Penulis: Nurul Hosna (2341304) | Editor: Ambarwulan, S.T.
Batam, 26 Juli 2025 – Dalam rangka menjamin kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan zaman dan dunia kerja, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Internasional Batam (UIB) menyelenggarakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Peninjauan Kurikulum Program Sarjana. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Juli 2025, pukul 09.00–14.30 WIB, bertempat di Ruang Grand Yayasan dan Grand Center UIB serta disiarkan secara daring melalui Zoom Meeting.
FGD ini merupakan tindak lanjut dari program Biro Academic Development Center (ADC) UIB, yang kemudian diimplementasikan secara langsung oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Tujuannya adalah untuk meninjau kurikulum eksisting dan mendapatkan masukan substantif dari para pemangku kepentingan: dosen, mahasiswa, alumni, dan mitra kerja sama.
Acara diawali dengan registrasi dan pembukaan oleh MC, Tasya Meylarisman (2361019), dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Pandu Prasodjo, S.Pd., M.Pd. selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan. Setelah itu, Ms. Leil Badrah Zaki, S.Pd., M.Pd. selaku Kaprodi PBI memaparkan struktur kurikulum, capaian pembelajaran lulusan, serta pemaparan lain di Prodi PBI yang terlampir pada PPT yang sudah dibagikan langsung kepada seluruh peserta yang hadir.
Sesi diskusi inti dibagi dalam dua forum paralel:
- Forum Alumni & Mahasiswa Aktif di Ruang Grand Yayasan, difasilitasi oleh Ms. Theodesia Lady Pratiwi, S.Pd., M.Hum., Ms. Desty Febria, S.Pd., M.TESOL., dan Sir Hilarius Raditya Priambada Purba, S.Pd., M.Pd.
- Forum Mitra & Dunia Kerja di Ruang Grand Center, dipandu oleh Ms. Leil Badrah Zaki, S.Pd., M.Pd., Dr. Pandu Prasodjo, S.Pd., M.Pd., Sir Hendra Nugraha, S.S., M.Hum., dan Ms. Maya Marsevani, S.Pd., M.Pd
Dalam sesi alumni dan mahasiswa, berbagai masukan diberikan, seperti kebutuhan peningkatan praktik penulisan ilmiah, pentingnya pendekatan microteaching berbasis anak, serta penguatan materi writing dan critical thinking. Beberapa alumni juga menyoroti perlunya strategi pembelajaran yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan literasi digital.
Sementara itu, di forum mitra, perwakilan dari lembaga seperti Rainbow Kids, SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 2 Batam, MGMP, APPBIPA, dan Sekolah Global Indo Asia menyampaikan rekomendasi penting, antara lain:
- Penekanan etika, karakter, dan psikologi pendidikan dalam capaian pembelajaran lulusan.
- Integrasi teknologi, AI, dan pendekatan pembelajaran berbasis proyek.
- Relevansi kurikulum terhadap kebutuhan industri lokal (misalnya English for Tourism) dan ESP.
- Penguatan praktik asesmen dan pengembangan materi ajar, serta keterampilan publikasi ilmiah.
Kegiatan ditutup dengan dokumentasi dan ramah tamah. Sebagai bagian akhir dari rangkaian, juga diselenggarakan FGD lanjutan khusus alumni angkatan 2019.
Melalui kegiatan FGD ini, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIB menegaskan komitmennya untuk membuka ruang refleksi kurikulum secara terbuka dan inklusif. Masukan dari berbagai pihak menjadi dasar penting dalam proses penyempurnaan kurikulum ke depan.
“Saya sangat mengapresiasi perubahan kurikulum saat ini yang lebih detail dan aplikatif. Namun, pengalaman saya mengajarkan anak-anak menunjukkan bahwa kesiapan psikologis dan keterampilan manajemen kelas sangat penting untuk ditekankan sejak awal.” – Chairunnisa, S.Pd., Alumni PBI UIB Angkatan 2017
“Kurikulum perguruan tinggi harus dirancang adaptif terhadap perkembangan zaman, dengan menempatkan nilai karakter sebagai fondasi utama. Selain membekali mahasiswa dengan etika penggunaan teknologi seperti AI, penting pula untuk mengintegrasikan kearifan lokal seperti budaya Melayu ke dalam pembelajaran. Melalui tracer study yang berkelanjutan dan sinergi lintas sektor, kurikulum akan tetap relevan sekaligus visioner” – Kurniawan, S.S., M.Pd., Koordinator TEFLIN Chapter Riau–Kepri
FGD Peninjauan Kurikulum PBI 2025 berhasil menjadi ruang kolaboratif antara sivitas akademika dan mitra eksternal. Masukan yang dihasilkan akan menjadi rujukan dalam revisi kurikulum 2025/2026, yang selanjutnya akan divalidasi secara internal dan dilanjutkan dengan pelatihan dosen pengampu. Kegiatan ini juga menandai pentingnya keberlanjutan evaluasi kurikulum secara berkala untuk menghasilkan lulusan yang unggul, reflektif, dan kontekstual.
Program Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Internasional Batam