UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM ID

[Batam, 13 Mei 2024] – Pada hari Selasa, 05 Maret 2024 pukul 16.00-18.00 WIB, Program Sarjana Hukum Universitas Internasional Batam (UIB) menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pertemuan Alumni Program Sarjana Hukum: Membangun Kurikulum yang Relevan dan Berkelanjutan”. Acara yang diadakan secara offline di Ruang Video Conference UIB ini berhasil menyatukan 15 alumni Program Sarjana Hukum UIB dari berbagai angkatan. Ibu Emiliya Febriyani, S.H., S.H., selaku Sekretaris Program Studi, turut memandu jalannya diskusi.

A group of people sitting at a table

Description automatically generated

Salah satu poin terpenting yang muncul dalam FGD ini adalah arah pembelajaran yang disarankan tidak lagi berfokus pada metode klasikal atau konvensional, melainkan dengan pendekatan Student Centered Learning. Para alumni meyakini bahwa kurikulum yang baru harus meningkatkan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, seperti melalui diskusi, proyek, atau studi kasus, yang dapat meningkatkan pemahaman dan retensi materi.

A group of people sitting at a table

Description automatically generated

Selain itu, keberlanjutan Program Magang MBKM juga menjadi perbincangan hangat. Program ini dinilai sangat bermanfaat bagi mahasiswa, terutama mengingat karakteristik mahasiswa Universitas Internasional Batam yang seringkali harus berkuliah sambil bekerja. Keberadaan program magang ini dinilai relevan dengan konteks mahasiswa dan dinilai perlu dipertahankan.

A group of people sitting at a table

Description automatically generated

Integrasi pembelajaran dengan kegiatan di luar kampus juga menjadi fokus diskusi ini. Alumni sepakat bahwa pengabdian kepada masyarakat dan kegiatan di lapangan dapat menjadi pelengkap penting dalam pembelajaran. Integrasi ini dianggap dapat membekali mahasiswa dengan soft skill yang diperlukan untuk menghadapi tantangan dunia kerja secara langsung.

A group of people posing for a photo

Description automatically generated

Hari Sutra Disemadi, S.H., M.H., sekalu Kepala Prgram Studi mengungkapkan bahwa dengan adanya FGD ini, diharapkan rekomendasi-rekomendasi yang dihasilkan dapat menjadi landasan kuat dalam penyusunan kurikulum yang baru, yang lebih relevan dan adaptif terhadap kebutuhan dan perkembangan mahasiswa serta tuntutan zaman.

Penulis

Admin Program Sarjana Hukum Universitas Internasional Batam

Open chat
1
Butuh bantuan?
Humas UIB
Hallo, silahkan tanya sesuatu