UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM ID

[Batam, 14 Mei 2024] – Program Sarjana Hukum Universitas Internasional Batam (UIB) baru saja menyelenggarakan kegiatan pengabdian hukum tingkat internasional yang berfokus pada pengenalan hukum dan budaya Indonesia kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Atas dari Thailand. Acara bertajuk “Meet Up With Friends From Thailand: Understanding the Value of Indonesia’s Communal Intellectual Property” ini berlangsung di Ruang Kelas B308 Universitas Internasional Batam pada hari Jumat, 26 April 2024.

A group of people posing for a photo

Description automatically generated

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai hak kekayaan intelektual komunal Indonesia. Acara tersebut di isi oleh Bpk. Hari Sutra Disemadi, S.H., M.H., seorang dosen Hak Kekayaan Intelektual. Dalam pemaparannya, Bpk. Hari memperkenalkan berbagai aspek kekayaan intelektual komunal yang menjadi ciri khas budaya Indonesia, seperti Batik, Wayang, dan Makanan Tradisional/Pengetahuan Tradisional.

A group of people sitting in a classroom

Description automatically generated

Retno Andarini, mahasiswa hukum tingkat akhir UIB, turut ambil bagian dalam kegiatan ini. Ia membantu menjelaskan secara rinci tentang bagaimana budaya dan kekayaan intelektual komunal Indonesia dihargai dan dilindungi oleh hukum. Retno juga memaparkan tentang pentingnya menjaga dan melestarikan budaya sebagai identitas bangsa yang harus dihargai oleh semua pihak, termasuk negara tetangga.

Para peserta dari Thailand menunjukkan antusiasme yang tinggi selama acara berlangsung. Mereka tidak hanya belajar tentang konsep dasar hak kekayaan intelektual, tetapi juga terlibat dalam diskusi interaktif mengenai bagaimana nilai-nilai budaya ini dapat diapresiasi dan dilestarikan. Diskusi ini membantu memperkaya pemahaman mereka mengenai pentingnya menghargai kekayaan budaya yang dimiliki oleh negara lain.

Bpk. Hari Sutra Disemadi mengungkapkan harapannya bahwa materi yang disampaikan dapat memberikan wawasan berharga bagi para siswa-siswi Thailand. “Dengan mengenal dan memahami kekayaan intelektual komunal Indonesia, kami berharap tidak hanya warga Indonesia, tetapi juga negara tetangga dapat menghargai dan mencintai budaya kita,” ungkapnya.

A close-up of a paper puppet

Description automatically generated

Kegiatan ini juga mencerminkan semangat Universitas Internasional Batam (UIB) dalam membangun kerjasama internasional dan mempromosikan pemahaman lintas budaya. Melalui kegiatan seperti ini, Universitas Internasional Batam (UIB) berharap dapat membangun jembatan komunikasi yang kuat antara Indonesia dan negara-negara lain, khususnya dalam bidang hukum dan budaya.

Nama Siswa Thailand (Peserta)
NoSchool NameStudent NameGender
1Santichon Islamic SchoolPearwa PhengsalahPerempuan
2Santichon Islamic SchoolSitanun MuenphangwareePerempuan
3Santichon Islamic SchoolNattanan SomboonLaki-Laki
4Santichon Islamic SchoolNitchanan BoonchomPerempuan
5Santichon Islamic SchoolSirisin MuenphangwareeLaki-Laki
6Santichon Islamic SchoolNawaf KlinkasenLaki-Laki
7Santichon Islamic SchoolPhupa PhengsalahLaki-Laki
8Santichon Islamic SchoolSirawit ThienphithakkulLaki-Laki
9Santichon Islamic SchoolRazan SamalaPerempuan
10Santichon Islamic SchoolHaifa NgamsomchatPerempuan
11Santichon Islamic SchoolPaeploy WhangpakdiPerempuan
12Santichon Islamic SchoolGabina PathanPerempuan
13Santichon Islamic SchoolSarisa DamrongwangPerempuan
14Santichon Islamic SchoolNichapa MatungPerempuan
15Santichon Islamic SchoolPatchaya WuttichompooPerempuan
16Santichon Islamic SchoolThanatcha KongnakwongPerempuan
17Santichon Islamic SchoolPattharapol BooranavanichLaki – laki
18Santichon Islamic SchoolPatcharaporn VannatimPerempuan
19Thammissalam SchoolSunanta ThongloPerempuan
20Thammissalam SchoolGoorba PhungphaPerempuan
21Thammissalam SchoolWalid SabaLaki-Laki
22Bumrungsuk Islamic Boarding SchoolRuttawe LambenmudLaki-Laki
A group of people sitting in chairs in a room

Description automatically generated

Selain memberikan pengetahuan hukum, acara ini juga menampilkan beberapa demonstrasi budaya melalui pemutaran video tari-tarian daerah. Di akhir acara, para peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berdiskusi langsung. Mereka menyampaikan rasa terima kasih atas pengetahuan baru yang mereka dapatkan dan mengungkapkan keinginan untuk belajar lebih banyak tentang budaya Indonesia di masa depan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk turut serta dalam mempromosikan kekayaan budaya dan intelektual Indonesia di kancah internasional. Dengan demikian, Indonesia dapat semakin dikenal dan dihargai oleh masyarakat global.

Penulis

Admin Program Sarjana Hukum Universitas Internasional Batam

Open chat
1
Butuh bantuan?
Humas UIB
Hallo, silahkan tanya sesuatu