tingkat Intermediate sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa. Tahun 2007 UIB ditetapkan sebagai TOEIC Test Center dan penyelenggara IBT (Internet Based TOEFL) yang ke-4 di Indonesia yang merupakan penyelenggara pertama di luar Pulau Jawa. Sementara itu pada pembelajaran bahasa Mandarin, UIB menetapkan sebagai bagian dari kurikulum dalam mata kuliah wajib dua semester. Sejak 2008, UIB ditunjuk menjadi partner Konsorsium Bahasa Mandarin Depdiknas sebagai Penyelenggara Ujian Negara Bahasa Mandarin (YCT, BCT, HSK). Ujian Internasional Bahasa Mandarin ini dilakukan setahun dua kali oleh Mandarin Center UIB yang bekerja sama dengan Departemen Pendidikan China.

Program Beasiswa

UIB memberikan bantuan keuangan kepada mahasiswa untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh melalui berbagai program beasiswa. Beasiswa yang ditawarkan dapat diberikan oleh lembaga pemerintah maupun yayasan UIB untuk mahasiswa dengan prestasi akademis dan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi. Program beasiswa diberika untuk calon mahasiswa dalam negeri hingga mahasiswa asing.

Program Kewirausahaan

Program kewirausahaan telah diimplementasikan secara terpadu oleh UIB sejak 2008, yang diperkenalkan dari tahun-tahun awal perkuliahan melalui berbagai kegiatan seperti pendidikan, kuliah umum dengan mengundang para pelaku usaha, dan projek mengawasi perusahaan mendium kecil (SME). Pendidikan ini menekankan pada nilai-nilai yang membentuk karakter dan perilaku mahasiswa secara utuh (holistik), agar tercipta motivasi, kreatifitas, karya, pemahaman dan ketrampilan sebagai wirausaha.

Mitra dengan Lembaga Terkemuka

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, UIB mengembangkan kerja sama serta kemitraan dan kolaborasi dengan perguruan tinggi, industri, dan lembaga-lembaga dalam negeri dan luar negeri.

Lokasi dan Fasilitas

Universitas Internasional Batam berlokasi di daerah yang sangat strategis dan dekat dengan pusat bisnis. Berbatasan dengan Singapura dan Malaysia sebagai nilai tambah dalam pengembangan program internasional. Kenyamanan dan kelengkapan fasilitas di dalam kampus UIB juga didukung oleh lingkungan kampus yang kondusif, mahasiswa dapat mengakses fasilitas pendidikan dan penelitian yang terbaik, mendapatkan pengalaman dan pendekatan yang inovatif dalam pembelajaran dan penelitian. Mahasiswa akan mendapatkan kehidupan kampus yang dipenuhi oleh kegiatan budaya, sosial dan olah raga.

Program Internasional

Untuk mewujudkan standar internasional, UIB menciptakan berbagai program internasional yang dirancang oleh International Relation Office (IRO) atau Kantor Urusan Internasional dengan mengirimkan mahasiswa ke luar negeri (outbound students) dan menerima mahasiswa asing (inbound students). Program ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas mahasiswa agar dapat bersaing secara global melalui kurikulum dan sertifikasi nasional dan internasional dengan biaya terjangkau. Program Internasional yang ditawarkan antara lain:

  1. Language & Cultural Camp (2-3 weeks)

Kegiatan yang berfokus pada pelajaran budaya dan bahasa asing di luar negeri selama 2 sampai 3 minggu.

  1. Credit Transfer (1-2 semesters)

Belajar di universitas luar negeri selama 1 sampai 2 semester.

  1. Joint Degree
  • 2 + 2 Program, belajar 2 tahun di UIB dan 2 tahun di luar negeri dan mendapatkan gelar sarjana dari UIB dan universitas luar negeri sekaligus.
  • 1 + 1 Program (program S2), belajar 1 tahun di UIB dan 1 tahun di luar negeri dan mendapatkan gelar magister dari UIB dan universitas luar negeri sekaligus
  1. Fast Track (3+2 Program)

Belajar 3 tahun di UIB dan 2 tahun di luar negeri dalam jenjang S1 dan S2, dan mendapat gelar sarjana dari UIB dan gelar magister dari universitas luar negeri sekaligus.

  1. Internship & Language Courses

Melakukan magang industri di luar negeri dan belajar bahasa asing secara bersamaan selama 1-2 tahun.

  1. Joint seminar/activities

Berpartisipasi atau melakukan seminar bersama/kegiatan antara UIB dan lembaga di luar negeri.

 

Visits: 3874 Visits: 3 Visits: 1729914