Sejarah UIB

 

Universitas Internasional Batam (UIB) berdiri pada tahun 2000 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 160/D/O/2000. UIB adalah Perguruan Tinggi Swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Marga Tionghoa Indonesia (YMTI) sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan bagi masyarakat di Pulau Batam dan sekitarnya.

Cikal bakal kampus Universitas Internasional Batam pada awalnya berdiri di daerah Engku Putri, Batam Center, sebagai tempat aktivitas dan perkuliahan. Pada tahun 2003, Universitas Internasional Batam memiliki kampus sendiri yang berlokasi di Jalan Jl. Gajah Mada, Baloi – Sei Ladi, Batam.

Selama ini strategi pengembangan UIB dibagi dalam beberapa tahap, tahap pertama difokuskan pada pengembangan dan pembangunan sarana prasarana, kemudian strategi pengembangan kedua difokuskan pada peningkatan kapasitas institusi. Pengembangan kapasitas institusi yang dilakukan oleh UIB sejak tahun 2007 yang tertuang pada Rencana Strategis (Renstra) lima tahunan juga dilakukan dalam beberapa tahap. Pengembangan kapasitas institusi 2007-2011 diawali dengan penguatan tata kelola, tahun 2010-2013 UIB memfokuskan pada pengembangan efisiensi dan relevansi, tahun 2012-2016 pengembangan diarahkan pada mewujudkan mutu internasional sesuai yang diamanatkan pada visi dan misi UIB.

Pada tahun 2019 UIB secara institusi (Perguruan Tinggi) telah meraih Akreditasi B, dengan posisi yang termasuk dalam Top 5% universitas terbaik di Indonesia. Selain itu UIB juga mendapatkan peringkat 1 sebagai Perguruan Tinggi Swasta terbaik yang berada dalam lingkup LLDIKTI Wilayah X. Sementara itu untuk peringkat Perguruan Tinggi berbasis Kinerja dan Pengabdian kepada Masyarakat, UIB masuk dalam klaster unggul.

Saat ini UIB memiliki 6 Fakultas dan 12 Program Studi yang terakreditasi melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan 6 Prodi terakreditasi A, 3 Prodi terakreditasi B, dan 3 Prodi baru yang sedang dalam proses akreditasi. Melalui program internasional, UIB juga telah berhasil merambah kerja sama luar negeri dengan 35 universitas terkemuka di ASEAN dan Asia.

Berdasarkan perkembangan tersebut, tergambarkan bahwa dinamika perkembangan internal dan eksternal UIB dalam sepuluh tahun terakhir terus mengalami pertumbuhan secara progresif menjadi salah satu universitas swasta terbaik dalam menjalankan peran Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang memiliki nilai kemanusiaan, akademis, moralitas, dan kemandirian yang dapat bersaing secara global.