Bisnis Mati Tanpa Digital Marketing: Strategi Bertahan di Era Online 2025

Penulis: Angelica Friesta Giany (2331081), Anthony Irawan (2331125), Helen Febriana (2331046), Johan Davidson (2331078), Zaynulia Afifa (2331033)

Sumber: https://online.hbs.edu/blog/post/digital-marketing-skills

Digital marketing telah menjadi pilar penting dalam strategi bisnis modern di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia mengalami perkembangan pesat dalam adopsi teknologi digital, mendorong banyak bisnis untuk beralih dari pemasaran tradisional ke pemasaran digital guna menjangkau audiens yang lebih luas dan relevan. Namun, meskipun potensinya besar, digital marketing di Indonesia bukan tanpa tantangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang tren terkini, strategi yang efektif, dan tantangan yang dihadapi oleh pemasar digital di Indonesia.

Di era ketika hampir semua orang terhubung melalui perangkat digital, konsep pemasaran telah berevolusi dari billboard dan iklan koran ke strategi berbasis “klik, like, dan share”. Inilah yang disinggung oleh istilah Digital Marketing (pemasaran digital), yaitu upaya promosi produk atau layanan melalui kanal digital seperti media sosial, email, mesin pencari, aplikasi seluler, dan banyak lagi.

Mengapa Digital Marketing Penting?

Karena dengan jalur digital, perusahaan bisa menargetkan audiens secara jauh lebih spesifik misalnya berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat dan berinteraksi dua arah dengan calon pelanggan, bukan hanya one-way seperti iklan tradisional.

Taktik yang umum digunakan termasuk optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran mesin pencari berbayar (SEM), pemasaran via email, media sosial, konten (blog, video), dan iklan tampilan (display ads). Dengan data dan teknologi, pemasar dapat mengukur hasil kampanye secara real-time: berapa klik, berapa konversi, dan bahkan perilaku pengguna setelah melihat iklan.

Sumber Gambar: ChatGPT

Tantangan Digital Marketing di Indonesia

Walaupun peluangnya besar, digital marketing menghadapi beberapa tantangan, seperti:

  1. Persaingan yang makin agresif antar bisnis di platform online
  2. Noise digital yang tinggi membuat brand harus kreatif untuk menonjol
  3. Aturan privasi data yang ketat sehingga strategi targeting perlu lebih hati-hati
  4. Kurangnya literasi digital pada sebagian pelaku UMKM

Tantangan ini menjadikan strategi pemasaran digital harus matang, relevan, dan konsisten dalam penyampaian pesan.

Bagi pelaku usaha termasuk startup, UKM, atau brand besar membangun strategi yang tepat sangat penting: mulai dari pemahaman siapa audiensnya, lewat kanal apa, hingga bagaimana pesan dibentuk agar relevan dan menarik. Pemasaran digital memberikan fleksibilitas besar: bisa skala kecil dengan biaya rendah untuk UKM, sekaligus bisa sangat besar untuk brand global.

Jika Anda masih mengandalkan cara lama saja menunggu orang lewat billboard sambil ngopi maka Anda mungkin tertinggal. Digital marketing bukan lagi opsi tambahan, tapi hampir jadi keharusan di zaman yang cepat dan penuh klik ini.

Jika bisnis masih mengandalkan cara lama yang hanya menunggu pelanggan lewat di depan toko, ada risiko besar untuk tertinggal. Digital marketing bukan lagi pelengkap, melainkan kebutuhan utama untuk bertahan di era yang serba digital dan serba cepat ini.

Dengan strategi yang tepat, digital marketing dapat menjadi kunci kesuksesan untuk memperkuat brand, meningkatkan penjualan, dan memenangkan pasar di Indonesia.

Editor: Gilang Ananda, S.Kom.

Referensi:

Baloi-Sei Ladi, Jl. Gajah Mada, Tiban Indah, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau 29426
(0778) 7437111
Temukan kami

Telusuri