UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM ID

[Batam, 29 April 2024] – Universitas Internasional Batam (UIB), khususnya Program Sarjana Pariwisata, membuka pelatihan prakerja bertajuk “Pelatihan Chic Etiquette: Pelatihan Table Manner dan Grooming Kekinian untuk Tampil Stylish dan Berkelas.” Pelatihan ini akan berlangsung mulai 30 April hingga 28 Mei 2024, menawarkan berbagai topik yang relevan dan mendalam.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta dalam bidang etika dan penampilan, yang sangat penting dalam industri saat ini terkhusus pariwisata. Jadwal pelatihan dan tema yang disediakan adalah sebagai berikut:

30 April: Pengantar Pariwisata dan Etika

07 Mei: Komunikasi dan Keramahtamahan Pelayanan

14 Mei: Praktikum Keterampilan Etika dan Evaluasi

17 Mei: Budaya dan Keragaman dalam Pariwisata

21 Mei: Praktikum Keterampilan Penampilan dan Evaluasi

28 Mei: Praktikum Penanganan Konflik

Kegiatan yang akan dipelajari dalam pelatihan ini mencakup:

1. Grooming dan Penampilan Menarik: Peserta akan belajar tentang pentingnya penampilan yang profesional dan stylish, serta bagaimana merawat diri untuk tampil menarik setiap saat.

2. Real Practice Table Manner: Pelatihan ini akan memberikan praktik langsung tentang etika meja makan, yang sangat penting dalam dunia pariwisata dan perhotelan.

3. Real Practice Pelayanan Servis: Peserta akan mendapatkan pengalaman praktis dalam memberikan pelayanan yang ramah dan profesional kepada tamu.

4. Real Practice Penanganan Konflik: Melalui simulasi dan studi kasus, peserta akan dilatih untuk menangani berbagai jenis konflik yang mungkin muncul dalam industri pariwisata.

Menurut Kepala Program Sarjana Pariwisata, Ibu Dame Afrina Sihombing, pelatihan ini dirancang untuk mempersiapkan para peserta dengan keterampilan yang diperlukan untuk sukses dalam dunia pekerjaan nantinya terkhusus pada industri pariwisata yang kompetitif. “Kami berharap melalui pelatihan ini, peserta tidak hanya memahami pentingnya etika dan penampilan dalam pariwisata, tetapi juga mampu menerapkannya dalam situasi nyata. Industri pariwisata membutuhkan individu yang tidak hanya terampil tetapi juga berpenampilan profesional dan beretika tinggi,” ujar Ibu Dame Afrina.

Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan daya saing peserta di pasar kerja. Dengan metode pembelajaran yang interaktif dan praktikal, peserta akan mendapatkan pengalaman langsung dan evaluasi berkala untuk memastikan pemahaman yang mendalam.

Universitas Internasional Batam, terutama Program Sarjana Pariwisata, berkomitmen untuk terus memberikan pelatihan dan pendidikan yang berkualitas. Harapan ke depannya adalah agar peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dalam karir mereka, serta memajukan industri pariwisata Indonesia dengan standar etika dan penampilan yang tinggi.

Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya bermanfaat bagi peserta, tetapi juga bagi perkembangan industri pariwisata secara keseluruhan. UIB berharap dapat terus berkontribusi dalam mencetak tenaga profesional yang siap bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Open chat
1
Butuh bantuan?
Humas UIB
Hallo, silahkan tanya sesuatu