UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM ID

[Batam, 13 Mei 2024] – Program Sarjana Hukum Universitas Internasional Batam (UIB) menggelar sebuah acara yang menginspirasi, yakni “Legal Research Class-Unleash Your Pen’s Power in Academic Writing Class”. Dalam kegiatan yang berlangsung selama 6 kali pertemuan ini, para mahasiswa diajak untuk mengeksplorasi dan meningkatkan keterampilan mereka dalam menulis karya tulis ilmiah.

A group of people in a room

Description automatically generated

Pelaksanaan kegiatan ini memberikan warna baru dalam proses pembelajaran, dengan 5 kali pertemuan dilakukan secara offline di Ruang Video Conference UIB dan 1 kali pertemuan secara daring melalui platform Zoom. Rentang waktu pelaksanaan kegiatan, dari tanggal 01 hingga 28 Maret 2024, memberikan kesempatan yang luas bagi mahasiswa untuk mendalami berbagai aspek penulisan ilmiah.

A group of people in a room

Description automatically generated

Hari Sutra Disemadi, S.H., M.H., selaku Kepala Program Sarjana Hukum, menegaskan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam menuliskan hasil penelitian. Dengan mengasah kemampuan menulis karya tulis ilmiah, diharapkan para mahasiswa dapat lebih percaya diri dan mampu menyampaikan gagasan serta temuan penelitian dengan lebih jelas dan sistematis.

Selama bootcamp ini, para peserta dibimbing oleh para pengajar yang berpengalaman dalam bidang penulisan ilmiah. Mereka diberikan arahan dan tips-tips praktis dalam mengembangkan ide, menyusun argumen yang kuat, serta menulis dengan gaya bahasa yang akademis dan jelas.

Tidak hanya mendapat pengetahuan teoritis, tetapi para peserta juga diajak untuk berlatih secara langsung dalam menulis karya tulis ilmiah. Melalui sesi-sesi diskusi, workshop, dan tugas-tugas praktis, mahasiswa dibimbing untuk mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari dalam tulisan-tulisan mereka sendiri.

Keberhasilan acara ini tidak hanya terlihat dari peningkatan kemampuan menulis para peserta, tetapi juga dari semangat dan antusiasme yang terpancar dari setiap pertemuan. Diskusi yang penuh interaksi dan tukar pikiran antara peserta dan pembimbing menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan mendukung.

A screenshot of a video conference

Description automatically generated

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk membangun jaringan dan kolaborasi antara mahasiswa dan para praktisi di bidang hukum. Melalui pertukaran gagasan dan pengalaman, diharapkan tercipta sinergi yang positif dalam mengembangkan penelitian dan penulisan ilmiah di lingkungan Program Sarjana Hukum, Universitas Internasional Batam.

A group of people in a room

Description automatically generated

Dengan demikian, kegiatan bootcamp penulisan karya tulis ilmiah ini tidak hanya memberikan manfaat bagi para peserta secara individu, tetapi juga berkontribusi dalam meningkatkan reputasi dan kualitas Program Sarjana Hukum, Universitas Internasional Batam secara keseluruhan. Semoga kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang untuk mendukung pengembangan akademik mahasiswa Program Sarjana Hukum, Universitas Internasional Batam.

Penulis

Admin Program Sarjana Hukum Universitas Internasional Batam

Open chat
1
Butuh bantuan?
Humas UIB
Hallo, silahkan tanya sesuatu